Manfaat Storytelling Buat Produk Kamu. Gini Contoh Cara Menerapkannya!

by Husna Rahman
manfaat storytelling

Sobat MEA pernah nonton iklan yang bikin terharu sampai nggak sadar kalau itu tuh bukan iklan? Kalau pernah, berarti pembuat iklan berhasil memanfaatkan teknik storytelling marketingnya. Yup, hal tersebut merupakan salah satu dari manfaat storytelling dalam dunia marketing.

Secara umum, storytelling berarti bercerita. Storytelling merupakan sebuah teknik umum yang biasa digunakan dalam beragam situasi dan bidang. Storytelling juga nggak terbatas pada tulisan, sebuah video maupun audio juga bisa menerapkan teknik storytelling ini.

Apa itu Storytelling Dalam Dunia Marketing?

Saatnya scale up toko marketplace kamu

Bangun tim jasa marketplace MEA yuk!

Terus apa sih storytelling dalam dunia marketing ini? Secara singkat, storytelling marketing adalah teknik menggunakan cerita untuk menyampaikan pesan dengan tujuan untuk membuat pelanggan merasakan sesuatu sehingga mempengaruhi tindakan.

Misalnya, seseorang bisa membeli produk asuransi setelah melihat iklan mengharukan tentang kehidupan keluarga tanpa asuransi. Jenis storytelling ini ada banyak dan tergantung orang yang menggunakannya.

Dalam penerapannya, ada beberapa hal yang bisa kita temukan dari sebuah storytelling marketing. Beberapa di antaranya adalah;

  1. Brand stories
  2. Product dan service stories
  3. Customer stories

Manfaat Storytelling Dalam Dunia Marketing

Mau toko kamu semakin di kenal di sosial media?

Yuk kerja bareng sama tim sosial media MEA!

Nah setelah tahu apa itu storytelling dalam marketing, Sobat MEA pastinya juga harus mengenal bagaimana manfaat storytelling dalam dunia marketing dan bagaimana sih cara kita menerapkannya pada brand atau produk kita. Nah daripada berlama-lama lagi, simak selengkapnya di bawah ini yuk!

Mengembangkan Hubungan Dengan Pelanggan

Storytelling memungkinkan Sobat MEA untuk mengembangkan koneksi dengan audiens menjadi lebih dalam. Cerita merupakan hal yang familiar bagi banyak orang sehingga bisa mendorong koneksi menjadi lebih kuat. Yup, storytelling itu punya emosi yang kuat dan dapat menyentuh orang dengan cepat.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas dari pelanggan bukanlah sesuatu yang mudah untuk seorang seller atau toko dapatkan. Nah menggunakan storytelling meningkatkan kemungkinan para pelanggan jauh lebih loyal lagi. Tentu ini bergantung sama kualitas produk. Tapi, cerita yang menarik bisa membuat produk terlihat jauh lebih berkualitas dan menarik.

Membantu Brand Lebih Menonjol

Terakhir, storytelling bisa bikin brand terbantu dan lebih menonjol. Terlepas dari faktor lainnya, storytelling jadi ujung tombak yang efektif untuk membantu brand jauh lebih menonjol. Orang akan lebih mengingat sesuatu dari kisah menariknya. Misal seseorang suka samaĀ FacebookĀ karena cerita pembuatan dan sejarahnya.

Elemen Penting Storytelling Marketing

Demi mendapatkan manfaat-manfaat yang sudah kita bahas, Sobat MEA yang pengin menerapkan teknik storytelling ini, maka ada beberapa elemen penting yang memang musti diperhatikan. Berikut ini poin-poin pentingnya;

  1. Personalisasi atau penyesuaian brand dengan audiens
  2. Emosi
  3. Data pendukung
  4. Mengetahui siapa audiens
  5. Menentukan isi pesan yang ingin disampaikan atau dituju
  6. Tentukan media untuk bercerita
  7. Tetap menggunakan CTA yang kuat, diingat dan mampu mempengaruhi audiens

Contoh Storytelling Pada Brand

Yuk belajar ngonten nggak pakai lama

Gabung di Event CreatorClass sekarang juga!

Nggak afdol rasanya kalau bahas storytelling tanpa contoh penerapannya pada brand. Oke, kita ambil contoh brand Apple. Dari awal, Apple nggak promosi produk secara langsung, tapi mereka lebih nonjolin slogan “Think Different”. Caranya adalah nyeritain tentang orang-orang hebat yang merubah dunia dan mengasosiasikannya sama Apple.

manfaat storytelling bagi apple

Karena dari awal udah menonjolkan cerita-cerita tersebut, akhirnya banyak orang yang nganggep kalau Apple itu adalah sesuatu yang revolusioner. Hasilnya, Apple jadi perusahaan yang kuat dan bisa jual produk yang mahal.

Nah dari cerita ini, Sobat MEA kini udah punya bayangan ya gimana besarnya dampak storytelling ini bagiĀ bisnis online. Bikin produk jadi lebih terkenal, bikin produk jadi pengen orang punya dan mau bikin produk nggak tergantikan juga bisa.

Nah itulah penjelasan, manfaat dan contoh penerapan storytelling marketing. Pertanyaannya, apakah sekarang Sobat MEA sudah nguasain teknik storytelling ini apa belum? Kalau belum, kebetulan banget ada program CreatorClass dari MEA yang bakal ngundang praktisi storytelling terkenal di Indonesia. Jangan sampai ketinggalan ya!

You may also like

Leave a Comment