Apa Target Dari Menggunakan SEO? Ini 5 Tujuan yang Bisa Dicapai!

manfaat landing page

Dalam dunia digital marketing, ada banyak cara yang bisa digunakan oleh pebisnis online untuk mendapatkan pembeli, pelanggan sampai penjualan. Salah satu cara yang populer adalah menggunakan SEO. Meski sudah nggak asing lagi, masih banyak pebisnis online yang bingung apa sebenarnya SEO dan apa target dari menggunakan SEO?

Di dunia digital marketing secara luas, SEO adalah teknik yang sangat populer dan dianggap efektif untuk mengembangkan bisnis. Namun, di Indonesia para pebisnis terutama pebisnis kecil lebih senang menggunakan social media marketing yang fokus pada sosial media atau langsung menggunakan platform marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. 

Pengertian dan 4 Jenis SEO

Mau belajar digital marketing langsung dari praktisinya?

Yuk gabung di grup bisnis online MEA GRATIS!

Karena ada beberapa Sobat MEA yang mungkin belum familiar dengan SEO, kita akan membahas terlebih dahulu apa sih sebenarnya SEO itu? Apa saja jenis-jenis SEO dan apa target dari menggunakan SEO untuk sebuah bisnis kecil, menengah dan besar?

SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO sendiri adalah strategi yang fokus pada peningkatan ranking dalam hasil pencarian organik di mesin pencari. Ada banyak jenis-jenis SEO yang harus difokuskan. Nah berikut ini ada 4 jenis SEO beserta penjelasan lengkapnya. Yuk langsung simak aja di bawah ini!

1. On-page SEO

On Page SEO adalah jenis SEO yang mengacu pada proses optimalisasi konten pada sebuah website. On-page SEO ini termasuk juga salah satu teknik content marketing. Hal-hal yang umumnya dioptimalkan lewat jenis SEO ini antara lain copy, header, keyword atau kata kunci, feature image, meta description, title, dan isi konten itu sendiri.

2. Off-page SEO

Selanjutnya ada Off-page SEO. Berbeda dengan On-page yang berfokus pada hal yang ada dalam website, off-page SEO ini lebih berfokus pada kerja-kerja optimalisasi elemen SEO yang nggak ada dalam website. Umumnya, Off-page SEO ini digunakan untuk menciptakan eksposur dan kredibilitas perusahaan dan website. Cakupan pekerjaan Off-page SEO ini antara lain proses link buliding untuk mendapatkan backlink pada situs.

3. Technical SEO

Selanjutnya ada technical SEO. Jenis SEO ini umumnya sangat digunakan dan difokuskan oleh para pelaku SEO profesional. Technical SEO sendiri mengacu pada proses optimalisasi website untuk membantu mesin pencari merayapi website milik Sobat MEA dan meningkatkan pengalaman pengguna. Karena algoritma mesin pencari selalu berubah, maka techical SEO ini menjadi sesuatu yang sangat penting.

4. Local SEO

Selanjutnya ada Local SEO. Jenis SEO ini juga banyak digunakan oleh para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan atau mengembangkan bisnis. Sama seperti namanya, jenis SEO ini berfokus pada lokasi bisnis yang Sobat MEA miliki. Maksudnya, local SEO ini fokus pada proses peningkatan visibilitas online bisnis Sobat MEA pada pelanggan lokal di sekitar bisnis Sobat MEA.

5 Target Menggunakan SEO Untuk Bisnis Online

Saatnya bisnis dan produk kamu tampil di Google!

Yuk pakai jasa iklan digital marketing dari MEA!

Setelah mengetahui 4 jenis SEO, Sobat MEA juga harus mengetahui apa target dari menggunakan SEO itu sendiri. Nah berikut ini adalah 6 tujuan sekaligus manfaat yang bisa Sobat MEA dapatkan dengan menerapkan strategi SEO. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung simak aja penjelasannya di bawah ini!

1. Meningkatkan Visibilitas Dalam Topik Spesifik

Meningkatkan visibiltias dalam persaingan adalah salah satu apa target dari menggunakan SEO. Dengan menggunakan SEO, sebuah website bisnis bisa muncul dalam hasil pencarian Google untuk topik yang spesifik.

