4 Tips Menulis Email Marketing untuk Promosi yang Efektif

by Viki
tips menulis email marketing

Di era digital yang pesat ini, kita dituntut untuk mengikuti tren yang sedang berkembang, termasuk strategi terkini bagi pebisnis online. Terlebih persaingan juga semakin ketat, sehingga kita juga dituntut untuk terus update terhadap strategi marketing seperti memahami tips menulis email marketing yang menarik perhatian.  

Bagi yang belum tahu, email marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang sering digunakan oleh pebisnis dengan memanfaatkan email. Teknik email marketing dikenal efektif untuk menjangkau para pelanggan potensial. Hanya saja, masih banyak yang bingung untuk menggunakan email marketing ini.

Padahal salah satu cara mengukur kesuksesan email marketing yaitu bisa dengan melihat jumlah orang yang membuka email (email open rate) dan jumlah orang mengklik link di email tersebut (click through rate). Hal ini dapat memberikan gambaran bagaimana efektivitas email marketing untuk bisnis. 

Tapi tenang saja, MiMe akan membagikan berbagai tips menulis Email Marketing yang efektif untuk bisnismu beserta penjelasan lengkapnya. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Email Marketing?

Mau tahu strategi yang berhasil menggunakan email marketing?
Yuk gabung diskusi bareng seller dan mentor berpengalaman di komunitas bisnis MEA!

Email Marketing adalah salah satu metode pemasaran yang dilakukan dengan mengirim email ke pelanggan. Email marketing ini memiliki manfaat yang bermacam-macam mulai dari memberikan informasi dan edukasi tentang produk, menawarkan produk atau jasa, hingga meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan.

Dengan mengirimkan email yang menarik, konsumen dapat mengenal produk atau bisnis yang ditawarkan. Bahkan jika Sobat MEA juga menggunakan copywriting yang memikat, Sobat MEA dapat membuat mereka membeli produk yang ditawarkan atau bergabung dalam bisnismu. 

Penggunaan email marketing sendiri sudah dilakukan sejak tahun 1978. Bahkan saat itu, strategi email marketing mampu menghasilkan penjualan lebih dari 13 juta dolar. Tidak heran jika email marketing kemudian digunakan sebagai salah satu upaya promosi atau pemasaran yang efektif dan relevan sampai sekarang.

4 Tips Menulis Email Marketing

Mau punya landing page bisnis sendiri?
Yuk pakai saja Gowebin dari MEA sekarang juga. Punya landing page tanpa harus coding sama sekali!

Sebenarnya kunci kesuksesan dari email marketing ada pada copywriting dan visual yang digunakan. Sebelumnya, pastikan Sobat MEA telah menguasai teknik copywriting untuk membuat pesan promosi yang menarik, bahkan Sobat MEA akan memahami bagaimana untuk membuat kalimat ajakan yang persuasif. 

Untuk hal ini, berikut tips menulis email marketing yang bisa Sobat MEA terapkan:

1. Gunakan Bahasa yang Persuasif

Pastikan Sobat MEA menggunakan bahasa yang dapat mengajak konsumen untuk melakukan tindakan tertentu. Tidak harus kata kerja, meskipun hal ini lebih berpengaruh. 

Tapi Sobat MEA bisa menggabungkan dua kata kerja atau lebih seperti Ambil, Unduh, Pesan Sekarang, Minta, Beli, dll. Ini dapat memberitahu konsumen apa yang perlu mereka lakukan.

Pastikan Sobat MEA menggunakan bahasa yang dapat menjelaskan informasi dengan detail. Ketika mereka membukanya, pastikan Sobat MEA memberikan nilai yang selalu diingat. untuk mengundang interaksi serta menyiratkan sesuatu yang perlu ditelusuri. Sehingga email marketing berkonversi lebih tinggi. 

2. Personalisasikan Pesan Jika Perlu

Tentukan segmentasi yang tepat untuk membuat kinerja yang lebih tinggi seperti rasio buka dan rasio klik-tayang. Personalisasi pesan ini lebih efektif dibandingkan email yang tidak dipersonalisasi.

Artikel Terkait  Mengenal Buyer Persona Untuk Promosi: Pengertian, Fungsi, Hingga Cara Membuatnya

Berdasarkan studi oleh Direct Marketing Association , email yang tersegmentasi dan tertarget akan menghasilkan 58% dari seluruh pendapatan untuk marketer yang disurvei, dan 36% pendapatan didapatkan dari email yang dikirim ke pilihan target tertentu.

Personalisasi ini dapat menciptakan rasa relevansi dan koneksi bagi audiens. Tapi pastikan Sobat MEA menggunakan segmentasi ini dan menyampaikan pesan pada waktu yang tepat agar kinerja pemasaran lebih kuat untuk bisnismu. 

Tapi pastikan Sobat MEA sudah merekomendasikan produk yang dipersonalisasi berdasarkan riwayat pembelian. Dengan mengenal audiens, Sobat MEA pun dapat menyesuaikan kampanye email dengan preferensi dan perilaku mereka.

3. Tambahkan Emoji

Sobat MEA juga dapat menambahkan emoji untuk memberikan warna, emosi, dan kepribadian ke dalam pesan. Emoji ini dapat membantumu menyampaikan nada atau sentimen yang tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata.

Misalnya, subjek emoji untuk promosi dari sebuah restaurant seperti “Pemberitahuan Menu Baru! 🍔🍕🍨” atau agen perjalanan yang mengumumkan kesepakatan liburan dengan “Bersiaplah untuk Surga! 🌴✈️”. 

Emoji bisa menjadi simbol yang mudah dipahami oleh orang-orang dari berbagai bahasa dan budaya, sehingga emoji dapat menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan komunikasi.

Menurut penelitian, email dengan emoji di baris subjek mampu mencapai rasio klik-tayang lebih tinggi, yang menunjukkan bahwa email tersebut dapat memancing rasa penasaran. 

Tapi tidak semua baris subjek harus berisi emoji. Pastikan Sobat MEA tetap menggunakannya dengan bijaksana agar tidak mengganggu nilai yang ingin disampaikan pada pesanmu. 

4. Hindari Penggunaan Huruf Kapital Semua

Seringkali, penggunaan huruf kapital bermakna teriakan. Oleh karena itu, Sobat MEA tidak perlu menggunakan huruf kapital ketika membangun hubungan dengan pelanggan.

Misalnya, “BELI SEKARANG DAN HEMAT!” ini kurang enak dilihat dibandingkan “Beli sekarang dan hemat”. Hal ini juga dikarenakan dapat mempengaruhi rasa hormat dan perhatian kepada pembaca.

Artikel Terkait  Berapa Harga Pasang Iklan di Google? Mulai 10 Ribu Per Hari?

Huruf kapital juga dapat terkesan agresif dan dianggap spam, sehingga ini juga dapat menurunkan tingkat baca email. Selain itu, pesan spam dapat ditandai dengan baris subjek, sehingga email dengan huruf kapital tidak akan mencapai kotak masuk penerima.

Demikian beberapa tips menulis email marketing yang bisa diikuti untuk menciptakan promosi yang lebih kuat pada bisnismu. Bagaimana? Mudah, bukan? Pastikan Sobat MEA menerapkan tips n trick ini dengan bijak untuk mencapai hasil yang sesuai tujuan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment