Facebook Ads VS TikTok Ads: Mana yang Lebih Menguntungkan Bisnis?

by Viki
Facebook ads vs tiktok ads

Salah satu keuntungan dari berbisnis online adalah kita bisa mendapatkan jangkauan lebih luas dan traffic penjualan lebih besar melalui ads dengan biaya lebih murah, seperti Facebook Ads dan TikTok Ads. Tapi keduanya memiliki perbedaan. Lantas apa perbedaan Facebook Ads vs TikTok Ads? Mana yang Lebih Efektif? 

Bagi pebisnis yang sudah lama berkecimpung secara online, tentu sudah tidak asing lagi dengan Facebook Ads dan TikTok Ads. Sebuah fitur dalam media sosial untuk mempromosikan produk melalui konten dan mendapatkan audiens atau target market dari membayar iklan yang kita jalankan.

Tapi bagi pebisnis pemula, mungkin masih bingung platform apa yang harus mereka pilih untuk menjalankan iklan secara online. Apalagi baik Facebook Ads maupun TikTok Ads memiliki efektivitas serta karakter pengguna yang berbeda-beda.

Tapi jika kita bisa memahami bagaimana karakter dari pengguna kedua platform media sosial tersebut, maka Sobat MEA akan bisa menggunakan fitur tersebut secara optimal dan sesuai tujuan yang ingin dicapai. 

Nah, daripada kebingungan, yuk simak dulu uraian mengenai Facebook Ads vs TikTok Ads agar Sobat MEA dapat mengetahui media mana yang tepat untuk mempromosikan produkmu.

Table of Contents

Perbedaan Facebook Ads dan TikTok Ads

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Memang, beriklan di media sosial memiliki tujuan yang tidak jauh berbeda yaitu menjangkau pasar lebih luas, mengenalkan brand kepada banyak orang, hingga mendapatkan audiens yang tertarget. 

Tapi seperti yang sudah dijelaskan di atas, Facebook Ads dan TikTok Ads memiliki karakter dan efektivitas yang berbeda. Lalu apa saja yang menjadi perbedaan FB Ads vs TikTok Ads?

Dengan Iklan Facebook, Sobat MEA dapat mengiklankan produk, penawaran, atau promosi kepada calon pelanggan di platform Facebook secara lebih luas, dengan tujuan brand awareness dan sales penjualan.

Sedangkan TikTok Ads adalah platform yang kuat tapi simple bagi bisnis untuk berpromosi ke jutaan orang di seluruh dunia. Iklan TikTok sendiri mencakup penargetan, pembuatan iklan, laporan wawasan, dan alat manajemen iklan. 

Dengan pengguna TikTok yang sudah mencapai 4 juta orang di seluruh dunia, maka Iklan TikTok merupakan peluang yang luar biasa untuk keuntungan suatu bisnis. Jumlah pengguna tersebut lebih besar daripada Twitter, Snapchat, dan media sosial lainnya.

Adapun untuk konten yang tepat digunakan dalam ads, iklan Facebook sebaiknya menggunakan foto atau video timeline dengan metode story telling karena mayoritas penggunanya adalah generasi X (1961–1980). Sedangkan iklan TikTok sebaiknya menggunakan video yang menarik, minimalis, kreatif, dan ‘estetik karena mayoritas penggunanya adalah Gen Z (1995-2010). 

Ya, begitulah perbedaan antara Facebook Ads dan TikTok Ads. Selanjutnya, mari kita ketahui mengenai kelebihan dan kekurangan dari Facebook Ads vs TikTok Ads sebagai bahan pertimbangan sebelum memasang iklan di media sosial. 

Kelebihan Facebook Ads

Ssssttt, ternyata begini cara bikin landing page yang efektif untuk iklan!
Pastinya cukup manfaatkan GoWebin untuk dapatkan fitur lengkap tanpa coding~

Bicara mengenai kelebihan, Facebook Ads tentunya memiliki kelebihan tersendiri. Mengingat platform Facebook merupakan media sosial terbesar di dunia dengan lebih dari dua miliar pengguna. Tentunya beriklan di Facebook dapat mendorong pendapatan dan kesuksesan besar.

Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan Facebook Ads bagi bisnismu:

  • Jangkauan dapat diatur sangat spesifik dengan penargetan terperinci (demografi, minat, dll.) Opsi penargetan ini bisa dimanfaatkan untuk menggunakan satu kampanye iklan di beberapa audiens untuk meningkatkan awareness dan menghemat biaya.
  • Dalam Facebook Ads, Sobat MEA bisa melakukan pengujian terpisah A/B bawaan sehingga Sobat MEA dapat terus menemukan kombinasi materi iklan dan kampanye iklan yang cocok untuk audiens yang diinginkan. 
  • Karena bertujuan untuk brand awareness dan meningkatkan sales penjualan, maka besar kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan lebih cepat.
  • Facebook juga mampu melakukan penargetan ulang yang berguna untuk kampanye iklan yang lain atau jika sebelumnya dirasa kurang berhasil. 
Artikel Terkait  Cara Live Streaming Game di YouTube. Saatnya Gamer Dapat Cuan!

Kelebihan TikTok Ads

Baik Facebook Ads maupun TikTok Ads memang sama-sama mampu menjangkau audiens yang sangat luas. Bedanya, TikTok Ads menjangkau audiens yang telah terbukti sangat reseptif dan responsif. Selain itu, metrik top-of-funnel TikTok juga mengesankan dengan waktu yang disempurnakan untuk menonton video. 

Untuk mengukur keberhasilan konten juga cukup mudah. Terakhir, promosi lebih efisien karena bisa menggunakan kembali materi iklan yang sudah ada alih-alih membuat sesuatu dari awal. Dalam hal ini, berarti budget menjadi lebih hemat. 

Tapi meski memiliki segudang keuntungan, beriklan di media sosial juga tidak sempurna. Begitupun dengan Facebook Ads dan TikTok Ads. Lantas apa saja kekurangannya? Mari kita simak lebih lanjut di bawah ini.

Kekurangan Facebook Ads

Kekurangan terbesar dari Iklan Facebook adalah Sobat MEA harus melakukan banyak pekerjaan manual, mulai dari mengatur iklan, menentukan target pasar, hingga menentukan apa yang ingin mereka lakukan. Jika tidak, Sobat MEA tidak bisa mengetahui berapa banyak orang yang klik iklan atau melakukan tindakan yang sudah ditentukan. 

Hal ini tentu saja akan memakan waktu yang sangat lama. Tapi jika Sobat MEA tidak ingin kerepotan, Sobat MEA bisa menghubungi jasa manajemen iklan untuk membantu keberhasilan kampanye iklan di media sosial.

Kekurangan TikTok Ads

Dikarenakan TikTok Ads masih tergolong baru, belum banyak data yang tersedia dibandingkan dengan platform media sosial populer lainnya seperti Instagram, Twitter, LinkedIn, dll. 

Oleh karena itu, penting untuk mengatur terlebih dahulu iklan dengan data yang tidak selengkap Facebook Ads. Format iklan yang dapat Sobat MEA gunakan juga terbatas.

Facebook Ads Vs TikTok Ads: Berapa Biaya yang Dibutuhkan?

  • Rata-rata laba atas belanja iklan adalah 6-10x.
  • Rasio klik-tayang rata-rata adalah 0,90%.
  • Tingkat konversi rata-rata adalah 9,21% (Luar biasa, bukan?)
  • Rata-rata biaya per tindakan adalah 18,68%.
  • Biaya rata-rata per klik adalah 1,72%.

Dan menurut WebFX , Iklan Facebook memasang rata-rata biaya $0,97 per klik dan $7,19 per 1.000 tayangan. 

Sedangkan biaya rata-rata iklan TikTok adalah $10 per 1.000 penayangan atau $1 per 1.000 tayangan. Sobat MEA juga harus mengeluarkan setidaknya $500 untuk setiap bulannya. 

Sementara Facebook Ads hanya memungut biaya $1/hari untuk kampanye berbasis tayangan atau $5/hari untuk klik, suka, penayangan video, dll. Memang lebih murah, tapi ingat, penargetan audiens sangat memengaruhi hal ini. Dan TikTok Ads lebih mampu menjangkau target yang lebih spesifik. 

Facebook Vs TikTok: Mana yang Lebih Efektif?

Kedua platform tersebut memang menjadi saluran yang bagus untuk mendorong brand awareness dan penjualan. Tapi, mana yang lebih baik untuk bisnis? Meskipun TikTok Ads memiliki biaya DP yang lebih tinggi, sebenarnya lebih terjangkau dalam jangka panjang. Sedangkan Facebook Ads menawarkan lebih banyak fitur dan bisa sekalian beriklan di Instagram.

Tapi selagi masih baru, tidak ada salahnya untuk mencoba beriklan di TikTok. Apalagi semakin banyak orang yang mulai mengenal TikTok. Tapi bisa juga jika ingin coba pasang iklan di Facebook untuk melihat apakah bekerja untuk bisnis. 

Nah kira-kira begitulah penjelasan mengenai Facebook Ads vs TikTok Ads yang bisa Sobat MEA jadikan pertimbangan sebelum mulai beriklan di media sosial. Lalu soal mana yang lebih efektif, silakan sesuakan dengan budget yang ada, kebutuhan, serta tujuan yang Sobat MEA inginkan. Semoga berhasil!

You may also like

Leave a Comment