6+ Ide Bisnis Rumahan Bermodal Minim Tapi Hasilkan Cuan. Mau Coba?

6 ide bisnis rumahan

Perkembangan internet yang semakin cepat, semakin membuka peluang usaha bermodal minim yang cukup menjanjikan. Nggak perlu memiliki toko di pasar atau mall, kini ada banyak sekali ide bisnis usaha rumahan yang bisa Sobat MEA lakukan.

Yup. Membuka bisnis nggak melulu membutuhkan banyak modal atau modal yang besar. Hanya dengan modal internet dan sedikit uang, Sobat MEA sudah bisa membuat toko, membuat jasa dan menjajal bisnis kecil yang berpotensi untuk menghasilkan banyak uang.

Peluang Usaha Rumahan yang Cukup Menjanjikan

Mau konsumen auto transfer saat lihat produk kamu?

Ketahui semua rahasianya di Kelas Shopee MEA!

Karena banyak peluang, Sobat MEA bisa membangun peluang usaha dari rumah saja baik secara online maupun offline. Nah bagi Sobat MEA yang mungkin ingin membuka usaha namun punya modal minim, berikut ini berbagai jenis ide usaha rumahan yang bisa Sobat MEA jajal. Yuk langsung simak daftarnya di bawah ini!

Usaha Laundry Kiloan

Pertama ada usaha laundry kiloan. Jika Sobat MEA tinggal di daerah-daerah strategis dekat dengan kampus atau daerah perkantoran dan industri, membuka usaha laundry untuk mencuci pakaian orang lain adalah hal yang potensial.

Sobat MEA hanya perlu modal air, beberapa mesin cuci dan juga pengering. Nah untuk mempermudah pengorderan, Sobat MEA bisa membangun jasa laundry dengan teknik WA Marketing atau melakukan promosi lewat media sosial

Menjual Paket Internet dan Produk Digital

Tutorial lengkap cara jualan di Lazada sampai toko konsisten hasilkan uang

Belajar bareng Expertnya di Kelas Lazada Expert Plus

Jika Sobat MEA punya bagian rumah yang dekat dengan jalan raya atau jalan yang sering dilintasi warga, maka Sobat MEA sangat berpotensi untuk menjual paket internet dan produk digital.

Sobat MEA bisa membuka usaha ini bahkan dengan modal yang minim. Salah satunya adalah dengan bergabung sebagai mitra Shopee dan mendapat komisi. Nggak usah khawatir, Sobat MEA hanya perlu koneksi internet dan hp. Nah berikut ini adalah cara daftar mitra Shopee lewat hp saja. Check this out~

  1. Pertama, download lebih dulu aplikasi Mitra Shopee di PlayStore atau AppStore
  2. Setelah itu, buka aplikasi dan daftar akun.
  3. Lengkapi data dan masukan nomor telepon aktif aktif lalu klik Lanjut
  4. Atur username dan kata sandi dan klik Ajukan
  5. Sobat MEA akan masuk ke halaman Login. Tinggal masukan username dan kata sandi lalu Login
  6. Jika Sobat MEA punya akun Shopee, Sobat MEA bisa menggunakannya
  7. Selesai. Untuk mulai berjualan, Sobat MEA bisa mengisi saldo Mitra Shopee terlebih dulu.

Menjual Camilan dan Makanan

Saatnya jadi Power Merchant Pro di Tokopedia

Dapatkan semua metodenya di Kelas Tokopedia bareng para expert MEA

Selanjutnya Sobat MEA bisa menjual camilan dan juga makanan dari rumah. Dengan berkembangnya internet, Sobat MEA bisa dengan mudah mencontek resep terbaik dari para pecinta masak maupun para chef yang aktif di media sosial. 

Selain berjualan di tempat, Sobat MEA juga bisa loh menjual camilan dan makanan tersebut secara online. Hari ini banyak sekali orang yang menjual camilan lewat marketplace dari mulai Shopee, Tokopedia dan juga Lazada.

