SEO TikTok: Ini Pengertian, Manfaat, Hingga Faktor yang Mempengaruhinya

apa itu seo di tiktok

Bagi pebisnis, mengoptimalkan penjualan secara online sangatlah penting. Oleh karenanya perlu sekali untuk mengerahkan seluruh sosial media, salah satunya yaitu TikTok. Tapi tahu belum nih? Agar lebih optimal, perlu SEO. Emang apa itu SEO di TikTok? Tenang, MiMe akan bagikan penjelasan lengkapnya di artikel ini. 

Ya, TikTok kini bisa Sobat MEA optimasi layaknya mesin pencari. Tentunya mengandalkan kata kunci yang tepat, akun dan videomu bisa berada di posisi teratas. Dengan begitu, Sobat MEA akan lebih mudah mendapatkan traffic yang lebih tinggi. 

Ingin Optimasi TikTok Lebih Maksimal?

Yuk, ketahui cara optimasi TikTok dengan SEO yang benar bersama mentor berpengalaman di komunitas kreator TikTok MEA ini!

Selain itu, peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih besar jika Sobat MEA mampu menyusun strategi SEO di TikTok dengan baik. Sebagaimana telah kita ketahui, TikTok sebagai sosial media raksasa, memiliki persaingan yang sangat ketat. Sebagai pebisnis, harus memahami trick yang strategis dalam promosinya. 

Itulah mengapa Sobat MEA perlu memahami apa itu SEO di TikTok. SEO dapat membantumu membuat orang-orang menemukan bisnismu di TikTok saat mereka memasukan kata kunci yang relevan di kolom pencariannya. Lantas apa itu SEO di TikTok? Mari simak selengkapnya agar menyadari pentingnya SEO untuk bisnis. 

Table of Contents

Apa Itu SEO di TikTok?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Singkatnya, SEO TikTok adalah sebuah strategi untuk mengoptimasi pencarian video di aplikasi TikTok. Jika Sobat MEA memasukan keyword tertentu di kolom pencarian TikTok, Sobat MEA akan menemukan beberapa konten yang relevan dengan kueri pencarian tersebut. 

Bukan hanya itu, jika Sobta MEA memasukan topik tertentu dengan menambahkan kata ‘TikTok’ seperti ‘video artis di TikTok’ di kolom pencariannya, maka Sobat MEA juga akan menemukan beberapa video yang relevan dengan kata kunci tersebut.

Strategi SEO ini tentunya menjadi peluang baru bagi content creator untuk memperluas jangkauan audiensnya. Ketika Sobat MEA menggunakan strategi SEO, secara tidak langsung, Sobat MEA dapat menarik audiens dari kalangan Gen Z dan Milenial. Karena rata-rata pengguna TikTok merupakan generasi muda atau yang biasa disebut Gen Z atau Milenial.

Dan tentunya masih banyak lagi manfaat penting dari Search Engine Optimization TikTok yang wajib Sobat MEA ketahui. Dan berikut beberapa alasan mengapa Sobat MEA perlu menerapkan SEO pada video TikTok.

Pentingnya SEO di TikTok

Saatnya Raup Cuan dari TikTok Lebih Mudah
Bareng mentor dan partner profesional dalam program MCN TikTok MEA!

Jika sebelumnya Sobat MEA mengenali TikTok sebagai sosial media hiburan, kini TikTok bisa dikatakan sebagai mesin pencari yang bisa digunakan untuk optimasi konten dan bisnis

Yup, platform besutan ByteDance ini telah meluncurkan fitur mesin pencari, seperti kata kunci yang disarankan di kolom pencarian dan bagian komentar. Sehingga membuat TikTok terlihat berkompetisi dengan Google.

Memiliki potensi dan peluang yang sama, maka tidak heran jika semakin banyak para pebisnis yang beralih ke TikTok sebagai cara alternatif untuk terhubung dengan audiens. Di sinilah fungsi SEO di TikTok, mampu mengenalkan bisnis ke audiens yang lebih luas.

Apalagi adanya pengguna yang semakin banyak di TikTok dan sekitar 40% pengguna Gen-Z lebih menyukai TikTok daripada mesin pencari Google. Belum lagi ada sekitar 79% pengguna, menyatakan bahwa user-generated content membuat mereka lebih tertarik untuk membeli produk.

Maka artinya Sobat MEA perlu memiliki strategi SEO yang baik untuk memperluas jangkauan audiens jika ingin memiliki bisnis yang berpotensi untung besar saat dipromosikan di TikTok.

Tapi tentunya Sobat MEA juga perlu mengetahui faktor-faktor di bawah ini. Karena dapat mempengaruhi kesuksesannya.

Faktor yang Mempengaruhi SEO di TikTok

Setelah memahami pengertian SEO TikTok dan seberapa penting, kini saatnya Sobat MEA mengetahui juga apa saja yang menjadi faktor kesuksesannya. Berikut uraian lengkapnya:

1. Interaksi Pengguna

Hal pertama yang perlu Sobat MEA perhatikan jika ingin strategi SEO berjalan baik, Sobat MEA wajib mempertimbangkan bentuk interaksi antara Sobat MEA dan pengguna. Untuk memancing interaksi, Sobat MEA perlu menyediakan aneka konten yang bersifat engaging dan out of the box

Ciptakan konten yang interaktif untuk memancing pendapat dan komentar dari pengguna. Buatlah konten yang sebagus mungkin agar lebih mudah untuk masuk ke FYP (For You Page) pengguna dan mendapatkan banyak penonton serta interaksi yang tinggi.

