7 Tips Membuat Konten Promosi di TikTok. Yuk Pahami Dulu!

by Nabila Rubianty
tips membuat konten promosi di tiktok

Dalam hal bisnis, terjadi perkembangan yang sangat luar biasa pesat setelah terjadinya digitalisasi. Tentu perkembangan ini wajib untuk kita manfaatkan. Selain itu, kita juga wajib untuk mengembangkan bisnis dengan menerapkan strategi bisnis yang tepat dan relevan dengan digitalisasi hari ini.

Dewasa ini, promosi melalui media sosial menjadi salah satu strategi yang kerap digunakan pebisnis. Salah satu tempat promosi adalah TikTok. Nah sebelum melakukan promosi melalui konten TikTok, Sobat MEA tentu wajib untuk mengetahui trend, pola audiens dan bagaimana algoritma TikTok bekerja.

Pada kesempatan hari ini, kita akan membahas mengenai kelebihan TikTok sebagai media promosi. Selain itu, kita juga akan membahas beragam tips membuat konten promosi di TikTok yang dapat menghasilkan pejualan atau konversi. Dari pada berbasa-basi lagi, yuk langsung simak aja penjelasannya di bawah ini!

Table of Contents

5 Kelebihan TikTok Sebagai Media Promosi

Mau tahu cara cuan baru di TikTok Shop?
Yuk langsung aja gabung di Komunitas Bisnis TikTok Shop MEA. GRATIS!

Sejak awal perilisannya, TikTok berkembang dengan sangat pesat. Hari ini, TikTok bahkan masuk sebagai jajaran media sosial dengan jumlah pengguna tertinggi di dunia. Dapat dikatakan TikTok kini sudah bisa bersaing dengan platform besar lain seperti Instagram dan juga Facebook. 

Selain digunakan untuk berbagi hiburan bagi penggunanya, TikTok juga memiliki berbagai fitur yang mendukung para pebisnis untuk melakukan promosi bisnisnya. Apalagi, kini TikTok Shop kembali dibuka. Tentu ada berbagai kelebihan TikTok sebagai media promosi di bandingkan dengan media sosial lainnya. Apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Memiliki Banyak Pengguna

Seperti kita bahas sebelumnya, TikTok merupakan media sosial yang memiliki banyak pengguna. Menurut laman Skill Academy, TikTok memiliki 800 juta pengguna aktif dengan rata-rata pengguna membuat aplikasi ini sebanyak 8 kali dalam satu hari. Dengan data dan fakta ini, tentu saja melakukan promosi di TikTok akan sangat menguntungkan. Dengan melakukan promosi di TikTok, Sobat MEA bisa memperkenalkan brand maupun meningkatkan konversi.

Artikel Terkait  Mudah Kok, Ini Cara Membuat Video Jedag Jedug di Capcut yang Cuan Banget!

2. Fitur TikTok Mudah Digunakan

Ada beberapa media sosial yang cukup sulit digunakan oleh orang awam. Namun, hal ini nggak berlaku pada TikTok. Sebagai sebuah media sosial berbasis community sharing menggunakan video pendek, TikTok adalah aplikasi yang terbilang mudah untuk digunakan. TikTok sendiri menyediakan berbagai tools dan fitur untuk memudahkan penggunanya. 

Mulai dari start dan stop record, sampai timer. Nggak hanya itu, TikTok juga punya berbagai filter mulai dari efek waktu, green screen, transisi, stiker, teks emoji, GIF dan masih banyak yang lainnya. Sobat MEA juga bebas menambahkan background music atau voice over untuk video Sobat MEA. Selain itu, Sobat MEA juga bisa melakukan live streaming untuk promosi mau pun berjualan di platform TikTok

3. Populer di Semua Kalangan

Banyak orang yang menyebut bahwa TikTok adalah media sosial yang populer di kalangan anak muda. Hal ini memang benar adanya. Namun, TikTok sebenarnya adalah media sosial yang populer untuk semua kalangan. 

Mulai dari anak-anak, remaja sampai dengan orang tua, semuanya menggunakan TikTok sebagai sarana hiburannya. Karena pengguna TikTok yang majemuk ini, maka promosi melalui TikTok dapat menjangkau banyak kalangan sekaligus. Hal ini tentu sangat efektif.

4. Algoritma Organik TikTok

Salah satu kekuatan dari media sosial TikTok adalah algoritma organiknya yang sangat tinggi. Di bandingkan dengan kompetitornya, TikTok sangat mengedepankan algoritma organik. Nggak mengherankan kalau hampir semua orang dapat viral di TikTok jika memang algortimanya mendukung. 

