Berapa Biaya Admin TikTok Shop? Ini Biaya Terbaru dan Cara Hitungnya!

by Husna Rahman
berapa biaya admin tiktok shop

Ada banyak marketplace yang eksis di Indonesia. Karena itu, persaingan penjualan online semakin meningkat. Salah satu marketplace yang sedang naik daun adalah TikTok Shop. Pertanyaannya, berapa biaya admin TikTok Shop? Apakah lebih besar atau lebih kecil dari marketplace lain?

Seperti kita ketahui, berjualan secara online nggak membutuhkan biaya sewa tempat. Sebagai gantinya, berjualan di marketplace online memiliki biaya admin yang harus para penjual tanggung. Sebagai marketplace yang sedang naik daun, TikTok Shop juga punya biaya adminnya sendiri.

Nah buat Sobat MEA yang mungkin belum tahu atau baru mau berjualan di TikTok Shop, yuk pelajari terlebih dahulu biaya admin TikTok. Nggak perlu khawatir, dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya admin agar Sobat MEA dapat keuntungan yang maksimal!

Table of Contents

Berapa Biaya Admin TikTok Shop Terbaru?

buku tiktok shop

Biaya admin adalah biaya yang harus penjual bayarkan pada platform tempat mereka berjualan untuk setiap transaksi sebuah produk. Setiap marketplace punya biaya admin yang berbeda-beda dan selalu berubah-ubah seiring waktu berjalan. 

Setelah TikTok Shop ditutup dan kini kembali dibuka, banyak seller mau pun affiliate yang bertanya mengenai apakah biaya admin TikTok Shop sudah berubah? Atau masih sama dengan perubahan terakhir biaya admin TikTok yang diterapkan pada 1 Juni 2023?

Seperti kita ketahui, skema biaya admin TikTok Shop sudah beberapa kali berubah. Terakhir kali, biaya komisi TikTok Shop berubah dari biaya pembayaran menjadi komisi penjualan. Maksudnya, komisi yang seller berikan pada TikTok Shop adalah komisi 1% ditambah dengan biaya tetap Rp 2.000 untuk setiap pesanan.

Penyesuaian Biaya Admin TikTok Shop Terbaru

Mau dapat komisi TikTok Affiliate yang lebih besar?
Yuk langsung aja gabung dan daftar ke MCN TikTok MEA sekarang juga!

TikTok kini melakukan penyesuaian pada biaya komisi marketplace TikTok Shop. Sebagai bagian komitmen untuk melayani dan memberikan pengalaman baik untuk penjual di TikTok Shop, terjadi perubahan biaya admin TikTok yang sudah diterapkan sejak 1 Juni 2023 khusus di Indonesia.

Jika sebelumnya biaya admin mencakup komisi penjualan 1% dan biaya tetap Rp2.000, kini biaya admin akan dihitung berdasarkan klaster, kategori dan subkategori SKU yang dijual di TikTok Shop. Jadi setiap jenis produk bisa memiliki biaya yang berbeda-beda. Berikut ini adalah persentase biaya admin untuk setiap klaster, kategori  produkdan sub kategori barang yang dikutip dari laman resmi TikTok.

Klaster Fashion

Untuk klaster fashion berikut ini adalah rincian biaya untuk kategori dan sub kategori:

  • Apparels seperti Pakaian Pria dan Wanita & Pakaian Dalam, Olahraga & Outdoor serta pakaian muslim : 4,3%
  • Kategori Non-Apparels seperti Sepatu, Koper & Tas, Aksesoris Fashion: 4,3%
  • Jewelry seperti Aksesoris Perhiasan: 1,9%

Klaster Elektronik

Untuk klaster elektronik, berikut ini adalah rincian biaya admin TikTok Shop untuk kategori dan sub kategorinya:

  • Mobile and Tablet seperti Handphone & Elektronik: 1,9%
  • Electric Appliances seperti Peralatan Rumah Tangga: 1,9%
  • 3C Other seperti Aksesoris Elektronik: 4,3%, Komputer dan Perlatan Kantor: 2,7%, Virtual Products: 1.0%, Buku, Majalan, Musik: 4,3%.

Klaster FMCG dan Lifestyle

berapa biaya admin tiktok shop

Cara Menghitung Biaya Admin TikTok Shop Terbaru

Mau belajar bikin konten TikTok gratis bareng content creator lain?
Yuk gabung Komunitas Creator TikTok GRATIS TANPA BIAYA SAMA SEKALI

Cara menghitung kalkukasi biaya admin TikTok Shop alias potongan TikTok Shop terbaru adalah dihitung dari harga barang dikurangi dengan diskon penjual. Biaya pengiriman dan diskon dari TikTok Shop nggak termasuk dalam biaya komisi. 

Rumus untuk menghitung biaya admin TikTok Shop terbaru yakni:

Biaya Komisi = Tarif Komisi % X (Harga Barang – Diskon Penjual)

Nah untuk % tarif komisi ini bisa kamu lihat tabel yang kita bahas sebelumnya.

Contoh Penerapan Penghitungan Biaya Admin TikTok Shop

Seorang seller menjual sepatu biru dengan harga awal Rp 50.000 lalu penjual memberi diskon sebesar Rp15.000. Harga setelah diskon yakni Rp35.000. 

Sepatu biru ini tergolong pada klaster fashion kategori Non-Apparels dan sub kategori Shoes. Maka biaya komisinya adalah 4.3%

Jika ada pembeli yang membeli sepatu tersebut maka perhitungan biaya adminnya adalah

Rp5.0000-Rp15.000 dikali 4.3% = Rp1.505. Jadi biaya admin untuk 1 produk tersebut adalah Rp1.505.

Cara Mudah untuk Seller Atasi Biaya Admin

Perubahan biaya admin yang cukup signifikan ini tentu saja membuat seller cukup merugi. Pasalnya, keuntungan berjualan akan semakin tipis. Kendati begitu, Sobat MEA harus membuat strategi untuk mengatasi biaya admin ini. 

Beruntung, setelah TikTok Shop tutup dan kini dibuka kembali, nggak ada perubahan biaya admin sama sekali. Jadi biaya admin TikTok Shop terbaru masih sama dengan biaya admin yang terakhir diterapkan sebelum TikTok Shop ditutup.

Nah itulah biaya admin tebaru TikTok Shop setelah TikTok Shop kembali dibuka beserta cara menghitungnya. Gimana nih menurut Sobat MEA? Apakah biaya admin ini memberatkan penjual atau justru mengutungkan? Akhir kata, semoga saja artikel ini bisa membantu dan salam satu juta pembeli!

You may also like

3 comments

Cara Melihat Keranjang di TikTok. Nggak Perlu Bingung Lagi~ November 1, 2022 - 10:01 am

[…] memenuhi umur. Sobat MEA baru bisa berbelanja lewat TikTok Shop setelah berusia 18 […]

Reply
Saldo Negatif di TikTok Shop: Ini Pengertian Hingga Cara Menghindarinya! Maret 31, 2023 - 4:29 pm

[…] Nah, kesalahan-kesalahan ini terjadi juga bisa karena ketidaktelitian seller dalam memperhatikan aturan TikTok Shop baru yang berlaku. Perlu diketahui, TikTok Shop pun mengalami perubahan biaya admin. Jika belum mengetahui biaya terbaru, silakan lihat di sini.  […]

Reply
Mau Kelola Banyak Akun Marketplace? Simak Dulu 3 Tips Ini! Juni 5, 2023 - 10:46 am

[…] berjalannya waktu. Seperti tiba-tiba ada regulasi perubahan diskon dan gratis ongkir sampai perubahan biaya admin yang bisa mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli produk yang Sobat MEA jual, sehingga bisa […]

Reply

Leave a Comment