4 Cara Melihat Video YouTube yang Sudah Dihapus. Aman Kok!

cara melihat video youtube yang sudah dihapus

YouTube adalah platform berbagi video terbesar di dunia, tetapi kadang-kadang pengguna mengalami kejadian di mana video yang ingin mereka tonton telah dihapus oleh pemiliknya atau dihapus oleh YouTube. Lalu bertanya-tanya mengenai bagaimana cara melihat video YouTube yang sudah dihapus? 

Hal ini tentu menjadi sebuah hal yang menyebalkan. Apalagi ketika Sobat MEA sedang ingin menontonnya. Tapi tenang saja, dalam artikel ini, MiMe akan membagikan panduan mengenai cara melihat video YouTube yang sudah dihapus. Simak sampai habis!

Table of Contents

Cara Melihat Video YouTube yang Sudah Dihapus

Ingin Jadi YouTuber yang Keren dan Viral?
Yuk, intip dan bongkar rahasia sukses para YouTuber sultan dengan gabung komunitas YouTuber MEA! Dapatkan bimbingan secara full dari 0. GRATIS!!!

Perlu diingat, setiap video YouTube biasanya dilindungi oleh hak cipta. Maka Sobat MEA perlu memperhatikan regulasi daripada asal melakukan suatu cara hanya untuk menonton sebuah video yang terhapus. 

Tapi tenang saja, setidaknya ada  4 cara menonton video YouTube yang sudah dihapus dengan aman. Berikut uraiannya:

Melalui Situs Web Tambahan

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melalui situs web Internet Archive Wayback Machine. Bukan tanpa alasan, situs ini merupakan arsip digital menuju Word Wide Web, tempat segala informasi yang diunggah di Internet. Menggunakan Al canggih seperti Google, situs ini dapat membantumu mencari dan mengunduh halaman web yang dapat diakses secara gratis. 

Bahkan situs ini dapat membantumu menemukan video YouTube yang terhapus secara efisien. Sobat MEA  hanya perlu tautan ke video lama. Berikut langkah-langkah untuk mengunduh video YouTube yang terhapus melalui archive.org atau Way Back Machine), antara lain:

  1. Login ke akun email yang terhubung dengan YouTube.
  2. Temukan video dan informasinya dengan membuka URL video yang telah terhapus. Tapi tidak bisa diputar.
  3. Jika sudah, kunjungi situs web Wayback Machine dan tempel di kolom pencarian, dan pilih Penelusuran Riwayat.
  4. Sobat MEA akan mendapatkan riwayat unggahan video YouTube dengan masing-masing tanggal unggah.
  5. Setelah mendapatkan informasinya, Sobat MEA dapat langsung mengunduhnya. 
Jasa Pembuatan Video YouTube Profesional
Gak perlu risau, kamu gak akan kehilangan kesempatan dapat video terbaik lewat jasa pembuatan video profesional MEA!

Mencari Salinan di Platform Lain

Ketika video dihapus dari YouTube, terkadang pengguna lain dapat mengunduh salinan video tersebut dan mengunggahnya ke platform lain. Ada beberapa platform seperti Dailymotion, Vimeo, atau Reddit di mana pengguna dapat mengunggah ulang video YouTube. 

Sobat MEA dapat mencoba mencari URL video yang di hapus di platform-platform tersebut dengan menggunakan judul video atau istilah pencarian yang relevan. Tapi ingat, ini mungkin melanggar hak cipta, dan menonton video melalui salinan yang tidak resmi dapat menjadi ilegal atau melanggar kebijakan platform tertentu.

Pulihkan Melalui Recoverit

Jika Sobat MEA tidak kunjung menemukan video YouTube yang terhapus, Sobat MEA dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan data, salah satunya Recoverit Data Recovery. 

Tapi sebelumnya, pastikan Sobat MEA telah mencadangkan video terlebih dahulu dan menginstal perangkat lunak Recoverit Data Recovery di Laptop/PC untuk memulihkan video yang terhapus tersebut. Lalu berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  1. Pilih lokasi penyimpanan video yang terhapus, jika Sobat MEA menyimpannya di Hard Drive Eksternal, klik tanda file tersebut. 
  2. Pindai file video dengan klik Mulai
  3. Setelah pemindaian selesai, Sobat MEA akan melihat daftar video yang terhapus. Konfirmasi dengan klik tombol Pratinjau.
  4. Pilih video yang diinginkan, dan pilih opsi Pulihkan untuk melihatnya kembali. 

Mencari Video pada Koleksi Pribadi

Jika Sobat MEA tahu bahwa video yang dihapus tersebut ada dalam koleksi video seseorang yang Sobat MEA ikuti atau orang lain, Sobat MEA dapat mencoba mencari video tersebut melalui playlist atau histori mereka. 

Buka profil pengguna yang relevan dan periksa apakah video yang dihapus masih ada di antara daftar putar atau histori mereka. Jika video tersebut ada dalam koleksi pribadi pengguna tersebut, mungkin masih dapat mengaksesnya meskipun mereka telah menghapus video dari saluran YouTube aslinya.

Cara Melindungi Video YouTube dengan Aman

cara mengajukan banding youtube

Ketika video YouTube terhapus, ketahuilah beberapa ketentuan yang berlaku. Mungkin Sobat MEA melanggar aturan, seperti:

  • Masalah Hak Cipta: Menggunakan musik, video, atau konten lain milik pihak ketiga. Jika ini dilakukan, pemilik asli video cenderung akan meminta YouTube menghapus videomu. 
  • Keluhan Privasi: Mengungkapkan informasi pribadi seseorang baik sengaja maupun tidak sengaja tanpa izin.
  • Masalah Konten: YouTube dapat menghapus video tanpa peringatan jika Sobat MEA mengunggah konten yang menyinggung atau mempromosikan produk-produk terlarang.

Nah, jika demikian, biasanya Sobat MEA akan diminta untuk menghapus video yang berkaitan dengan alasan-alasan di atas.

Nah, untuk mencegah penghapusan terjadi, ada baiknya, Sobat MEA melindungi video YouTube dengan cara-cara berikut ini:

  • Pencadangan Rutin: Buatlah cadangan untuk semua video yang diunggah di Laptop/PC.
  • Hindari Penggunaan Konten yang Menyinggung: Hindari penggunaan bahasa kasar yang meresahkan dan mengakibatkan videomu dilaporkan,
  • Pakai Konten Asli: Jangan sampai menyalin konten apapun dari sumber lain. Jika videomu viral, Sobat MEA bisa dituntut kompensasi video, apalagi jika video tersebut telah termonetasi.

Ya, begitulah cara melihat video YouTube yang sudah dihapus. Hal ini mungkin agak merepotkan. Tapi dengan langkah-langkah di atas, Sobat MEA dapat mengakses kembali video YT dengan aman. Ingat, pastikan Sobat MEA telah melindungi video untuk mencegah hal-hal ini terulang lagi. 

Dan jangan lupa hormati hak cipta, kebijakan platform, dan keputusan pemilik video yang telah menghapusnya. Lebih baik mencari alternatif legal atau mengeksplorasi konten baru yang serupa, betul? Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.