Cara Import Barang dari Alibaba dengan Mudah dan Lebih Cuan. Yuk, Cobain!

by Viki
cara import barang dari alibaba

Alibaba adalah salah satu platform perdagangan elektronik terbesar di dunia yang menyediakan kesempatan bagi para pengusaha untuk mengimpor barang dari pemasok di Tiongkok dan negara-negara lain. Cara import barang dari Alibaba dapat menjadi pilihan yang menguntungkan, terutama jika Sobat MEA ingin menjual produk dengan harga kompetitif. Tapi sebagai pemula, Sobat MEA mungkin merasa bingung tentang bagaimana cara import barang dari Alibaba.

Perlu diketahui bahwa Alibaba merupakan marketplace yang berasal dari China. Maka sebelum bertransaksi, Sobat MEA harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum melakukan import barang. Seperti menentukan sistem perdagangan harga ecer atau grosir, mengurus pemberkasan dokumen seperti asuransi, biaya bea cukai, serta mengetahui sistem pembayaran, dan jenis pengiriman.

Table of Contents

Gabung Komunitas Bisnis Export-Import MEA
Cocok banget untuk pemula yang baru terjun di dunia export-import. Dengan bergabung komunitas bisnis export-import MEA, kamu akan memahami seluk beluk serta bimbingan suksesnya. GRATIS!!!

Selain itu, Sobat MEA juga harus menemukan supplier terpercaya. Hal ini karena cara import barang dari Alibaba bisa dibilang sebagai bisnis dropship atau reseller, di mana Sobat MEA butuh produk yang sudah diap untuk dijual langsung. Dalam hal ini, Sobat MEA perlu menemukan supplier yang memiliki kualitas produk dan pelayanan yang baik agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. 

Jika sudah, barulah Sobat MEA melakukan cara import barang dari Alibaba atau barang dari China yang ada di Alibaba tersebut. Mungkin Sobat MEA masih awam dalam dunia import. Itulah mengapa MiMe bermaksud memberikan informasi mengenai import barang China. Adapun caranya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara Import Barang dari Alibaba

Ya, seiring perkembangan teknologi, Sobat MEA sudah bisa memanfaatkan marketplace atau e-commerce global untuk mengikuti bisnis export-import. Bahkan Sobat MEA bisa membeli barang apa saja yang ingin diimpor dari supplier dan menjual barang sendiri dalam skala internasional secara online.

1. Mendaftar dan Mencari Supplier

Langkah pertama dalam cara membeli barang impor di Alibaba adalah dengan mendaftar sebagai anggota di platform mereka. Sobat MEA bisa mendaftar secara gratis dan membuat akun. Setelah itu, Sobat MEA bisa mulai mencari supplier di Alibaba yang menawarkan produk yang diinginkan. 

Pastikan Sobat MEA menggunakan kata kunci yang relevan, seperti jenis produk yang ingin Sobat MEA import, negara asal supplier, atau jumlah minimum pesanan. Dalam pencarian, pastikan Sobat MEA juga memeriksa reputasi dan ulasan supplier serta membandingkan harga dan kualitas produk mereka.

Strategi Sukses Bikin Customer Pada Yes
Dan pastinya dengan strategi ini bikin bisnis mu laku ribuan orderan di marketplace dengan lebih mudah. Ingin tahu strateginya?

2. Berkomunikasi dengan Supplier

Setelah menemukan supplier yang potensial, langkah selanjutnya dalam cara impor barang dari China adalah berkomunikasi dengan supplier. Sobat MEA dapat menggunakan fitur pesan di Alibaba untuk berkomunikasi dengan supplier untuk menanyakan informasi lebih lanjut tentang produk mereka, harga, minimum pesanan, waktu pengiriman, serta metode pembayaran. 

Pastikan Sobat MEA memiliki komunikasi yang jelas dengan pemasok dan menjelaskan semua detail sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan mereka.

3. Verifikasi Supplier

Lakukan verifikasi dengan supplier sebelum mengambil keputusan untuk bermitra dengan mereka karena merupakan hal yang penting dalam melakukan cara import barang dari Alibaba. Alibaba  sendiri menyediakan fitur “Gold Supplier” yang menunjukkan bahwa supplier telah melewati proses verifikasi dari Alibaba. 

Tapi tidak ada salahnya bagi Sobat MEA untuk melakukan pengecekan tambahan, seperti memeriksa informasi kontak pemasok, mengkonfirmasi alamat fisik, dan mencari ulasan atau testimoni dari pelanggan mereka sebelumnya. Pastikan Sobat MEA bekerja dengan supplier yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi baik.

Artikel Terkait  5 Tips dan Keuntungan Menjadi Reseller Baju Import Tanpa Modal
Jasa Iklan Marketplace Profesional
Untuk boost penjualanmu lebih cuan, hasil lebih joss, dan pastinya anti boncos! Percayakan iklan bisnismu dengan kami tanpa perlu repot-repot lagi~

4. Menyusun Kontrak dan Pembayaran

Setelah Sobat MEA memiliki supplier yang tepat, langkah terakhir dalam cara import barang dari Alibaba adalah menyusun kontrak dengan supplier yang dipilih. Kontrak harus mencakup semua detail yang telah Sobat MEA komunikasikan sebelumnya, termasuk harga, jumlah minimum pesanan, waktu pengiriman, serta syarat, dan ketentuan lainnya.  

Pastikan Sobat MEA memahami dan menyetujui semua isi kontrak sebelum menandatanganinya. Setelah kontrak disusun, supplier biasanya akan meminta pembayaran sebagian atau seluruhnya sebelum mereka memulai produksi atau pengiriman barang. Oleh karena itu, pastikan juga Sobat MEA sudah menyiapkan dananya. 

Cara Beli Barang dari China

cara melacak pesanan di lazada

Produk dari China sering dianggap sebagai produk dengan kualitas rendah dan berharga murah. Namun agar Sobat MEA tetap bisa menemukan produk berkualitas dan memuaskan pelanggan, Sobat MEA bisa mengikuti 4 cara beli barang dari China di atas.

Selalu pastikan ketersediaan barang, kualitas produk, review dari perusahaan lain, serta harga yang sesuai agar Sobat MEA bisa mendapatkan keuntungan ketika ingin menjualnya kembali. Dengan begitu, cara import barang dari Alibaba sudah berhasil dilakukan dan Sobat MEA bisa melanjutkan strategi bisnis untuk memasarkan produk yang diimpor tersebut ke toko sendiri.

You may also like

Leave a Comment