Selain itu, Sobat MEA juga bisa banget loh menjual bahan-bahan makanan yang siap untuk diolah. Ya singkatnya menjual frozen food sampai daging dan juga buah-buahan segar.

Membuka Toko Online Thrift Shop

ide bisnis rumahan

Menjual barang-barang fashion dari mulai baju, celana, jaket dan fashion lain masih menjadi potensi yang lumayan oke. Nah Sobat MEA sebenarnya nggak perlu melakukan produksi. Hari ini, produk fashion yang sedang laris adalah fashion vintage.

Iya, Sobat MEA bisa banget membuka toko thrift shop. Jika nggak punya tempat yang memadai untuk penungjung datang, Sobat MEA bisa banget loh menjualnya secara online. Hari ini banyak thrift shop yang menjual barangnya lewat live streaming TikTok, Shopee dan platform lainnya.

Dropshipper

Hari ini banyak orang-orang yang menanggap bahwa membuat toko online membutuhkan modal, tempat dan juga stok barang. Padahal, hari ini kita mengenal sistem dropshipper. Secara singkat, dropshipper adalah para pelaku usaha yang menjadi perantara antara pembeli dan supplier.

Ada banyak marketplace yang sudah membuka sistem dropshipper. Yang paling terkenal adalah dropship di Shopee, TikTok sampai Tokopedia.

Katering Online

Terakhir masih bisnis makanan. Sobat MEA yang hobi memasak makanan berat bisa banget loh untuk membuka bisnis katering online. Nggak perlu khawatir, Sobat MEA bisa membuka usaha ini tanpa harus mengeluarkan modal. Cukup saja untuk melakukan promosi di media sosial dan gunakan sistem uang muka atau sistem pre-order.

Tips Menjalankan Bisnis Rumahan

Setelah mengetahui ide-ide bisnis rumahan yang bisa Sobat MEA coba, kita akan memberikan sedikit tips dan trik serta hal yang harus Sobat MEA hindari saat memulai bisnis rumahan. Nah daripada berlama-lama lagi yuk langsung aja masuk pada tips dan trik yang Sobat MEA terapkan

Jangan Takut Gagal

Hal pertama adalah hal yang harus Sobat MEA hindari. Saat membuka bisnis, Sobat MEA harus menghindari perasaan takut gagal. Sobat MEA harus bisa optimis bahwa bisnis Sobat MEA bisa berkembang dengan baik.

Perasaan takut gagal ini sangat buruk bagi seorang pebisnis. Jika memang punya perasaan ini Sobat MEA bisa-bisa nggak akan membuka bisnis tersebut sama sekali.

Terus Belajar Mengelola Bisnis dan Evaluasi

Nah tips selanjutnya adalah memiliki semangat untuk terus belajar. Saat memulai bisnis rumahan Sobat MEA harus mengosongkan pikiran dan menganggap bahwa bisnis tersebut adalah pembelajaran. Meski terhitung bisnis kecil, bisnis rumahan bisa  membuat Sobat MEA terus belajar mengelola bisnis dan melakukan evaluasi agar mendapatkan pengetahuan mengenai dunia bisnis yang lebih besar.

Belajar Dari Pakar Bisnis dan Bergabung Dengan Komunitas Bisnis

Tips terakhir yang bisa Sobat MEA adalah belajar dan bergabung dengan komunitas bisnis. Perlu Sobat MEA pahami bahwa kesuksesan dalam berbisnis bergantung pada pelajaran dan juga lingkungan Sobat MEA.

Jika Sobat MEA bergaul dengan orang yang pesimis, maka Sobat MEA akan terbawa. Maka dari itu, memiliki mentor dan juga bergabung ke dalam komunitas bisnis adalah hal yang sangat penting. Beruntungnya, Komunitas MEA punya banyak mentor yang hebat di bidangnya dan juga memiliki komunitas berisi para pebisnis-pebisnis online.

Nah itulah 6 ide bisnis rumahan bermodal kecil namun bisa menghasilkan omzet yang besar. Sobat MEA juga bisa menerapkan 3 tips dan trik yang sudah kita paparkan. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA ya. Aminn!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.