FYP TikTok biasanya berisi konten rekomendasi TikTok. Dalam hal ini, tidak jarang kreator di TikTok mencantumkan #fyp untuk meningkatkan visibilitas konten.

2. Informasi Video

Semua informasi yang Sobat MEA masukan dalam video dapat memengaruhi peringkat di TikTok, termasuk teks, hashtag, serta backsound-nya. TikTok sendiri mencari video yang berisi kata kunci yang relevan di judul dan deskripsinya, serta video yang mencakup topik yang sedang tren.

Jika Sobat MEA ingin memiliki video dengan tingkat visibilitas tinggi di TikTok, gunakan keyword yang relevan pada bagian judul dan caption-nya. Hal ini sangat perlu karena pengguna TikTok dapat mencari topik-topik tertentu hanya dengan memasukan kata kunci di kolom pencarian TikTok.

3. Lokasi Kreator

Jika Sobat MEA mengenal local SEO di mesin pencari, maka strategi serupa juga bisa Sobat MEA gunakan di TikTok. Faktanya, TikTok memiliki TikTok Algorithm untuk memberikan konten FYP pada pengguna sesuai dengan negara di mana mereka berasal. 

Mungkin hal ini menjadi lebih relatable bagi Sobat MEA yang pernah bepergian ke luar negeri, dan FYP TikTok secara otomatis berisi konten-konten dari kreator asal negara tersebut.

Dalam hal ini, Sobat MEA dapat melakukan beberapa optimasi local SEO untuk TikTok, dan buatlah TikTok mampu mengenali dari mana Anda berasal. 

Cara Optimasi Video dengan SEO TikTok

Setelah memahami pengertian dan TikTok SEO ranking factors, kini saatnya Sobat MEA mengoptimasi video dengan SEO di TikTok. Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

1. Pahami Audiens dan Search Intent

Ketika ingin membuat konten di TikTok, Sobat MEA perlu memahami target audiens dan bagaimana search intent-nya. Ini penting untuk menguatkan strategi pemasaran di TikTok. Jika Sobat MEA membuat konten tanpa memahami target audiens, strategi pemasaran yang dijalankan bisa menjadi gagal.

Oleh karena itu, penting juga untuk mempelajari search intent. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konteks dari konten yang akan diproduksi untuk menunjang promosi nantinya.

2. Gunakan Keyword yang Relevan Untuk Caption

Tentunya, Sobat MEA perlu menggunakan keyword yang relevan sebagai caption postingan. Ini penting untuk dilakukan mengingat TikTok dapat melakukan search results berdasarkan keyword seperti mesin pencari di browser dimana ketika mengetikkan kata kunci, pengguna bisa langsung menemukan beberapa video yang relevan dengan keyword tersebut.

Sama seperti SEO untuk Google, Sobat MEA juga dapat melakukan riset keyword untuk menemukan beberapa kata kunci yang relevan dengan bisnis. Sehingga ini juga dapat memudahkanmu dalam menjangkau audiens baru yang lebih luas.

3. Memasukkan Keyword ke dalam Video

Selain caption, Sobat MEA juga perlu memasukkan kata kunci ke dalam video untuk mengoptimalkan SEO. Hal ini merupakan bukti bahwa Sobat MEA memang membuat sebuah konten yang relevan dengan keyword tersebut.

Secara teknis, semakin banyak menyebutkan keyword, TikTok dapat mendeteksi bahwa konten yang dibuat memang relevan dengan keyword tersebut. Tapi ingat, pastikan Sobat MEA memasukkan keyword sesuai keperluan konten agar tidak terjadi keyword stuffing.

Dalam hal ini, masukkan long tail keywords pada 3 detik pertama video. Jangan lupa, buat thumbnail dengan target keyword. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk membuat TikTok mengetahui topik video, tapi juga memungkinkan videomu mudah ditemukan oleh pengguna TikTok yang mencari informasi melalui keyword tersebut.

4. Evaluasi Video Sebelumnya

Selain itu, Sobat MEA juga perlu mengevaluasi video sebelumnya untuk memperbaiki strategi penyusunan konten selanjutnya. Pelajari apa yang membuat video sebelumnya memiliki view yang tinggi dari penggunaan kata kunci atau hashtag. Sobat MEA juga perlu mengevaluasi video dengan view rendah untuk mencari tahu mengapa hasilnya kurang memuaskan.

Nantinya, hasil evaluasi ini dapat menyimpulkan hal-hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan strategi SEO untuk bisnis di TikTok.

5. Bagikan Konten yang Berkualitas dan Menarik

Terakhir, tentu saja Sobat MEA perlu membagikan konten yang berkualitas. Tidak perlu kamera canggih atau microphone mahal untuk konten yang menarik, sajikan konten terbaikmu dengan menyampaikan konsep berupa gambar dan audio yang jelas. Dengan begitu, audiens juga akan dapat menerima informasi dari video dengan baik.

Demikian penjelasan lengkap mengenai apa itu SEO di TikTok hingga manfaat dan faktor yang mempengaruhinya. Tapi ingat, kesuksesan promosi bukan hanya pada SEO tapi bagaimana konsistensi yang Sobat MEA lakukan. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.