4 Penyebab Akun Iklan Facebook Dibatasi. Harap Hati-Hati!

by Viki
akun iklan facebook dibatasi

Sobat MEA tentu sudah tidak asing lagi dengan Facebook Ads, fitur beriklan dari META yang bisa dipasang melalui akun Facebook. Tapi beberapa pengguna justru mengalami akun iklan Facebook dibatasi. Mengapa bisa demikian? Bagaimana cara mengatasinya?

Hal ini tentu saja sangat menyebalkan. Terutama jika Sobat MEA adalah seorang digital marketer atau biro iklan. Sobat MEA tentu sangat membutuhkan akun iklan Facebook tersebut. 

Oleh karena itu, yuk kenali apa saja yang menjadi penyebab akun iklan Facebook dibatasi beserta solusi terbaiknya untuk bisa memasang iklan kembali di Facebook. Simak artikel ini ya!

Table of Contents

Kenapa Akun Iklan Facebook Dibatasi?

Mau iklan toko kamu diurus tim advertiser profesional?
Yuk kerja sama bareng tim advertiser MEA sekarang juga dan tingkatkan omzetmu!

Setiap akun media sosial yang bermasalah, tentu memiliki alasan penyebab mengapa hal tersebut bisa terjadi. Termasuk akun FB Ads. Dan berikut beberapa penyebab akun iklan Facebook dibatasi:

1. Melanggar Kebijakan Konten

Sama seperti media sosial lainnya, Facebook juga memiliki kebijakan dan panduan komunitas. Kebijakan periklanan di Facebook berdasar pada nilai dan prinsip fundamentalnya. Sehingga jika iklanmu berisi konten yang melanggar aturan, akunmu berpotensi terkena pembatasan. Memang apa saja sih konten yang melanggar kebijakan Facebook?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!
  • Mengandung Seksual Eksplisit: Mengandung unsur seks. Meskipun iklan tersebut tidak bertujuan untuk seksual, tapi di dalam iklannya mungkin memiliki kata-kata yang membuat iklan terkesan seksual.
  • Kategori Produk Terlarang: Pengguna dilarang mempromosikan produk-produk terlarang seperti obat-obatan, tembakau, senjata, dan produk uang seperti pinjaman atau lelang. 
  • Konten sensasional:  Menggunakan konten yang membuat orang yang mengekliknya kaget atau terkejut. 
  • Tata bahasa atau tanda baca yang buruk: Di dalam konten iklan, Sobat MEA mungkin menggunakan tata bahasa atau tanda baca yang salah. Sehingga bisa membuat orang berpikir ada yang salah dengan produkmu. 
  • Konten inflamasi: Konten yang menghasut atau mengandung kata-kata kasari seperti ujaran kebencian tentang ras, agama, atau gender tertentu.
  • Praktik bisnis yang merugikan: Lebih tepatnya iklan produk yang menipu seperti barang yang tidak berfungsi atau meminta orang yang terkenal untuk mengaku menggunakan sesuatu padahal tidak. Hal ini bertujuan agar produk terlihat lebih baik dari aslinya.
  • Konten berkualitas rendah: Menggunakan konten iklan yang membuat orang mengeklik untuk melihat keseluruhan gambar tampak vulgar atau mengejutkan. Untuk hal ini, Facebook akan memeriksa arah iklan tersebut dan memastikan keterkaitannya.
  • Atribut pribadi: Mengetahui apa yang harus Anda katakan saat berbicara dengan orang lain membutuhkan waktu dan usaha.
    Jangan membuat tebakan atau asumsi apa pun tentang kondisi medis, tempat tinggal seseorang, atau apakah mereka menyukai seseorang yang berjenis kelamin sama. Jangan berkata, “Apakah kamu masih menderita asma?” atau “Anda pasti dari New York.”
Artikel Terkait  Begini Cara Pakai Tokopedia Seller Untuk Maksimalkan Penjualan di Tokopedia!

2. Terlalu Banyak Iklan yang Dipasang

Akun Facebook juga akan dibatasi jika Sobat MEA terbukti berulang kali melanggar kebijakan Facebook dengan memasang terlalu banyak iklan yang ditolak. Jika demikian, biasanya permasalahan ini akan sulit ditangani. Maka satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengajukan banding dan menunggu keputusan dari Facebook.

3. Alasan Keamanan

Facebook mungkin membatasi akun Facebook karena ada sesuatu yang aneh sedang terjadi. Hal ini dikarenakan mungkin ada yang sedang mencoba meretas akunmu, menghabiskan terlalu banyak uang untuk iklan, atau menggunakan profil palsu untuk beriklan. 

Jika Sobat MEA mengalaminya, silakan gunakan alat Facebook yang tersedia untuk membantu memperbaikinya.

4. Menerima Banyak Tanggapan Negatif

Setiap orang bisa memberikan tanggapan yang bermacam-macam pada iklan Facebook. Sobat MEA bisa melihatnya pada menu listing yang terdapat di pojok kanan atas iklan. 

Jika hanya satu atau dua orang yang memberikan komentar buruk, ini tidak akan menjadi masalah. Tapi jika terlalu banyak tanggapan negatif, Facebook akan menghentikan iklanmu dan Sobat MEA tidak akan dapat menggunakannya lagi. Oleh karena itu, pastikan Sobat MEA berikan pengalaman yang baik pada iklan, untuk mencegah orang-orang berkomentar buruk.

Demikian informasi seputar penyebab akun iklan Facebook dibatasi. Tapi ingat, pembatasan akun iklan FB bisa memakan waktu yang berbeda-beda tergantung jenis pelanggarannya.  Durasi ini bisa beberapa jam, hari, atau minggu. Bahkan ada juga yang statusnya bersifat permanen. Jadi, harap hat-hati, ya!

You may also like

Leave a Comment