Siap-Siap Viral, Gini 10 Cara Agar Video TikTok Muncul di Beranda!

by Viki
cara agar video tiktok muncul di beranda

Sebagai kreator profesional, Sobat MEA tentu ingin video TikTok milikmu masuk ke beranda orang lain, bukan? Bukan tanpa alasan, inilah asal mula views bisa bertambah pada videomu dan menjadi indikator kesuksesan sebuah konten. Tapi sayangnya mengingat persaingan yang berat, diperlukan cara agar video TikTok muncul di beranda yang efektif dan menguntungkan. 

Salah satu cara memunculkan video TikTok ke beranda adalah dengan memahami dan menerapkan algoritma TikTok. Sebagaimana TikTok mempelajari aktivitas pengguna dan menjadikannya preferensi yang dimunculkan di beranda orang lain atau yang biasa disebut dengan FYP (For Your Page)

Hanya saja, memahami algoritma TikTok tidaklah sederhana. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Dalam artikel ini, MiMe akan menjelaskan bagaimana cara agar video TikTok muncul di beranda dan meningkatkan views pada video-video di akunmu. 

10 Cara Agar Video TikTok Muncul di Beranda

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Adapun istilah beranda sendiri disebut FYP (For Your Page). Artinya, video FYP adalah hal pertama yang dilihat pengguna saat membuka aplikasi TikTok. 

Tapi bagaimana agar video yang dibuat masuk ke halaman FYP ini? Pasalnya jika video tidak muncul di halaman audiens yang dituju, kemungkinan jumlah viewers akan sangat sedikit. Itulah mengapa halaman beranda begitu penting.

Tapi Sobat MEA tidak perlu khawatir, sebenarnya ada 10 cara agar video TikTok muncul di beranda. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buatlah Konten yang Berkualitas Unggul

Ketika videomu menarik perhatian, mendapatkan lebih banyak like, komentar, dan dibagikan, TikTok akan cenderung menampilkan video kepada lebih banyak orang. Dalam hal ini, Sobat MEA perlu memahami cara membuat video berkualitas HD

2. Ikuti Trend yang Sedang Berlangsung

TikTok seringkali menghadirkan challenge atau trend viral lainnya. Jika Sobat MEA berpartisipasi pada trend TikTok tersebut, video memiliki peluang besar untuk mendapatkan perhatian. Pastikan untuk menggunakan hashtag yang sesuai dengan video dan menampilkan kreativitas dalam video TikTok yang dibuat. 

3. Gunakan Musik Populer

Jasa Kelola TikTok Shop Profesional Untuk Omzet Makin TOP Maksimal!

Gak usah kwalahan lagi gimana bikin konten jualan ramai, tim kelola TikTok Shop MEA siap memaksimalkannya!

TikTok menyediakan fitur lagu atau musik yang bisa ditambahkan ke video. Jika Sobat MEA menggunakan lagu yang sedang populer atau lagu yang sedang tren dari fitur tersebut, kemungkinan besar videmu akan muncul di beranda pengguna. Selain itu, Sobat MEA juga dapat memanfaatkan musik yang trending di TikTok untuk meningkatkan visibilitas video. 

4. Tambahkan Hashtag dengan Bijak

Hashtag juga menjadi cara terbaik untuk membuat video muncul di beranda lebih banyak pengguna. Gunakan hashtag yang relevan dengan kontenmu, tapi jangan berlebihan. TikTok menilai keaslian penggunaan hashtag, 

Jadi pastikan hashtag yang Sobat MEA gunakan relevan dengan video. Selain itu, Sobat MEA juga bisa membuat hashtag khusus untuk videomu sendiri dan mengajak audiens untuk menggunakannya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara riset hashtag TikTok sebelum membuat caption

5. Posting dengan Konsisten

6. Bangun Interaksi dengan Audiens

Bantu Kontenmu Auto Ramai Maksimal

Tentunya hanya dengan Robotok! Robot canggih yang siap boost konten sampai melesat~

Berinteraksi dengan audiens dan followers juga sangat membantu memastikan videomu tetap relevan dan muncul di beranda. Tanggapi komentar, berikan like, dan respon terhadap feedback dari audiens. Semakin banyak interaksi yang terjadi di video, semakin besar kemungkinan video tersebut muncul di beranda.

7. Kolaborasi dengan Audiens Lain

Kolaborasi dengan kreator TikTok lainnya juga efektif untuk meningkatkan visibilitas video di platform ini. 

Ketika Sobat MEA berkolaborasi dengan kreator yang memiliki pengikut yang lebih banyak, videomu akan muncul di beranda pengikut mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens yang lebih besar.

8. Upload Pada Waktu yang Tepat

Waktu upload video juga berpengaruh terhadap video yang muncul di beranda pengguna lain atau tidak. Maka penting untuk menganalisis kapan pengikutmu paling aktif dan upload video pada waktu tersebut. 

Selain itu, perhatikan juga kapan waktu yang paling ramai di TikTok secara umum. Mengunggah video pada saat-saat tersebut dapat meningkatkan peluang video untuk muncul di beranda (FYP).

9. Jaga Durasi Tetap Ideal

10. Analisa Statistik dan Algoritma TikTok

Terakhir, seperti yang MiMe singgung sebelumnya, pelajari bagaimana algoritma TikTok berfungsi. Gunakan fitur analisis statistik akunmu untuk melihat tren yang sedang bekerja.

Semakin Sobat MEA memahami bagaimana TikTok menampilkan konten kepada pengguna, semakin besar potensimu untuk mendapatkan lebih banyak tampilan dan interaksi. Singkatnya, Sobat MEA harus bisa menggunakan fitur analitik TikTok dengan baik.

Ya, begitulah 10 cara agar video TikTok muncul di beranda. Ini memang dapat membantu meningkatkan visibilitas konten dan membangun pengikut yang besar. Tapi perlu diingat, ini adalah proses yang memerlukan waktu dan upaya. Maka butuh kerja keras, konsistensi dan kesabaran yang besar. Semoga saja artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment