5 Manfaat Google Bisnisku, Bisa Bawa Pelanggan Lokal Sampai Internasional!

manfaat google bisnisku

Selain media sosial, Sobat MEA yang berbisnis online harus memanfaatkan beragam platform digital agar bisnis terus berkembang dan dikenal luas oleh target market. Di luar media sosial, salah satu platform yang terbukti memberi dampak positif adalah Google Bisnisku alias Google My Business. Pasalnya, ada banyak sekali manfaat Google Bisnisku yang bisa didapatkan oleh Sobat MEA.

Beberapa dari Sobat MEA pasti sudah mengetahui apa itu Google Bisnisku. Namun, nggak semua orang mengetahui apa sih sebenarnya platform ini dan apa saja manfaat Google Bisnisku bagi sebuah bisnis online. Nah, sebelum kita membahas lebih lajuh, penting rasanya untuk mengetahui lebih dahulu apa sebenarnya Google Bisnisku atau Google My Business ini. Daripada berlama-lama, yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Google Bisnisku?

Mau konsultasi masalah dan tantangan dalam berbisnis online?

Yuk gabung di Komunitas Bisnis MEA Digital Marketing

Google Bisnisku atau disebut juga Google My Business merupakan platform yang disediakan oleh Google untuk membantu pemilik bisnis kecil, menengah maupun besar. Google menciptakan platform ini agar pebisnis online maupun pengusaha lokal di sebuah kota bisa memperluas pasar, berinteraksi dengan pelanggan, serta membangun awareness dengan lebih baik.

5 Manfaat Google Bisnisku

Mau bisnis kamu punya website untuk jualan?

Pakai aja jasa MEA dan tinggal terima beres!

Ada beragam manfaat Google Bisnisku yang bisa Sobat MEA nikmati. Pasalnya, Google My Business ini memungkinkan Sobat MEA membuat profil bisnis yang lengkap dan terperinci. Mulai dari alamat, nomor telepon, jam operasional, halaman website, review, foto dan video. Selain kelengkapan informasi, berikut ini adalah 5 manfaat Google Bisnisku bagi Sobat MEA. Yuk langsung simak aja di bawah ini!

1. Meningkatkan Visibilitas

WA Blaster terbaik di Indonesia

Sebari 99,9% anti banned!

Salah satu manfaat utama dari Google My Business adalah meningkatkan visibilitas bisnis Sobat MEA di Google. Jika Sobat MEA mendaftar, maka bisnis Sobat MEA akan muncul di pencarian lokal, Google Maps serta Google Bisnisku. 

Visibilitas ini memberi kesempatan besar bagi Sobat MEA untuk menjangkau calon pembeli di kota Sobat MEA yang relevan dan tertarget. Dengan visibilitas di Google juga, Sobat MEA bisa memperluas jangkauan serta menarik banyak orang untuk melihat website sampai media sosial bisnis milik Sobat MEA.

2. Informasi Bisnis Lengkap dan Terperinci

manfaat google bisnisku

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, Google Bisnisku ini memungkinkan Sobat MEA untuk menampilkan informasi bisnis dengan lebih rinci. Sobat MEA bisa menampilkan alamat, jam operasional, nomor telepon, link webiste, media sosial sampai review pelanggan.

Selain itu, Google My Business juga punya fitur posting yang memungkinkan Sobat MEA membuat diskon, pengumuman event serta membuat konten yang menarik dan relevan untuk membangun awareness dan menarik minat pembeli.

3. Interaksi yang Lebih Intens dengan Pembeli

Salah satu fitur kuat yang ada di platform Google Bisnisku adalah ftur review atau ulasan pelanggan. Yup, fituri ni bisa Sobat MEA manfaatkan untuk berinteraksi lebih intens dengan pembeli maupun calon pembeli yang sudah tertarget. 

Singkatnya, calon pembeli bisa sepuasnya bertanya mengenai segala hal dan Sobat MEA bisa menjawab setiap pertanyaan tersebut. Belum lagi, Sobat MEA bisa berinteraksi pada ulasan positif maupun negatif pembeli terhadap bisnis Sobat MEA. Evaluasi jadi lebih mudah~

4. Analisa dan Evaluasi Kinerja Bisnis

Manfaat Google Bisnisku yang terakhir adalah adanya fitur-fitur analisis yang bisa membantu Sobat MEA memahami lebih jauh bagaimana bisnis Sobat MEA bekerja dan menghasilkan. Misalnya Sobat MEA bisa melihat dan menganalisa statistik kunjungan profil, bagaimana bisnis Sobat MEA ditemukan dan jenis interaksi apa yang pembeli lakukan.

Informasi-informasi yang ada pada fitur analisa ini pastinya bisa membantu Sobat MEA mengukur efektivitas strategi marketing. Pasalnya, Sobat MEA bisa melacak perkembangan bisnis dari waktu ke waktu sampai mengidentifikasi tren dan pola perilaku pembeli dan calon pembeli.

5. Beragam Fitur Tambahan yang Bermanfaat

Selain manfaat yang telah kita bahas sebelumnya, Google Bisnisku ini juga menwarkan fitur tambahan seperti pengelolaan pertemuan, posting konten berupa foto dan video sampai fitur pembuatan dan pembagian review dari pembeli.

Nah itulah penjelasan serta 5 manfaat Google Bisnisku untuk bisnis online Sobat MEA. Gimana? Apakah Sobat MEA sudah menggunakan platform ini atau masih belum juga?

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.