Mengenal Saldo Negatif di TikTok Shop, Penyebab, Hingga Cara Menghindarinya

by Viki
saldo negatif di tiktok shop

Sebagai pebisnis, kita tentunya ingin mendapatkan keuntungan besar di berbagai marketplace termasuk TikTok. Tapi bagaimana jika justru ternyata dapat saldo negatif di TikTok Shop atau penjualan yang minus sehingga saldo pun turut minus?

Tentunya akan membuat pusing tujuh keliling. Sobat MEA pun demikian jika mengalaminya. Lantas kok bisa sih seperti ini? Apa saja hal yang bisa menyebabkan saldo minus di TikTok Shop?

Bisnis Terurus, Gak Bikin Saldo Minus

Ya pelajari dulu strateginya di kelas ini! Dapatkan banyak ilmu full daging 100% dari mentor expert tentang urus bisnis yang gak bikin nangis, pastinya yahuuud~

Tapi mungkin hal ini merupakan hal baru bagi Sobat MEA meski sudah lama aktif di TikTok Shop. Sobat MEA pun mungkin belum pernah mengalaminya sehingga kaget saat tahu istilah ini. 

Maka pertama-tama, Sobat MEA perlu mengetahui arti dari saldo negatif itu sendiri. Lalu telaah apa yang menjadi penyebab kerugian di TikTok Shop. Nah setelah itu, barulah Sobat MEA ikuti cara-cara menghindari saldo negatif di TikTok Shop agar tidak mengalaminya.

Apa Itu Saldo Negatif?

gaji TikTok 1k followers

Singkatnya, saldo negatif adalah jumlah saldo yang lebih rendah seharusnya. Bahkan minus dari yang diharapkan. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh performa penjualan. Yup, pebisnis pasti tidak asing dengan istilah penjualan minus. 

Dan penjualan minus ini ternyata bisa terjadi juga di TikTok Shop. Contohnya, ketika omzet harian yang seharusnya 100rb. Tapi yang masuk malah 90rb atau bahkan minus 90rb. Maka inilah yang disebut saldo negatif.

  1. Harga produk salah atau tidak masuk akal.
  2. Salah input berat dan dimensi produk.
  3. Adanya kesalahan pengaturan promosi di TikTok Shop.

Nah, kesalahan-kesalahan ini terjadi juga bisa karena ketidaktelitian seller dalam memperhatikan aturan TikTok Shop baru yang berlaku. Perlu diketahui, TikTok Shop pun mengalami perubahan biaya admin. Jika belum mengetahui biaya terbaru, silakan lihat di sini

Capek Urus TikTok Shop Karena Minus Melulu?

Konsultasikan pada tim manajemen sosmed MEA! Tim kami akan pastikan toko terurus tanpa bikin saldo tergerus. Pastinya anti minus~

Lalu seiring perubahannya, TikTok Shop juga memberlakukan aturan khusus seller yaitu pihak TikTok akan menonaktifkan produk yang harganya di bawah Rp. 5,000,- apabila saldo penyelesaian di bawah Rp. 1,458,000,- atau setara $100. 

Tapi seller bisa mengaktifkan kembali produk tersebut secara manual. Hanya saja perlu melakukan perubahan strategi harga dan promosi terlebih dahulu.

Hal ini tidak lain dan tidak bukan agar seller dapat menghindari risiko saldo negatif di TikTok Shop. Selain itu, agar dapat menyesuaikan dengan biaya admin terbaru dan tidak boncos.

Sebenarnya kerugian ini bisa Sobat MEA atasi kok. Tentunya setelah mengetahui pengertian dari saldo negatif hingga penyebabnya, saatnya mengetahui cara menghindari saldo negatif di TikTok Shop. Agar Sobat MEA pun dapat mewanti-wanti kerugian dari awal.

Cara Menghindari Saldo Negatif di TikTok Shop

cara mengaktifkan tiktok shop preorder

Perlu dicatat, dalam berbisnis, pastikan Sobat MEA tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan bisnis. Di TikTok Shop pun jika saldo sudah minus, maka saldo tersebut tidak akan dapat Sobat MEA tarik. Tapi akan terus mengendap sampai penjualan membaik.

  1. Periksa penghasilan toko di menu keuangan.
  2. Selesaikan pesanan di toko dan analisa pesanan tersebut jika ada saldo negatif dengan klik menu Lihat Detail.
  3.  Cek informasi produk. Pastikan harga, dimensi, dan berat produk sudah sesuai. Harga produk sewajarnya, dimensi dan berat produk akurat agar terhindar dari ongkos kirim yang tidak wajar.
  4. Pastikan mengisi detail promosi dengan benar. Hal ini karena seluruh biaya promosi, seller yang tanggung, maka pastikan memahami penggunaan tools promosi dengan benar.

Nah, begitulah penjelasan mengenai saldo negatif di TikTok Shop hingga cara menghindarinya. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Sobat MEA bisa kok berkonsultasi dengan Support TikTok atau Pusat Bantuan agar jualan lebih untung tanpa buntung. Semangat!

Mau Gabung Komunitas TikTok MEA?

Dengan gabung komunitas ini, kami pastikan kamu dapat meraup ilmu-ilmu penting untuk berbisnis di TikTok tanpa boncos. Dijamin 100% full ilmu daging!

You may also like

Leave a Comment