Fantastis! Segini Pendapatan Konten Kreator TikTok. Tahu?

by Viki
pendapatan konten kreator tiktok

Seiring perkembangan digital, profesi content creator semakin diincar oleh generasi muda. Pasalnya pekerjaan kreator dapat dilakukan secara fleksibel dan efisien. Terutama TikTok, Sobat MEA berkesempatan meraup penghasilan yang menjanjikan. Memang berapa sih pendapatan konten kreator TikTok?

Sebenarnya potensi penghasilan TikToker bisa bervariasi, tergantung jumlah follower, engagement, traffic, hingga kualitas kontennya. Sehingga setiap kreator memiliki pendapatan yang berbeda. Bahkan ada yang berhasil meraup pendapatan senilai puluhan juta hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya. 

Misalnya, ada TikTok Sisca Kohl yang telah memiliki jumlah pengikut sebanyak 18,7 juta. Menurut data statistik media sosial Exolyt, Sisca Kohl dapat menghasilkan USD5.930 atau Rp88,7 juta per video dari akun TikTok-nya. Sisca Kohl sendiri telah mengunggah sebanyak 554 video, sehingga total penghasilan Sisca Kohl diperkirakan telah mencapai Rp49,1 miliar. 

Kemudian ada juga Ria Ricis yang tidak kalah populer di TikTok. Akun TikTok Ria Ricis telah memiliki 30,2 juta pengikut serta mendapatkan total 950,2 juta likes. Sehingga menurut laman Suara, Ria Ricis bisa mendapatkan penghasilan USD3.343 – USD8.357 per video atau setara dengan Rp52.384.591 – Rp130.953.643,-. 

Sangat fantastis, bukan? Maka tidak heran jika semakin banyak Content Creator yang berbondong-bondong menghadirkan konten terbaik di TikTok dan mengelolanya secara aktif. Mereka tentu ingin mengikuti jejak para content creator yang sudah cuan dari TikTok.

Table of Contents

Berapa Pendapatan Konten Kreator TikTok?

Jadi Kreator TikTok yang Lebih Cuan?
Ternyata mudah jika tahu rahasia suksesnya! Yuk kupas tuntas bareng mentor berpengalaman di komunitas MEA~

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa content creator TikTok bisa mendapatkan pendapatan yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan TikToker bisa menguliti berbagai platform dengan menggunakan banyak konten kepada khalayak, termasuk TikTok. 

Artikel Terkait  6 Aplikasi Penambah Followers TikTok Gratis dan Aman. Coba Deh!

Melansir laman Okezone Economy, gaji konten kreator TikTok dihitung berdasarkan followers. Jumlahnya sendiri dimulai dari 1000 (1k), 10k, 25k, dan 1 juta followers. Rinciannya, gaji TikTok dengan 1000 followers sebesar USD2 atau berkisar Rp28 Ribu per postingan.

Sementara itu, untuk gaji content creator TikTok dengan jumlah 10k followers bisa mencapai USD16 – USD24 atau Rp227 – 340 Ribu per postingan. Dengan jumlah followers tersebut, akun TikTok bahkan bisa mendaftar Creator Fund TikTok untuk dimonetisasi.

Bagaimana? Tertarik untuk menjadi content creator TikTok? Tapi perlu diketahui bahwa Content Creator Tiktok tidak hanya perlu mengupload konten, tapi juga terus berusaha agar akunnya disukai oleh banyak orang dan menghasilkan engagement yang tinggi

Sumber Pendapatan Konten Kreator TikTok

Mau dapat komisi dan pendapatan lebih dari TikTok Affiliate?
Yuk langsung gabung ke MCN TikTok MEA sekarang juga dan rasakan berbagai manfaatnya!

Meskipun terlihat menggiurkan, ternyata TikTokers tidak serta merta mendapatkan gaji. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai sumber penghasilannya. Berikut beberapa hal yang menjadi sumber pendapatan konten kreator TikTok, antara lain:

1. Endorse

Endorse merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh content creator TikTok dimana mereka mempromosikan suatu produk atau jasa milik seller atau perusahaan tertentu. 

2. Hadiah Virtual

TikTok menawarkan hadiah virtual atau gift yang bisa didapatkan oleh seorang Content Creator saat live streaming TikTok. Tapi hadiah virtual atau gift ini tergantung dari jumlah followers, tayangan, hingga jenis kegiatan yang dilakukan oleh kreator. 

Tidak hanya dari live TikTok, content creator juga bisa mendapatkan hadiah virtual dari berbagai konten yang diberikan ikon pemberian gift dalam kolom komentar video. 

3. Affiliate

TikTok juga memiliki program Affiliate yang memungkinkan content creator dapat terhubung dengan Penjual untuk mempromosikan produk yang dijual dan mendapatkan komisi.  

Cara kerjanya, content creator harus mempromosikan produk dengan membagikan link penjualan produk dari seller tersebut. Ketika ada produk yang terjual dari tautan yang dibagikan, content creator akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan dari seller

4. Program Effect Creator Reward

Menariknya, kini ada program terbaru TikTok yang bernama Program Effect Creator Reward yang mengharuskan kreator membuat efek atau filter. Semakin banyak yang menggunakan filter yang dibuat, semakin besar uang yang bisa didapatkan. 

Dalam program ini, TikTok akan membagikan senilai USD 6 Juta (Rp89 Miliar) bagi setiap Content Creator TikTok yang kreatif. Artinya, setiap orang berkesempatan mendapatkan minimal Rp10,4 juta jika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Dan hal ini ada dalam Program Effect Creator Reward atau program terbaru TikTok dengan syarat yaitu efek dan filter hasil kreasi digunakan di 500.000 video TikTok dalam kurun waktu 90 hari. Jika ada tambahan 100.000 video, kreator akan mendapatkan komisi tambahan sebesar US$ 140 atau sekitar Rp 2 juta.

Bagaimana? Angka yang fantastis, bukan? Nah, setelah mengetahui pendapatan konten kreator TikTok, tertarik untuk berkarir di TikTok? 

Tapi ingat, Kesuksesan Content Creator ditentukan oleh pengelolaan akun dan konten yang dibagikan. Maka pastikan telah menghadirkan berbagai konten kreatif yang menarik sebelumnya, dan kelola akun TikTok dengan engagement yang baik agar cuan lebih mudah dari ketertarikan audiens. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment