Mau Kelola Banyak Akun Marketplace? Simak Dulu 3 Hal ini!

kelola banyak akun marketplace

Sebagai serang pebisnis, pastinya Sobat MEA ingin memaksimalkan penjualan dengan berbagai marketplace yang ada, kan. Ada banyak sekali aplikasi marketplace yang tersedia dan bisa Sobat MEA coba manfaatkan sekaligus. Tapi kira-kira bakal ribet nggak ya kalau kita mengelola banyak akun marketplace sekaligus?

Nah buat Sobat MEA yang memang ingin mencoba mengelola banyak akun marketplace, tentunya harus mengetahui lebih dulu apa keuntungan dan kesulitan dari mengelola banyak akun marketplace sekaligus. Tapi nggak perlu khawatir, pastinya ada tips kelola akun marketplace yang bisa Sobat MEA coba. Nah daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Keuntungan Kelola Banyak Akun Marketplace

Makin lancar berbisnis online

Dengan panduan Coach ahli di komunitas!

Mengelola berbagai akun marketplace tentu saja memiliki banyak keuntungan. Salah satu hal yang pasti adalah Sobat MEA bisa meningkatkan penjualan jika Sobat MEA memang bisa kelola banyak akun marketplace dengan baik. 

Nah sebelum bahas tips kelola akun marketplace, yuk ketahui terlebih dahulu apa saja sih keuntungannya yang bisa Sobat MEA dapatkan dari pengelolaan banyak akun marketplace sekaligus. Daripada berbasa-basi lagi, langsung aja simak poin-poinnya di bawah ini!

1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Dengan memasarkan produk ke banyak akun marketplace, Sobat MEA bisa menjangkau lebih banyak pelanggan juga, loh. Hal ini karena nggak semua orang menggunakan aplikasi marketplace yang sama. Sobat MEA bisa meningkatkan potensi mendapatkan pelanggan baru dengan kelola banyak akun marketplace.

2. Meningkatkan Penjualan

perbedaan marketplace dan ecommerce

Kalau pelanggan bertambah, maka penjualan juga secara otomatis akan meningkat. Sobat MEA bisa memaksimalkan penjualan produk dengan menyesuaikan tampilan, cara penggunaan, dan aturan dari berbagai akun marketplace yang ada.

3. Memperkecil Kemungkinan Rugi

Kebijakan marketplace sering berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Seperti tiba-tiba ada regulasi perubahan diskon dan gratis ongkir sampai perubahan biaya admin yang bisa mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli produk yang Sobat MEA jual, sehingga bisa mengancam tingkat penjualan.

Jika Sobat MEA hanya memasarkan produk di satu platform marketplace saja, maka penjualan Sobat MEA bisa terancam rugi dengan adanya regulasi yang berubah secara tiba-tiba. Untuk itu, menjual barang di berbagai marketplace sekaligus bisa mengurangi tingkat kerugian.

4. Membuat Toko Jadi Terpercaya

Ada tipe-tipe konsumen yang suka loncat-loncat dari marketplace satu ke marketplace lainnya untuk membandingkan harga. Nah kalau Sobat MEA kelola banyak akun marketplace, toko Sobat MEA akan menjadi toko yang kredibel dan terpercaya karena muncul di berbagai marketplace sekaligus.

Selain itu, konsumen juga akan lebih memilih toko yang menjual produk yang sama dengan harga yang sama. Jadi mau konsumen mengecek di aplikasi manapun, mereka akan menemukan produk Sobat MEA dengan pilihan varian dan harga yang sama

3 Kesulitan Kelola Banyak Akun Marketplace

Toko online kamu stuck dan nggak berkembang?

Saatnya pakai jasa optimasi marketplace MEA!

Kelola banyak akun marketplace memang punya beragam keuntungan. Tapi di balik itu semua pasti ada beberapa kesulitan yang akan Sobat MEA hadapi saat mengelola banyak akun marketplace. Bukan ingin memberi rasa takut, hal ini perlu Sobat MEA perhatikan sebab hal ini masuk dalam cara manajemen risiko agar bisnis tetap untung dan Sobat MEA bisa tetap berbisnis dengan tenang.

