Cara Menggunakan Email Marketing untuk Tingkatkan Penjualan

by Fanny
cara menggunakan email marketing

Pernah nggak mendapatkan email dari suatu aplikasi yang Sobat MEA gunakan atau email dari brand tertentu. Terus pernah nggak Sobat MEA bertanya-tanya mengapa mendapatkan email tersebut? Email tersebut bukan email biasa, namun email marketing yang memang dibuat dan dikirimkan sebagai salah satu cara pemasaran produk.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan cara menggunakan email marketing yang bisa Sobat MEA ikuti untuk menyusun email marketing yang tepat. Yuk simak!

Table of Contents

Apa itu Email Marketing?

Mau tau cara meningkatkan penjualan pada bisnis online?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya. Gratis!

Email marketing adalah salah satu strategi promosi di mana perusahaan mengirimkan email secara langsung kepada pelanggan terkait produk yang dijual.

Pengguna yang dikirimi email ini sendiri biasanya orang-orang yang sudah berlangganan dengan produk Sobat MEA, oleh karena itu penerima email biasanya akan mendapatkan penawaran khusus yang menarik.

Isi dari email marketing ini sendiri beragam. Ada yang menawarkan produk baru, memberikan informasi diskon, pemberitahuan event, dan informasi lainnya yang berhubungan dengan produk yang Sobat MEA tawarkan.

Manfaat Email Marketing

Bisnis online masih gitu-gitu aja?
Pakai jasa MEA aja dan biarkan tim kami bantu mengelola bisnis kamu. Klik di sini sekarang!

Mungkin Sobat MEA bertanya-tanya, perlukah mengirimkan email marketing? Apakah pelanggan akan merasa terganggu jika kita mengirimkan email marketing? Apakah cara ini efektif untuk meningkatkan penjualan? Jadi, email marketing ini perlu dilakukan jika Sobat MEA ingin mendapatkan manfaatnya seperti di bawah ini:

Cara Menggunakan Email Marketing

cara menggunakan email marketing

Agar bisa mendapatkan manfaat di atas, Sobat MEA perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan email marketing yang benar. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Sobat MEA lakukan agar email marketing yang dibuat bisa meningkatkan bisnis:

1. Tentukan Tujuan

Langkah pertama dalam cara menggunakan email marketing adalah dengan menentukan tujuan dari email tersebut dibuat. Apakah Sobat MEA ingin meningkatkan brand awareness, penjualan, atau sebatas pemberitahuan mengenai produk dan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan saja. Jika tujuannya sudah ditetapkan, maka akan lebih mudah bagi Sobat MEA untuk menyusun struktur dan detail pelengkap dalam email marketing yang akan dibuat.

2. Buat Subject yang Menarik

Selanjutnya yang menentukan apakah email marketing yang Sobat MEA buat ini akan dibuka oleh penerima atau tidak adalah dari subjek email-nya. Jadi, subjek email adalah beberapa kata pertama yang akan muncul pada inbox email. Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan karena akan mempengaruhi open rate pada email.

Gunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Hindari pemilihan kata yang terlalu bertele-tele. Sobat MEA bisa langsung pada intinya seperti, “Diskon 50% Khusus Buat Kamu!”, atau “Promo Spesial Menyambut Ramadan”, atau subjek lainnya. Buat subjek yang akan menimbulkan rasa penasaran dan keinginan yang kuat pada penerima untuk membuka email yang Sobat MEA kirimkan.

3. Cantumkan Desain yang Menarik

4. CTA yang Jelas

Ini dia yang tidak kalah penting dalam cara menggunakan email marketing, yaitu memasukkan CTA (Call to Action) yang jelas pada email yang dibuat. CTA ini adalah tombol berupa ajakan yang membuat penerima melakukan apa yang Sobat MEA minta. 

Seperti misalnya saja Sobat MEA menambahkan CTA yang ketika di klik akan membawa audiens ke halaman website bisnis. Maka Sobat MEA bisa memberikan CTA seperti, “Klik di sini sekarang!”, atau “Dapatkan promonya di sini!”, atau kata-kata lainnya yang membuat audiens tertarik untuk mengklik tombol.

5. Lakukan Testing

Cara menggunakan email marketing yang terakhir adalah dengan melakukan testing email itu sendiri. Coba atur penerimanya adalah Sobat MEA sendiri, lalu lihat bagaimana tampilan email marketing yang dibuat ketika dibuka oleh Sobat MEA. Dengan begitu, Sobat MEA jadi mengetahui letak kesalahan email marketing yang dibuat dan bisa melakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum email tersebut dikirimkan secara massal ke pelanggan.

Itu dia pembahasan mengenai pengertian, manfaat, dan cara menggunakan email marketing yang bisa kami bagikan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment