7 Langkah Cara Memilih Target Market Online. Pahami Agar Bisnis Maksimal!

by fiqhi
cara kenali target market

Dengan perkembangan teknologi, perlahan tapi pasti, bisnis online mulai menjadi fokus utama bagi sebagian besar para pengusaha di seluruh dunia. Sama seperti bisnis konvensional, dalam membangun toko digital, Sobat MEA pastinya harus mengetahui cara memilih target market online yang baik dan benar. Sebab, mengetahui target market akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan usaha Sobat MEA.

Seperti kita ketahui, hari ini berbisnis online menjadi semakin kompetitif mengingat berkembangnya media sosial dan juga marketplace online. Kendati demikian, masih banyak pebisnis online yang meraba-raba dan nggak mengenali siapa sebenarnya target market mereka. Atas alasan tersebut, Sobat MEA harus menjadi seorang pebisnis yang tahu cara memilih target market online dan mengenalinya agar produk dapat mudah terjual.

Apa itu Target Market?

Mau belajar bisnis online bareng seller-seller lain?

Yuk gabung di Komunitas Bisnis MEA GRATIS!

Target market adalah kelompok konsumen yang memiliki karakteristik, preferensi, dan kebutuhan serupa. Umumnya, target market ini menjadi fokus dalam sebuah promosi bisnis. Tentu saja mengetahui target market yang tepat penting bagi kesuksesan bisnis Sobat MEA. Sebab, hal ini akan membantu Sobat MEA untuk dalam mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan calon pembeli.

Dengan mengenali dan menguasai target market, Sobat MEA akan mudah untuk menentukan promosi yang tepat, memilih platform pemasaran yang sesuai, sampai membangun hubungan dengan konsumen yang potensial.

7 Langkah Cara Memilih Target Market Online Untuk Bisnis

Mau bisnis kamu optimal di setiap channel digital?

Yuk pakai jasa digital marketing MEA yang sudah terbukti membantu pelaku bisnis scale up!

1. Identifikasi Produk Atau Layanan

Sebelum mengenali target market, Sobat MEA harus punya pemahaman yang kuat tentang produk atau layanan yang Sobat MEA jual. Sobat MEA harus memasatikan mengetahui keunggulan produk, manfaat yang ditawarkan dan bagaimana produk atau layanan Sobat MEA bisa memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan target market nantinya.

2. Lakukan Riset Pasar

Setelah mengidentifikasi produk, Sobat MEA bisa langsung melakukan riset pasar demi memahami siapa yang akan menjadi target market bisnis online yang Sobat MEA bangun. Cari tahu siapa saja yang tertarik dengan produk atau layanan Sobat MEA. Cari tahu juga kebutuhan dan masalah yang harus diatasi dengan produk yang Sobat MEA tawarkan.

3. Analisa Demografi

Mau punya tools WhatsApp Blaster Anti-Banned?

Pakai Sebari aja!

Selanjutnya, Sobat MEA harus mulai menganalisa faktor-faktor demografi pada target market yang sudah Sobat MEA analisa. Faktor-faktor demografi ini mencakum usia, jenis kelamin, lokasi geografis, tingkat pendidikan sampai tingkat pendapatan. Analisa ini akan sangat berpengaruh dan membantu Sobat MEA memahami konsumen potensial untuk bisnis yang sedang Sobat MEA jalankan.

4. Analisa Psikografis

Selain faktor-faktor demografi, Sobat MEA juga harus mempertimbangkan faktor-faktor psikologis seperti nilai-nilai, minat, sikap, sampai pola perilaku mereka. Dengan memahami faktor-faktor tersebut, Sobat MEA dapat membuat promosi yang jauh lebih efektif karena dianggap menarik perhatian dan memecahkan masalah mereka.

5. Identifikasi Kompetitor

cara memilih target market online

6. Bangun Buyer Persona

Setelah Sobat MEA mengetahui dan juga mempertimbangkan faktor-faktor demografi dan psikologis serta menganalisis kompetitor, tiba saatnya Sobat MEA membuat buatlah buyer persona yang lengkap, ideal dan menggambarkan target market secara menyeluruh. Buat Sobat MEA yang belum tahu, buyer persona sendiri adalah representasi visual dan naratif dari konsumen potensial yang mendetail.

7. Cari Tahu Dimana Target Market Berada

Terakhir, Sobat MEA harus menemukan dimana target market online Sobat MEA berada. Apakah target market berada di marketplace, mesin pencari atau  justru media sosial. Kalau sudah tahu, Sobat MEA bisa fokus pada tempat-tempat tersebut. Kendati demikian, akan lebih baik Sobat MEA mempromosikan bisnis di setiap channel digital baik itu marketplace, media sosial maupun mesin pencari.

Nah itulah 7 langkah cara memilih dan mengenali target market online untuk bisnis Sobat MEA. Gimana? Nggak susah kan? Semoga saja artikel ini bisa membantu dalam menentukan target market terbaik untuk bisnis online yang sedang Sobat MEA kembangkan. Aminn!

You may also like

1 comment

Cara Jualan Album Kpop yang Patut Kamu Coba. Auto Laku Keras! Maret 20, 2023 - 3:59 pm

[…] dalam membeli aneka produk yang berhubungan dengan boyband atau girlband favoritnya. Ditambah target marketnya adalah anak muda, mereka siap dan berani merogoh kocek untuk mengoleksi album […]

Reply

Leave a Comment