Maksudnya, SEO bisa membuat bisnis Sobat MEA ikut bersaing dalam bidang Sobat MEA sendiri. Bayangkan kalau kompetitor sudah menggunakan SEO dan Sobat MEA masih belum, sudah pasti bisnis Sobat MEA akan tertinggal dan kurang dikenali oleh target market.

2. Menciptakan Pengalaman dan Kepercayaan Calon Pembeli

Dengan adanya visibilitas dalam topik tertentu, secara nggak langsung website Sobat MEA akan mendapatkan reputasi dan kepercayaan dari calon pembeli. Yup, SEO adalah bagian dari strategi manajemen reputasi dengan memanfaatkan konten dan promosi.

Jika Sobat MEA mendapatkan banyak ranking di berbagai kata kunci, sudah pasti Sobat MEA akan mendapatkan kepercayaan. Apalagi jika website Sobat MEA punya konten-konten berkualitas, meyakinkan dan informatif bagi para calon pembeli.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Mau tahu cara hasilkan ratusan juta dengan iklan di Facebook dan Instagram?

Yuk gabung dan belajar bareng di Kelas FB/IG Ads MEA sekarang juga!

Meningkatkan brand awareness adalah apa target dari menggunakan SEO yang selanjutnya. Hampir sama dengan sosial media, SEO cukup kuat untuk membangun brand awareness. Hal ini terbukti dengan dikenalnya produk atau bisnis-bisnis yang ada di puncak pencarian Google. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, Sobat MEA harus memastikan bahwa website selalu berada di halaman tertatas mesin pencari secara konsisten. Dengan ini, para calon pembeli atau orang-orang yang memang tertarik dengan produk atau jasa Sobat MEA semakin sadar dengan brand milik Sobat MEA.

4. Mendapatkan Traffic Atau Leads

Tentu saja basic dari tujuan menggunakan SEO bagi sebuah bisnis adalah mendapatkan traffic atau leads dari mesin mencari. Pasalnya, dengan menggunakan SEO, sebuah website bisa mendapatkan traffic secara langsung dari mesin pencarian. Ada beberapa hal yang bisa Sobat MEA lakukan untuk mendapatkan banyak traffic dan leads.

Misalnya Sobat MEA bisa membuat dan membagikan konten yang berkualitas, mendapatkan link dari website lain atau menggunakan strategi-strategi lain untuk melakukan penarikan data dari konten untuk mencari leads yang bisa Sobat MEA konversikan menjadi penjualan.

5. Mendatangkan Penjualan Organik Lewat Mesin Pencari

cara mempromosikan konten marketing

Salah satu hal yang paling unik dari menggunakan SEO adalah leads yang datang ke website adalah leads yang sudah tertarget dan memang tertarik dengan pembahasan atau hal yang relevan dengan bisnis Sobat MEA. Jadi hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah bagaimana caranya leads tersebut diubah menjadi penjualan.

Tentu saja untuk menghasilkan penjualan Sobat MEA perlu menggunakan beragam strategi. Kendati demikian, penjualan atau konversi menjadi salah satu apa target dari menggunakan SEO sebagai strategi marketing. Belum lagi, Sobat MEA bisa meningkatkan penjualan offline dengan menggunakan Local SEO lewat platform Google Bisnisku alias Google My Business.

6. Membangun Opini Publik

Apa target dari menggunakan SEO yang terakhir? Percaya nggak percaya, membangun opini publik adalah salah satu target dari teknik SEO. Yup, sebuah tulisan atau konten SEO bisa mengubah opini, persepsi sampai mempengaruhi orang lain.

Dengan menempatkan konten website Sobat MEA di halaman pertama, Sobat MEA bisa membangun opini terkait topik tertentu. Tentu saja target ini nggak bisa dicapai dengan mudah dan membutuhkan banyak waktu. Tapi jika itu berhasil, maka bukan hal yang nggak mungkin produk atau brand Sobat MEA bisa menjadi top of mind.

Nah itulah penjelasan mengenai 4 jenis SEO serta apa target dari menggunakan SEO untuk sebuah bisnis. Gimana menurut Sobat MEA? Semoga saja artikel ini bisa membantu meyakinkan Sobat MEA untuk menggunakan teknik SEO untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis ya.

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.