Karena itu, jika Sobat MEA berbisnis maka jangan hanya mengandalkan iklan saja. Bangun juga dari sisi organik agar bisnis nggak selalu ketergantungan dengan penggunaan iklan.

5. Tersedianya Fitur Iklan

7 Tips Membuat Konten Promosi di TikTok

Suka bikin konten promosi di TikTok? Pengen dapet komisi Affiliate up to 30%?
Yuk langsung gabung di MCN TikTok MEA sekarang juga. GRATIS!

Setelah mengetahui berbagai kelebihannya, saatnya kita masuk pada tips membuat konten promosi di TikTok. Dengan menerapkan tips di bawah ini, diharapkan Sobat MEA bisa maksimal dalam membuat konten promosi di TikTok. Baik, dari pada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak tips membuat konten promosi di TikTok di bawah ini!

1. Buat Akun Bisnis di TikTok

Buat Sobat MEA yang belum tahu, TikTok sendiri memiliki dua jenis akun. Pertama ada akun biasa dan kedua adalah akun bisnis. Nah untuk melakukan pormosi secara maksimal, Sobat MEA harus membuat akun bisnis terlebih dahulu. 

Pasalnya, sebuah akun bisnis TikTok punya fitur lebih banyak. Contohnya, Sobat MEA bisa memasukan halaman website maupun landing page di profil. Cara mengubah akun biasa ke akun bisnis juga mudah. Berikut ini adalah tutorial mengubahnya:

  • Pertama buka aplikasi TikTok dan login menggunakan akun kamu.
  • Setelah masuk ke aplikasi TikTok, klik menu Profil yang ada di bagian kanan bawah.
  • Klik tombol Menu yang ada di bagian atas
  • Berikutnya pilih Pengaturan dan Privasi.
  • Lalu klik Kelola Akun
  • Terakhir, klik tombol Beralin ke Akun Bisnis dan ikuti petunjuk yang disediakan.,

2. Pelajari Mengenai TikTok dan Algoritma TikTok

Setelah membuat akun bisnis TikTok, hal yang perlu Sobat MEA lakukan adalah mempelajari algoritma TikTok. Seperti sudah kita bahas di atas, algoritma TikTok sendiri merupakan hal yang paling penting dalam melakukan promosi di platfrom ini. Menariknya lagi, algoritma TikTok sendiri selalu berubah-ubah dan nggak pasti sama.

Bagaimana cara mempelajari algoritma TikTok? Tentu saja dengan menggunakan analitik TikTok dan juga melihat tren yang ada. Jika sudah dilakukan jawaban atas algoritma TikTok yang terbaik untuk akun bisnis Sobat MEA pasti akan ditemukan.

3. Buat Konten dengan Durasi Singkat

program jadi jawara

4. Ikuti Konten Yang Sedang Tren

Terdapat beberapa format konten yang bisa Sobat MEA ikuti, seperti konten DIY, Vlog keseharian atau pun behind the scene. Konten seperti ini berpotensi mengundang minat audiens untuk menonton video TikTok yang kamu buat.

5. Gunakan Filter, Effect dan Sound Viral

Meskipun followers TikTok kamu masih sedikit, Sobat MEA bisa dikenal dengan cara menumpang malalui algoritma dari filter, effect, ataupun sound yang sedang trending. Strategi ini cukup efektif untuk menambah followers, menambah jumlah tayangan dan menaikan engagement rate akun TikTok yang kita kelola.

6. Kerja Sama dengan Influencer

Sisihkan biaya untuk kolaborasi atau bekerja sama dengan influencer atau content creator TikTok. Perlu dicatat, Sobat MEA jangan sembarangan memilih content creator yang akan diajak bekerja sama. Sebelumnya, peajari dulu audiens dan jenis-jenis konten TikTok sang creator terlebih dahulu. Pastikan produk atau jasa Sobat MEA memang sesuai dengan audiens influencer yang Sobat MEA pilih.

7. Daftar TikTok Ads

Tips yang terakhir adalah mendaftar TikTok Ads. Jika memang Sobat MEA menginginkan jangkauan yang lebih luas, Sobat MEA bisa menggunakan TikTok Ads. 

Dengan menggunakan fitur satu ini, promosi produk atau jasa Sobat MEA bisa lebih maksimal. Apa lagi tujuan menggunakan TikTok Ads juga bisa kita atur. Apakah Sobat MEA ingin meningkatkan brand awareness atau Sobat MEA ingin meningkatkan penjualan.

Nah itulah beberapa kelebihan melakukan promosi bisnis di TikTok dan juga 7 tips membuat konten promosi di TikTok. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang tertarik ingin berjualan menggunakan TikTok Shop. Akhir kata, salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment