3 Tools Kata Kunci Youtube Untuk Meningkatkan Views. Ada Versi Gratis Kok!

tools kata kunci youtube

Meraih banyak penonton dan mendapatkan subscribers adalah salah satu hal yang diinginkan oleh banyak YouTuber. Salah satu cara mendapatkan subscriber dan viewers adalah membuat konten berkualitas yang ditunjang kata kunci yang sesuai. Untuk mendapatkan kata kunci terbaik untuk konten, Sobat MEA bisa menggunakan tools kata kunci YouTube yang juga digunakan para YouTuber lain.

Emang apa itu kata kunci YouTube? Bagaimana cara menentukan kata kunci untuk konten kita? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Sobat MEA wajib untuk menyimak artikel ini. Kita akan membahas mengenai cara memilih kata kunci sekaligus memberi rekomendasi tools kata kunci YouTube yang mudah digunakan agar channel YouTube menghasilkan uang.

3 Cara Menentukan Kata Kunci YouTube Untuk Konten

Mau tahu rahasia berkembang di YouTube dengan cepat?

Yuk gabung di Komunitas Content Creator MEA dan diskusi bareng!

Sebelum membahas mengenai tools kata kunci YouTube, Sobat MEA wajib untuk mengerti cara mencari kata kunci secara manual. Pasalnya, ada beberapa cara manual yang bisa Sobat MEA gunakan untuk mencari kata kunci yang populer da dicari banyak orang. Nah berikut ini ada 3 cara menentukan kata kunci YouTube tanpa bantuan tools;

1. Memakai YouTube Autocomplete

tools kata kunci youtube

Sebelum memposisikan diri sebagai uploader atau pengunggah konten, Sobat MEA harus mengalami menjadi pengguna YouTube pada umumnya. Misalnya Sobat MEA membuka YouTube untuk melihat rekomendasi harga handphone terbaru. Ketika mengetikkan kata “rekomendasi hp”, akan muncul rekomendasi kata kunci lainnya. 

Nah kata kunci inilah yang dipakai oleh banyak pengguna YouTube yang bisa Sobat MEA jadikan sebagai salah satu kata kunci untuk konten Sobat MEA. Dari kata kunci tersebut, Sobat MEA jadi memiliki banyak ide konten yang bisa dibuat dan dikembangkan menjadi berbagai jenis konten dengan topik yang lebih spesifik.

2. Melihat Video Kompetitor

tools kata kunci youtube

Sebagai pembuat konten, tentunya Sobat MEA memiliki kompetitor yang mengunggah jenis konten serupa. Jangan hindari konten dari kompetitor, justru Sobat MEA harus melihat konten mereka agar bisa membuat video yang lebih menarik dan berkualitas.

Pelajari apa saja kelebihan dan kekurangan dari konten kompetitor. Dengan begitu, Sobat MEA nggak hanya mendapatkan ide konten, tapi juga bisa membuat konten yang lebih memikat.

Tapi ini bukan berati Sobat MEA bisa mendupikat atau meniru konten kompetitor, ya. Pastikan untuk melakukan ATM atau amati, tiru, dan modifikasi sedemikian rupa agar konten tersebut memiliki ciri khas Sobat MEA sendiri.

Jenis konten yang dilihat pun bukan konten biasa, namun merupakan konten populer mereka yang paling banyak dilihat. Caranya, Sobat MEA bisa mengunjungi channel YouTube kompetitor, kemudian lihat video mereka berdasarkan yang paling populer. Kemudian Sobat MEA juga bisa mempelajari kata kunci yang mereka gunakan pada judul dan deskripsi konten.

3. Melihat Tag yang Digunakan Kompetitor

Cara melihat kata kunci lainnya adalah dengan melihat tag apa saja yang digunakan oleh kompetitor sehingga video mereka bisa dilihat oleh banyak pengguna. Caranya cukup mudah. Sobat MEA cukup melakukan cara kedua, lalu gulir pada bagian deskripsi, klik kanan, dan klik View Page Source.

Selanjutnya, klik CTRL + F pada keyboard, lalu ketikkan “keywords”. Kata kunci yang digunakan pada video YouTube tersebut akan ditampilkan di halaman komputer Sobat MEA. Nah Sobat MEA bisa menggunakan contoh kata kunci yang sama untuk memaksimalkan konten.

3 Rekomendasi Tools Kata Kunci YouTube Terbaik

Kapok ngiklan di FB/IG karena boncos terus?

Serahkan ke tim advertiser kami dengan Jasa Facebook Ads sekarang juga!

Sebenarnya, 3 cara menentukan kata kunci YouTube yang kita bahas sebelumnya sudah cukup efektif. Namun jika Sobat MEA ingin agar video mendapatkan views yang optimal hingga masuk trending, memanfaatkan tools kata kunci YouTube adalah cara yang wajib dikuasai dengan baik. Emang apa aja sih tools kata kunci YouTube yang mudah digunakan dan efektif? Berikut ada 3 rekomendasinya. Yuk simak!

1. KeywordTool.io

Tools kata kunci YouTube yang pertama adalah KeywordTool.io. Tools ini nggak hanya bisa digunakan untuk YouTube, melain platform lainnya seperti Google, Bing, Amazon, dan Instagram. Tools kata kunci YouTube ini menyajikan data lengkap mengenai volume, trend selama 1 tahun, persaingan kata kunci, hingga CPC.

Sobat MEA bisa menggunakan tools ini baik secara gratis maupun berbayar. Akan tetapi jika Sobat MEA menggunakan versi gratisnya, Sobat MEA  nggak bisa melihat volume pencarian, trend kata kunci selama 1 tahun terahir, persaingan kata kunci, dan CPC-nya. Jadi jika Sobat MEA ingin mendapatkan pengalaman pencarian kata kunci yang lengkap dan presisi, Sobat MEA bisa menggunakan versi berbayarnya dengan mengeluarkan biaya mulai dari 980 ribu per bulan.

2. WordTracker

Tools ini hampir sama dengan KeywordTool.io. Bedanya, WordTracker ini merupakan tools kata kunci YouTube yang hanya bisa digunakan untuk 10 kali riset kata kunci secara gratis dalam sekali pakai. Cara menggunakannya cukup mudah. Sobat MEA cukup mengetikkan kata kunci dan memilih negara, kemudian WordTracker akan menampilkan volume, trend, sampai kompetitor.

Nggak perlu khawatir, Sobat MEA bisa menggunakan tools ini secara gratis maupun berbayar dengan biaya yang lebih terjangkau dibanding tools sebelumnya, yaitu sekitar 380 ribu per bulan.

3. vidIQ

Budget iklan makin hemat

Dengan pelajari caranya yang hanya kami bagikan di Kelas FB & IG Ads!

Tools kata kunci YouTube ini merupakan extension yang bisa Sobat MEA unggah pada PC dan bisa digunakan secara langsung. Sehingga Sobat MEA nggak perlu berpindah-pindah aplikasi untuk melakukan riset kata kunci.

Caranya, Sobat MEA bisa memasukkan kata kunci pada kolom yang tersedia. Kemudian vidIQ akan menampilkan performa kata kunci seperti ide trend, video yang sedang populer, kompetitor, dan informasi lainnya.

Sobat MEA juga bisa menggunakan tools kata kunci YouTube ini secara gratis dengan data yang cukup. Namun untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, Sobat MEA bisa memakai versi tools berbayar ini dengan harga yang dibandrol mulai dari 100 ribu per bulan. Sangat terjangkau bukan? Menariknya lagi, setiap harinya Sobat MEA bisa mendapat banyak ide konten yang disediakan vidIQ

Itu dia 3 cara mencari kata kunci manual dan 3 tools kata kunci YouTube yang bisa Sobat MEA gunakan secara gratis dan berbayar. Baca juga artikel kami lainnya seputar tips membuat konten di Youtube agar Sobat MEA gak ketinggalan informasi menarik seperti ini.

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.