Apa itu Pre Order di Shopee? Begini Cara Menjual Barang PO di Shopee

pre order di shopee

Ada itu produk pre order di Shopee? Banyak orang yang belum tahu bahwa Shopee memiliki beberapa jenis metode penjualan di platformnya. Salah satu yang cukup terkenal adalah produk PO Shopee

Pre order atau biasa disebut PO adalah metode pemesanan terlebih dahulu sebelum barang pre order dikirim. Biasanya sistem pre order digunakan saat seseorang berbelanja barang-barang custom yang membutuhkan waktu pengerjaan. Jika barang dari luar negeri, sudah otomatis Sobat MEA harus mengikuti prosedur pengurusan bea cukai.

Apa Itu Pre Order di Shopee?

Mau tahu cara jualan di Shopee yang bener?

Yuk gabung di Komunitas Seller Marketplace MEA

Pre order adalah sistem belanja dimana seorang penjual sebenarnya belum memiliki produk yang sudah jadi. Namun, sang penjual tetap menawarkan pada pembeli. Saat pembeli tertarik dan memesan, barulah penjual menyelesaikan produksi barangnya untuk kemudian dikirim ke pembeli yang memesan.

Pre Order Shopee sendiri merupakan sistem pemesanan produk yang memiliki masa pengemasan yang lebih lama. Umumnya, pengerjaan pre order bisa memakan waktu 7 hari bahkan lebih. Umumnya, produk pre order ini merupakan produk custom yang memang membutuhkan waktu pengerjaan dan penanganan khusus dari produk lain.

Biasanya, masa pengemasan produk pre order Shopee berkisar pada 7-30 hari kerja. Kendati demikian, ada penambahan waktu pre order untuk beberapa kategori untuk para penjual Star Seller, Star+ dan juga Shopee Mall

Jika disederhanakan, begini sistem pemesanan pre order di Shopee

  • Pembeli memesan produk pre order
  • Pesanan masuk ke penjual lalu penjual menyelesaikan proses produksi produk
  • Barang selesai diproduksi oleh penjual
  • Terakhir, produk langsung dikirim ke pembeli setelah selesai.

Apa Sih Keuntungan Pre Order di Shopee?

Jago jualan di Shopee secepat kilat

Kelas Shopee MEA jawabannya!

Setiap metode penjualan pasti memiliki keuntungannya tersendiri. Karena cukup berbeda dengan metode penjualan langsung, keuntungan dari sistem pre order juga cukup berbeda. Nah salah satu keuntungan saat Sobat MEA membuka pre order adalah mendapat waktu pengemasan yang lebih lama dari biasanya.

Sobat MEA jadi bisa lebih santai dan fokus dalam mengerjakan produk dan melayani pembeli. Masa pengemasan pre order membutuhkan penanganan lebih lama lama di Shopee yakni 7-15 hari setelah pesanan di buat.

Selain itu, keuntungan dari berjualan secara pre order ini adalah Sobat MEA nggak perlu menyetok barang seperti penjual biasa. Hal ini tentu baik bagi Sobat MEA yang nggak punya modal banyak. Yup, pre order sendiri nggak membutuhkan modal awal dan Sobat MEA nggak memiliki risiko produk yang nggak terjual.

Sobat MEA hanya perlu menunggu pesanan dan uang masuk dan mengerjakan produk sesuai pesanan. Oiya, sama seperti order biasa, PO Shopee juga membuka semua metode pembayaran yang diinginkan pembeli. Selain itu, Sobat MEA juga bisa mengubah pre order Shopee menjadi metode penjualan biasa kapapun.

Batas Produk Pre Order Shopee

Selain keuntungan, sistem pre-order ini juga memiliki peraturan yang ketat. Shopee sendiri berharap para seller memiliki persentase produk pre order yang rendah. Jika seller memiliki produk pre order yang melewati batas, umumnya toko akan mendapatkan poin penalti.

Poin penalti akan diberikan oleh Shopee jika seller melakukan pelanggaran tersebut. Biasanya pelanggaran tersebut terjadi saat sebuah toko memiliki kurang lebih 300 produk pre-order dan persentase produk pre order lebih dari 20% selama 5 hari.

Cara Menjual Barang PO di Shopee

Nggak punya waktu buat ngurus toko Shopee sendiri?

Yuk kolaborasi bersama tim jasa optimasi Shopee MEA sekarang juga

Sistem penjualan pre order umumnya dilakukan di media sosial oleh orang-orang tertentu. Biasanya mereka yang punya kemampuan-kemampuan kreatif dan ingin menuangkannya menjadi sebuah produk. 

Sekarang, Shopee sebagai sebuah marketplace terbesar di Indonesia memfasilitasi para seller seller tersebut. Emang, gimana cara membuat pre order Shopee? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Login menggunakan akun Shopee kamu lewat aplikasi Shopee atau Shopee Seller Centre
  2. Pilih menu Tambah Produk Baru
  3. Setelah itu, masukan nama produk yang Sobat MEA inginkan dan juga pilih kategori produk
  4. Lengkapi informasi produk seperti menambahkan foto produk, video, harga, berat, jasa kirim pre order
  5. Terakhir, aktifkan pre order dan pilih jangka waktu yang Sobat MEA perlukan untuk mengerjakan pesanan.

Nah itu dia semua hal yang perlu kamu tahu mengenai sistem po di shopee beserta cara jualan po di Shopee. Gimana Sobat MEA, nggak susah kan? Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA sekalian ya!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.