Gak Relevan Lagi? Gini 8 Cara Menghapus Koleksi di YouTube. Mudah!

cara menghapus koleksi di youtube

Sobat MEA tentu sudah mengetahui bahwa pengguna YouTube dapat mengumpulkan berbagai video dalam koleksi pribadi. Tapi ada saat-saat ketika pengguna ingin membersihkan koleksi mereka dari video yang sudah tidak relevan atau tidak diinginkan. Dalam hal ini, artinya mereka perlu cara menghapus koleksi di YouTube. 

Sebenarnya penting juga untuk Sobat MEA mengetahui cara menghapus koleksi di YouTube ini. Sama halnya dengan riwayat tontonan, menumpuknya koleksi video di YouTube juga dapat memenuhi storage perangkat bahkan melemahkan performa. 

Oleh karena itu, dalam artikel ini MiMe bermaksud ingin memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menghapus koleksi di YouTube dengan mudah dan efisien.

Cara Menghapus Koleksi di YouTube

Dikutip dari laman Google, pengguna YouTube dapat menghapus koleksi video mereka. Hanya saja, masih banyak yang belum paham cara menghapus koleksi di YouTube dengan mudah dan efisien. Berikut langkah-langkah yang bisa Sobat MEA lakukan:

Login ke Akun YouTube

Langkah pertama adalah login ke akun YouTube. Pastikan Sobat MEA memiliki kredensial login yang benar untuk mengakses akunmu. Jika Sobat MEA belum memiliki akun, Sobat MEA perlu membuatnya terlebih dahulu untuk mengumpulkan dan mengelola koleksimu.

Akses Koleksi

Setelah login, klik ikon Profil di pojok kanan atas layar. Pilih Koleksi dari menu yang muncul. Halaman Koleksi akan menampilkan semua koleksi video yang telah dibuat sejauh ini.

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Pilih Koleksi yang Ingin Dihapus

Pada halaman Koleksi, Sobat MEA akan melihat daftar semua koleksi video yang telah dibuat. Pilih koleksi yang ingin Sobat MEA hapus dengan mengklik nama koleksi tersebut. Sobat MEA akan diarahkan ke halaman koleksi khusus yang berisi semua video yang ada dalam koleksi tersebut.

Hapus Video dari Koleksi

Di halaman koleksi khusus, letakkan kursor di atas video yang ingin dihapus. Klik Tiga Titik Vertikal yang ada di sudut kanan atas video untuk membuka menu opsi.

Konfirmasi Penghapusan

Setelah mengklik Tiga Titik Vertikal di video yang ingin dihapus, menu opsi akan muncul dengan beberapa pilihan. Salah satunya adalah Hapus dari Koleksi. Klik opsi ini untuk menghapus video dari koleksimu. Sobat MEA akan diminta untuk mengonfirmasi tindakan ini sebelum video benar-benar dihapus.

Ingin Channel YouTube Cepat Monetized dan Dapat Adsense?

Percayakan pada tim optimasi YouTube MEA! Cocok untuk pemula yang ingin peluang dari YouTube secara maksimal!

Menghapus Koleksi Secara Keseluruhan

Jika ingin menghapus seluruh koleksi, buka halaman koleksi seperti yang dijelaskan di langkah 3. Di halaman koleksi, Sobat MEA akan melihat Tiga Titik Vertikal di sebelah kanan nama koleksi. Klik tiga titik ini dan pilih opsi Hapus Koleksi. Konfirmasi tindakan ini, dan seluruh koleksi beserta videonya akan dihapus dari akunmu.

Menggunakan Filter

Jika Sobat MEA memiliki banyak koleksi atau video dalam koleksi, Sobat MEA juga dapat menggunakan filter untuk membantu menyaring dan mencari video tertentu yang ingin dihapus. Filter yang umum termasuk pengurutan berdasarkan tanggal unggahan atau nama video.

Mengatur Pengingat

Untuk mencegah koleksi video tidak diinginkan menumpuk di akun YouTube, pertimbangkan untuk mengatur pengingat untuk menyegarkan koleksimu secara berkala. Ini akan membantumu untuk secara teratur meninjau dan menghapus video yang sudah tidak relevan.

Strategi yang Cool Untuk Konten yang Mantul

Yuk dapatkan semuanya untuk channel dan adsense YouTube yang lebih maksimal!

Itulah cara menghapus koleksi di yang sederhana dan dapat membantumu menjaga akun YouTube tetap terorganisir dan relevan dengan minat saat ini. Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah ini, Sobat MEA dapat dengan mudah membersihkan koleksinya dari video yang sudah tidak diinginkan. 

Ingatlah untuk memverifikasi tindakanmu sebelum menghapus video atau koleksi secara permanen. Semoga panduan ini membantumu mengelola koleksi dengan lebih efisien di YouTube. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.