4 Cara Membuat Konten TikTok Shop yang Menarik. Seller Masuk!

by Viki
cara membuat konten tiktok shop yang menarik

Seperti yang kita ketahui, TikTok merupakan salah satu media sosial yang populer di Indonesia. TikTok biasa digunakan untuk berkarya hingga berjualan. Bahkan TikTok dinilai menjadi platform yang menguntungkan bagi pebisnis. Dan hal ini bergantung pada konten yang diposting. Itulah mengapa penting untuk memahami cara membuat konten TikTok Shop yang menarik terlebih dahulu. 

Dengan konten yang menarik, Sobat MEA akan lebih mudah mendapatkan like dan followers lebih banyak. Bahkan TikTok pun akan merekomendasikan konten dan toko kepada pasar yang lebih luas. Tentunya ini dapat membuat produkmu lebih cepat laku. 

Table of Contents

4 Cara Membuat Konten TikTok Shop yang Menarik

buku tiktok shop

Banyak jenis konten yang dapat dibuat oleh pengguna TikTok. Hanya saja, kunci konten yang menarik sebenarnya ada pada jenis konten yang disukai oleh semua orang yang termasuk niche akun. Terutama untuk jualan, perlu menjangkau target pasar.

Dan setiap konten yang menarik di TikTok Shop bisa bergantung pada tema konten yang diambil beserta cara pengambilannya. Misalnya, konten tutorial dance tentu berbeda dengan pengambilan konten edukasi kesehatan. Oleh karena itu, ketahui cara membuat konten TikTok Shop yang menarik berikut ini:

1. Buat Konten yang Sedang Tren

Pertama, ambil tema konten yang sedang tren. Konten yang mengikuti tren memiliki peluang yang besar untuk masuk FYP TikTok. Kendati demikian, membuat konten ini tidak boleh asal-asalan. Sobat MEA harus tetap perhatikan penataan lighting dan penyajian yang tepat. Ini penting untuk membuat audiens tertarik untuk menontonnya. 

2. Tampil Beda dari Kreator dan Kompetitor

Mau tahu cara jualan di TikTok Shop yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng sellerTikTok berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penting untuk membuat konten yang berbeda pada promosi bisnismu. TikTok mengalami perkembangan yang begitu cepat. 

Kita tidak bisa terus menerus mengandalkan tren. Sobat MEA perlu memiliki ciri khas. Termasuk jika ingin berbisnis di TikTok, buatlah konten berdasarkan hasil pemikiranmu sendiri. Ini lebih terkesan unik di mata audiens. Singkatnya, audiens lebih menghargai konten organik yang dibuat dengan gaya tersendiri.

Ya, selain produk, konten promosi perlu disajikan dengan cara yang berbeda. Jika produkmu saja sudah sama, maka tidak ada alasan untuk mengikuti ataupun membeli produk yang Sobat MEA jual.

Lain halnya jika menghadirkan konten yang unik, ini dapat menghipnotis mereka untuk tertarik dengan produk yang dipromosikan. Sebagai seorang seller, Sobat MEA juga wajib memiliki sense sebagai seorang content creator yang membuat konten untuk ditonton oleh pengguna TikTok

3. Pilih Tema Konten yang Spesifik

Mau toko kamu dikelola oleh tim TikTok Specialist?
Saatnya konsultasi dan diskusi bareng tim TikTok Specialist MEA sekarang juga!

Konten yang spesifik juga dapat membangun personal branding. Audiens akan lebih mudah mengenalmu karena spesifik konten tersebut. Apalagi jika Sobat MEA memiliki ciri khas yang unik. 

Kendati demikian, Sobat MEA tetap harus mengikuti tren sebagai selingan atau kombinasikan tren tersebut dengan vidiomu yang sekreatif mungkin. Sebagaimana kita dituntut untuk memiliki kreativitas untuk menjadi seller yang eksis di TikTok. 

4. Persiapkan Konten dengan Matang

Pastikan telah mempersiapkan pembuatan video secara matang. Untuk masuk FYP dan banyak like, video TikTok perlu persiapan yang baik. Konten yang dipersiapkan dengan matang akan memiliki nilai lebih karena hasil yang berbeda.

Misalnya, Sobat MEA ingin membuat konten edukasi dengan berbicara langsung, Sobat MEA perlu menyiapkan script yang ingin disampaikan dan menghafalkannya jika perlu. Ini efektif untuk membuatmu tidak perlu berpikir lagi ketika membuat video.

Kemudian ketika hendak mengedit video TikTok tersebut, pastikan Sobat MEA telah menyiapkan bahan-bahan editan terbaik agar hasilnya bagus. Intinya, pastikan Sobat MEA telah menyiapkan semua keperluan video sesuai tema yang akan diambil dan tujuan yang diinginkan.  

Demikian penjelasan mengenai cara membuat konten TikTok Shop yang menarik. Hal ini memang tidak mudah. Tapi Sobat MEA akan terbiasa jika terus belajar dan mempraktekkannya. Meskipun melelahkan, video yang bagus akan menghasilkan timbal balik yang bagus juga untuk bisnismu. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment