Tak Perlu Kecewa, Gini Lho 8 Cara Refund Shopee dengan Efektif!

by Viki
cara refund shopee

Seperti yang kita ketahui, Shopee telah menjadi salah satu platform belanja online yang paling populer. Dengan ribuan penjual, Shopee menawarkan berbagai jenis barang yang bisa dibeli dengan mudah. Tapi terkadang ada situasi di mana pengguna perlu cara refund Shopee atas pembelian yang telah dilakukan. 

Refund adalah proses mengembalikan dana kepada pembeli jika terdapat masalah dengan pesanan yang telah dilakukan. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara refund Shopee yang pasti berhasil. Simak selengkapnya di bawah ini!

Syarat dan Ketentuan Refund Shopee

Mau Tahu Cara Jualan di Shopee yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller Shopee berpengalaman di Komunitas Seller Shopee MEA sekarang juga!

Sebelum mengajukan refund di Shopee, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Melansir laman bantuan Shopee, pastikan Sobat MEA telah menerima pesanan dengan baik sebelum klik Pesanan Diterima.

Pasalnya Sobat MEA tidak akan bisa melakukan refund jika sudah menekan tombol Pesanan Diterima pada halaman rincian pesanan. Ini dikarenakan garansi Shopee untuk pesanan akan dihentikan dan pembayaran diteruskan kepada penjual.  

Selain itu, ada beberapa ketentuan lain untuk dapat mengajukan refund kepada penjual Shopee. Berikut uraiannya:

  1. Pesanan belum diterima, keadaan rusak, atau tidak sesuai. 
  2. Mendapatkan persetujuan dari penjual.
  3. Memiliki alasan yang kuat. 
  4. Keduanya memiliki kesepakatan pengembalian barang jika terjadi sesuatu pada pesanan. 
  5. Tidak melewati waktu masa garansi Shopee.
  6. Memasukkan bukti kesalahan pesanan saat barang diterima.

Dengan demikian, pengembalian dana akan disetujui apabila penjual sudah menerima barang yang dikembalikan. Dana akan dikembalikan berupa saldo Shopeepay dengan nilai yang disesuaikan dengan metode pembayaran yang dilakukan.

Cara Refund Shopee dengan Efektif

Ya, Shopee menyediakan fitur yang memungkinkan pembeli untuk mengajukan pengembalian dana (refund) apabila ada sesuatu yang terjadi saat barang diterima. Adapun cara refund Shopee yang benar, berikut langkah-langkah yang bisa Sobat MEA lakukan:

  1. Buka aplikasi Shopee di HP. 
  2. Pilih menu Saya, dan pilih opsi Dikirim
  3. Lalu pilih menu Pesanan, dan klik opsi Ajukan Pengembalian.
  4. Selanjutnya Sobat MEA akan diarahkan ke halaman Rincian Pesanan, pilih pilih produk yang akan dikembalikan.
  5. Pilih Alasan, seperti: produk tidak sampai, produk tidak lengkap/kosong, produk salah, produk cacat, produk tidak berfungsi dengan baik, produk tidak original, atau produk berbeda dengan deskripsi/foto.
  6. Setelah memilih alasan pengembalian, masukkan bukti berupa foto serta deskripsi (jika ada).
  7. Kemudian pilih solusi yang diinginkan, seperti Pengembalian Barang dan Dana atau Pengembalian Dana (khusus untuk alasan tidak menerima pesanan atau barang tidak lengkap).
  8. Selesai! Tinggal tunggu konfirmasi dari penjual. 

Shopeasytools, Tools Canggih Bikin Cuan Selalu Full!

Cocok banget untuk jualan karena bisa boost toko lebih laris~

Perlu diketahui, informasi yang perlu diisi dalam pengajuan barang/dana dapat berbeda-beda tergantung alasan pengembalian yang dipilih. Tapi Sobat MEA tidak perlu menyertakan bukti apapun jika tidak menerima pesanan. 

Sobat MEA juga hanya dapat mengajukan pengembalian barang/dana sebanyak 5 (lima) kali pada satu nomor pesanan/order yang sama. Setelah itu, tombol Ajukan Pengembalian akan diblokir dan mendapatkan notifikasi yang menyatakan bahwa pengajuan pengembalian telah mencapai batas maksimal.

Berapa Lama Proses Refund Shopee?

Untung Besar Bersama Strategi Shopee MEA

Pastinya dong.. Apalagi banyak yang sudah menghasilkan ribuan orderan setiap bulan dengan hasil fantastis! Tunggu apa lagi?

Melansir laman resmi Shopee, berikut waktu proses pengembalian barang/dana Shopee berdasarkan jenis toko:

  1. Produk Shopee Mall: Pengembalian barang/dana akan diproses dalam waktu 3-5 hari kerja setelah pesanan yang dikembalikan sampai di alamat Penjual.
  2. Produk non-Shopee Mall: Pengembalian barang/dana akan diproses dalam 7 hari sejak penginputan resi atau maks. 2 (dua) hari sejak status pengiriman terkirim (jika menggunakan resi dari Shopee).

Demikian cara refund Shopee yang efektif untuk membuatmu tetap aman. Dengan begitu, Sobat MEA tidak perlu khawatir untuk berbelanja di Shopee. Hasil pengajuanmu akan diinformasikan melalui notifikasi aplikasi Shopee dan email. Sehingga ini bersifat rahasia antara penjual dan pembeli. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment