Praktis Banget, Gini Cara Jualan di TikTok Shop Pakai Hp! Tahu Caranya?

cara jualan di tiktok shop pakai hp

Sampai saat ini, TikTok memang terkenal sebagai sosial media yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, TikTok juga sedang menjadi wadah alternatif bagi para pebisnis menambah profitnya melalui TikTok Shop dan bisa diakses lewat hp saja. Lantas bagaimana cara jualan di TikTok Shop pakai hp?

Sebagai pebisnis, hal ini merupakan peluang bagus untuk memperoleh keuntungan dengan praktis, Ketimbang harus membuka toko offline atau platform yang terkadang ada biaya admin, TikTok Shop lebih ekonomis dan dinilai mampu menekan budget operasional bisnis. 

Akan tetapi, bagi pemula, mungkin belum memiliki fitur tersebut. Maka sebaiknya aktifkan terlebih dahulu TikTok Shop dan etalase produk yang akan dijual. Lantas bagaimana cara memulainya?

Syarat Jualan di TikTok Shop

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Sebelum memulai berjualan di TikTok Shop, perlu diketahui bahwa ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi untuk menjadi seller di TikTok Shop. Ini penting karena memang sudah diberlakukan oleh pihak TikTok. Dan berikut syarat-syaratnya:

  1. Berusia minimal 18 tahun.
  2. Memiliki identitas KTP atau Paspor.
  3. Akun TikTok telah mengunggah video selama 28 hari terakhir.
  4. Pemilik akun memiliki rekening bank aktif.
  5. Akun TikTok telah memiliki minimal 50 video view dalam 28 hari terakhir.
  6. Menjual produk yang sesuai dengan syarat dan ketentuan TikTok yang berlaku. 

Cara Mengaktifkan TikTok Shop Untuk Pemula

Yuk Jadi Seller yang Lebih Cuan Bareng Partner MCN TikTok MEA!
Tentu saja cuman bisa kamu dapatkan kesempatannya di sini!

Sebelum melanjutkan, perlu diketahui bahwa untuk mengaktifkan TikTok Shop, Sobat MEA harus membuat akun TikTok Shop terlebih dahulu di websitenya, dan sebaiknya akses melalui Laptop/PC agar lebih mudah. Bisa sih pakai hp, tapi kebanyakan menilai tampilannya kurang nyaman.

Maka siapkan Laptop/PC dan lakukan cara mengaktifkan TikTok Shop melalui langkah-langkah si bawah ini. Simak uraian berikut!

1. Membuat akun TikTok Shop

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, silakan daftar sebagai seller dengan membuat akun di TikTok Shop Seller Center. Sobat MEA bisa gunakan akun TikTok yang sudah ada melalui menu Sign Up with TikTok Account atau kalau belum memiliki akun TikTok, bisa daftar TikTok di sini.

2. Melengkapi informasi toko

Setelah berhasil membuat akun, lengkapi informasi toko TikTok-mu, mulai dari alamat, email, dan nomor telepon.

3. Verifikasi dokumen

Pada langkah ini, Sobat MEA diminta mengupload beberapa dokumen, seperti foto KTP. Lalu verifikasi dokumen untuk memastikan keaslian pemilik toko. 

4. Menambahkan produk ke TikTok Shop

Jika sudah, Sobat MEA bisa mulai tambahkan produk dengan klik Add First Produk, lalu pilih Add Product

Jangan lupa lengkapi deskripsi produk, seperti nama produk, kategori dll. Pilihlah foto produk yang ingin Sobat MEA upload maksimal 9 foto yang berukuran 1:1 untuk menambahkan produk di TikTok Shop. 

5. Hubungkan ke rekening

Terakhir, hubungkan akun TikTok Shop dengan rekening bank. Sobat MEA bisa memilih menu Link Bank Account dan ikuti proses selanjutnya.

Nah, proses pendaftaran sebagai TikTok shop seller sudah selesai. TikTok Shopmu sudah aktif dan bisa langsung Sobat MEA gunakan untuk berjualan di TikTok. Bahkan proses penjualannya pun bisa melalui hp saja! Benarkah? Simak penjelasan selanjutnya!

Cara Jualan di TikTok Shop Pakai HP

Berikut ini beberapa cara yang bisa Sobat MEA lakukan melalui aplikasi TikTok untuk cara jualan di TikTok Shop pakai HP sampai laris manis, di antaranya:

1. Buat Konten Semenarik Mungkin

Sebenarnya cara terampuh untuk menarik audiens bahkan pembeli di TikTok itu membuat konten yang menarik. Oleh karena itu, mulailah buat konten dengan mengikuti perkembangan tren atau mencari ide dari konten video dari pengguna TikTok lainnya.

Adapun beberapa contoh video yang bisa Sobat MEA buat antara lain tutorial, review, hingga launching produk.

2. Konsisten Membuat Konten

Konsistensi adalah kunci! Serius ini, jangan sampai lupa untuk membuat konten video secara konsisten. Karena membuat produk berpotensi masuk pada halaman FYP (For You Page).

3. Memahami Cara Kerja TikTok

Satu hal yang perlu Sobat MEA ingat, TikTok memiliki algoritma yang unik dan berbda dari sosial media lainnya. Maka perlu juga memahami cara kerja TikTok agar video produk muncul di beranda mereka. Perhatikan mulai dari durasi, isi konten, pemilihan latar musik, deskripsi, dan lain sebagainya.

4. Sertakan Hashtag

Hashtag juga sangat membantu video muncul dalam rekomendasi pengguna. Selain itu, banyak pengguna yang mencari produk dengan menggunakan hashtag. Oleh karena itu, jangan lupa untuk sertakan hashtag sebelum upload ya, Sobat MEA!

5. Menautkan Produk Pada Konten

Kelebihan TikTok yang tidak dimiliki aplikasi e-commerce lainnya adalah seller bisa menaruh produk jualan pada konten video dengan menautkan keduanya. Hal ini tentu saja sangat membantu dalam mempromosikan produk kepada para audiens.

6. Bekerjasama dengan influencer TikTok

Cara terakhir yang bisa Sobat MEA lakukan adalah bekerja sama dengan influencer TikTok lainnya. Dengan begitu, Sobat MEA juga akan dikenal oleh followers influencer tersebut, Lalu dapat dengan mudah memperluas pasar. Tapi sebelumnya, pelajari terlebih dahulu cara duet yang efektif agar hasil lebih maksimal.

Nah Itu dia cara jualan di TikTok Shop pakai Hp yang ampuh bikin laris manis. Mudah, bukan? Dan tentunya cocok banget untuk pebisnis pemula. Yuk, tunggu apa lagi, mulailah bisnismu di TikTok dengan cara-cara ini. Semangat!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.