Emang apa saja sih kesulitan dalam mengelola banyak akun marketplace? Oke untuk lebih jelasnya, Sobat MEA bisa simak 3 kesulitan kelola banyak akun marketplace agar Sobat MEA siap menjalankannya banyak akun marketplace sekaligus. Check this out~

1. Beda Marketplace, Beda Aturan

Kesulitan pertama dari kelola banyak akun marketplace adalah menyesuaikan dengan aturan dari setiap platform marketplace. Misalnya di Shopee, Sobat MEA bisa menuliskan deskripsi produk hingga 3000 karakter. Namun di Tokopedia Sobat MEA hanya menulis 2000 karakter saja.

Walhasil, Sobat MEA harus bisa menulis deskripsi produk yang jelas dan informatif di kedua platform tersebut dengan mengikuti aturan yang ada. Hal ini juga berlaku ke penggunaan fitur-fitur yang berbeda di setiap marketplace. Singkatnya, Sobat MEA harus tetap update terkait peraturan baru yang ada.

2. Biaya Meningkat

Kelola banyak akun marketplace juga membutuhkan lebih banyak biaya, loh. Sobat MEA pasti butuh biaya lebih untuk memasang iklan, tambahan sumber daya untuk melakukan pengemasan barang, dan biaya lainnya untuk menjalankan beberapa marketplace sekaligus.

3. Rawan Risiko Baru

Mengelola banyak akun marketplace juga bisa memunculkan masalah baru jika nggak dilakukan dengan merata. Jika penjualan di akun marketplace yang satu nggak berjalan dengan baik, hal ini bisa memunculkan tekanan pada akun marketplace lainnya supaya bisa menghasilkan penjualan lebih banyak agar nggak menimbulkan kerugian.

3 Tips Kelola Banyak Akun Marketplace

Dapatkan ilmu bisnis tanpa batas

Dengan gabung Kelas Tokopedia!

Nah Setelah mengetahui keuntungan dan kesulitan dari kelola banyak akun marketplace, sekarang saatnya kita membahas tips-tips dalam mengelola akun marketplace agar Sobat MEA nggak keteteran. Oke langsung aja kita simak 3 tipsnya di bawah ini!

1. Belajar Fitur-Fitur Marketplace

Menggunakan platform yang berbeda membuat Sobat MEA harus mempelajari setiap aturan dan fitur yang tersedia karena setiap marketplace memiliki cara penggunaannya sendiri. Hal ini tentunya memakan lebih banyak waktu dan tenaga. Nggak perlu khawatir, hari ini ada banyak sekali kursus belajar digital marketing termasuk marketplace yang bisa Sobat MEA ikuti agar lebih cepat belajar karena diajarkan oleh mentor dan orang-orang berpengalaman.

2. Desain dan Deskripsi yang Seragam

Agar produk dan image toko Sobat MEA terlihat kredibel dan terpercaya, Sobat MEA wajib hukumnya untuk menggunakan logo toko yang sama di semua marketplace. Sobat MEA juga bisa menggunakan desain produk dan deskripsi produk yang sama. Tinggal sesuaikan saja dengan aturan dari setiap marketplace yang Sobat MEA gunakan.

3. Pastikan Punya Sumber Daya yang Mencukupi

Sumber daya adalah hal yang penting untuk Sobat MEA pertimbangkan jika ingin mengelola banyak akun marketplace sekaligus. Sumber daya ini bisa punya beragam bentuk. Misalnya sumber daya ini bisa berupa modal uang stok barang sampai sumber daya manusia atau karyawan yang membantu mengelola akun.

Yup, pastikan Sobat MEA memiliki biaya lebih untuk memasang iklan dan promosi di setiap marketplace secara merata agar penjualan nggak hanya berat di salah satu marketplace saja. Pastikan juga stok barang yang tersedia lebih banyak karena Sobat MEA menjual lebih di satu tempat. Jangan sampai beberapa produk kehabisan stok di waktu yang bersamaan karena ini akan sangat mempengaruhi penjualan.

Terakhir, Sobat MEA juga harus mendapat bantuan dari para karyawan, karena semakin banyak akun marketplace yang dikelola, akan semakin banyak juga tingkat penjualannya. Pastinya Sobat MEA butuh bantuan mulai dari proses produksi hingga pengemasan barang, kan?

Nah itu dia penjelasan, keuntungan dan kesulitan sampai tips dalam kelola banyak akun marketplace. Kira-kira Sobat MEA sendiri sudah siap belum nih untuk melakukan scale up dan mengelola banyak akun marketplace sekaligus?

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.