
Ada banyak cara yang bisa Sobat MEA lakukan untuk meningkatkan penjualan, salah satunya adalah dengan cara membuat deskripsi produk yang benar. Membuat deskripsi produk ini penting dilakukan dengan teliti agar konsumen bisa semakin mengenal produk Sobat MEA. Selain itu, deskripsi produk yang baik juga bisa meyakinkan konsumen akan kualitas dan manfaat yang akan mereka didapatkan jika menggunakan produk Sobat MEA.
Latas bagaimana sih cara membuat deskripsi produk yang tepat? Nggak perlu khawatir, dalam artikel ini, kita akan membahas 7 cara membuat deskripsi produk yang informatif, jelas, menarik, dan pastinya menjual. Baik daripada berlama-lama lagi, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!
6 Cara Membuat Deskripsi Produk
Mau belajar copywriting buat bisnis kamu?
Sebagai seorang penjual alias seller online, Sobat MEA harus bisa memposisikan diri sebagai konsumen. Hal ini dilakukan agar Sobat MEA bisa memberikan pelayanan terbaik. Misalnya, Sobat MEA bisa membuat deskripsi produk yang jelas dan informatif agar konsumen semakin tertarik. Nah sebelum kita mulai membahas cara membuat deskripsi produk, coba Sobat MEA bandingkan dua deskripsi produk di bawah ini!


Dua gambar di atas merupakan deskripsi suatu produk yang sama, namun beda toko. Dari dua deskripsi tersebut, mana yang membuat Sobat MEA ingin membeli produknya? Yang sebelah kanan, bukan?
Hal ini menunjukkan pentingnya pebisnis online mengetahui dan menerapkan cara membuat deskripsi produk yang baik dan benar. Nah daripada berlama-lama lagi, langsung aja kita masuk pada pembahasan cara membuat deskripsi produk yang bisa meningkatkan penjualan. Check this out!
1. Kenali Target Pasar Terlebih Dahulu
Cara membuat deskripsi produk yang pertama adalah dengan mengenali target pasar Sobat MEA. Penulisan deskripsi produk harus bisa menyesuaikan dengan target pasar itu sendiri. Contohnya cara membuat deskripsi produk yang target pasarnya adalah bapak-bapak dengan hobi memancing, pasti berbeda caranya dengan menulis deskripsi produk untuk produk skincare remaja.

Seperti contohnya akun bapak2ID ini yang bahasanya mengikuti gaya obrolan bapak-bapak komplek yang lagi ngobrolin dan saling rekomendasiin brand kulkas. Desain yang simpel dan tulisan yang jelas dengan font besar, membuat para bapak semakin mudah menyerap informasi yang dibagikan oleh akun ini. Jenis kontennya pun berupa carousel di mana Sobat MEA bisa memasukkan banyak tipe/model produk dalam satu unggahan.

Contoh selanjutnya adalah dari akun eminacosmetics yang target pasarnya merupakan remaja. Desainnya dibuat colorful dengan warna-warna cerah. Captionnya sendiri dibuat panjang dan menjelaskan keunggulan dan kandungan produk karena unggahannya merupakan single image yang membuat Sobat MEA nggak bisa memasukkan terlalu banyak text agar nggak terlihat penuh saat dilihat
Dari dua contoh di atas, Sonat MEA sudah cukup terbayang ya bagaimana cara membuat deskripsi produk berdasarkan target market ini?
2. Jelaskan Manfaat Produk
Pengin jualan di Shopee laris manis kaya jualan kacang goreng?
Salah satu hal yang dicari oleh konsumen saat membeli suatu produk adalah manfaat apa saja yang akan mereka dapatkan. Misalnya Sobat MEA memiliki masalah flek hitam di wajah, tentunya Sobat MEA akan mencari produk perawatan kulit yang bisa mengatasi masalah tersebut, kan? Nah untuk itu Sobat MEA wajib mencantumkan manfaat ini ke dalam deskripsi produk. Jangan sampai Sobat MEA menuliskan hal lain yang nggak informatif ke dalam deskripsi produk karena hanya akan membuat konsumen pindah ke toko lain.
Selain manfaat, Sobat MEA juga bisa mencantumkan fitur dan keunggulan produk. Misalnya saja Sobat MEA menjual meja belajar lipat. Sobat MEA bisa menjelaskan keunggulan produknya pada deskripsi produk seperti barang mudah disimpan, mudah dibongkar-pasang, nggak makan tempat, kuat dan tahan lama, dan beragam keunggulan lainnya.
Hindari pula membandingkan produk Sobat MEA dengan produk kompetitor. Seperti, “Produk kami lebih kuat dibanding produk A”. Hal ini akan menurunkan image brand Sobat MEA dan nggak membuat konsumen tertarik sama sekali. Justru hal ini bisa membuat konsumen malah penasaran dengan produk kompetitor dan membuat mereka membandingkan produk Sobat MEA dengan produk lain.
3. Sisipkan Sentuhan Emosional
Emosi juga berperan penting dalam meningkatkan minat konsumen saat membeli produk. Salah satunya adalah dengan teknik storytelling marketing. Seperti akun Sagata.official_ ini contohnya. Mereka membuat produk tas kulit yang diproduksi oleh pengrajin lokal dengan disabilitas. Ini bukan jual cerita sedih, tapi menunjukkan bagaimana pengrajin tetap bisa menghasilkan produk berkualitas dengan segala keterbatasan yang mereka miliki.

4. Gunakan Bahasa yang Komunikatif
Pemilihan gaya bahasa sudah kita bahas sedikit di atas. Jika Sobat MEA sudah mengetahui target pasar, manfaat produk, dan memasukkan cerita emosional, Sobat MEA harus bisa menuliskannya dengan bahasa yang komunikatif. Karena ketiga hal di atas akan percuma saja jika eksekusi dalam kepenulisannya nggak bisa tersampaikan dengan baik.
Cara membuat deskripsi produk ini membuat Sobat MEA harus bisa menggunakan bahasa yang mudah dicerna. Hindari penggunaan istilah asing yang jarang digunakan dan sulit dimengerti. Tapi jangan juga menggunakan kata-kata yang itu-itu saja. Sobat MEA harus kreatif untuk memilih kata yang variatif.
Sobat MEA juga boleh loh menyisipkan kata-kata yang sedang trend di kalangan anak muda. Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan target pasarnya, ya.
Jangan lupa juga untuk mencantumkan kalimat persuasif atau ajakan ke konsumen untuk melakukan pembelian, seperti, “Nggak percaya? Klik di sini dan buktikan sendiri!”, atau, “Pakai serumnya sekarang juga dan rasakan kulit mulus bebas jerawat!”, atau kalimat ajakan lainnya.
5. Buat Teks Deskripsi Seefektif Mungkin
Makin jago jualan di Shopee
Perlu diingat bahwa nggak semua orang suka membaca tulisan yang panjang. Untuk itu, agar Sobat MEA bisa menarik berbagai tipe konsumen baik yang lebih suka melihat gambar, video, atau tulisan, Sobat MEA harus bisa memahami cara membuat deskripsi produk yang mudah di skimming.
Pertama, pastikan font untuk judul produk lebih besar daripada font untuk deskripsi produk. Sobat MEA juga bisa membuat headline produk yang menjelaskan manfaat, keunggulan, atau fitur produk untuk menarik perhatian konsumen.
Yang kedua, untuk menjaga fokus konsumen dalam membaca deskripsi, pastikan Sobat MEA nggak membuat paragraf yang terlalu panjang. Cantumkan juga white space antar paragraf agar konsumen nggak lelah saat membaca.
Ketiga, pakai penomoran agar deskripsi produk lebih mudah dibaca dan dipahami oleh konsumen. Hal ini juga mempermudah Sobat MEA untuk menyampaikan informasi tanpa harus boros kata.
6. Gunakan Kata Kunci SEO
Pemakaian teknik SEO juga penting loh dalam bisnis online. Penggunaan kata kunci yang tepat bisa membuat produk Sobat MEA lebih mudah ditemukan oleh konsumen. Sobat MEA bisa menggunakan tools SEO gratis seperti Ubersuggest, Google Keyword Planner, Google Search Console, dan lain-lain untuk mempermudah pencarian kata kunci.
Hal ini sangat penting apalagi sekarang SEO menjadi metode yang juga diterapkan di berbagai macam platform. Baik itu Google, Shopee, Instagram bahkan TikTok sekalipun.
Itu dia 6 cara membuat deksripsi produk yang bisa Sobat MEA coba. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang sedang belajar mengembangkan bisnis. Baca juga artikel kami yang lainnya seputar bisnis online di sini!