Cara Meningkatkan Kesehatan Toko di Shopee, ini Penjelasannya

cara upload video shopee

Munculnya beragam market place online seperti Shopee, membuka peluang besar bagi banyak orang. Untuk mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis online khususnya Shopee, tentu saja Sobat MEA harus memperhatikan banyak hal, termasuk cara menjaga dan meningkatkan kesehatan toko Shopee.

Sistem toko online di Shopee cukup menarik. Kesehatan toko Shopee menjadi salah satu sistem yang bisa memberikan kepercayaan bagi para calon pembeli. Karena hal tersebut, Sobat MEA yang berbisnis di Shopee harus mengetahui cara meningkatkan kesehatan toko di Shopee. Emang gimana caranya?

Cara Melihat Kesehatan Toko

Kesehatan toko merupakan salah satu indikator yang cukup penting bagi seller. Sobat MEA bisa mengakses dan melihat kesehatan toko masing-masing lewat aplikasi maupun lewat Seller Centre. Berikut ini cara-cara melihat kesehatan toko

Cara Melihat Lewat Aplikasi Shopee

  1. Login melalui Aplikasi Shopee dengan akun toko milikmu
  2.  Masuk ke halaman “Toko Saya” lewat bagian “Saya” di bawah kanan
  3.  Scroll ke bawah
  4. Pilih kesehatan toko
  5. Masuk dan lihat performa toko, poin penalti dan penalti berjalan

Cara Mengakses Lewat Shopee Seller Centre

  1. Akses dan buka Shopee Seller Centre
  2. Login menggunakan akun toko milikmu
  3. Buka ke halaman “Data” di bagian kiri halaman
  4. Buka “Bisnis Saya” dan masuk ke halaman “Kesehatan Toko”
  5.  Sobat MEA bisa melihat performa toko secara keseluruhan

Cara Meningkatkan Kesehatan Toko di Shopee

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, kesehatan toko menjadi hal yang cukup penting di Shopee. Karena hal tersebut, Sobat MEA harus mengetahui cara untuk meningkatkan kesehatan toko Shopee dengan memaksimalkan 4 metrik performa. Berikut ini lebih lengkapnya~

Penyelesaian Pesanan

Sobat MEA harus memastikan semua pesanan yang masuk terselesaikan dengan baik sampai ke tangan pembeli. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan antara lain mengelola stok barang dengan baik, memperhatikan manajemen gudang dan lakukan pengiriman tepat waktu pada semua pesanan yang datang.

Pelanggaran Produk

Mau tahu tips mendalam soal kesehatan toko Shopee?

Join kelas Shopee MEA yuk!

Selanjutnya kita masuk pada matriks pelanggaran produk. Untuk meningkatkan kesehatan toko, Sobat MEA harus mengetahui jenis-jenis apa produk apa saja yang dilarang dan terdeteksi melanggar hak kekayaan intelektual. 

Karena hal tersebut, Sobat MEA harus memastikan bahwa produk yang dijual asli, pastikan produk yang dijual nggak dilarang Shopee, pastikan kembali setiap atribut produk sesuai dan penjual nggak boleh menaikan harga sebelum promosi berlangsung

Pelayanan Pembeli

Kemudian ada faktor pelayanan pembeli. Memberikan pelayanan terhadap pembeli menjadi salah satu metrik yang perlu kita perhatikan. Dengan memberikan pelayanan yang baik, ramah, informatif pembeli akan semakin percaya dan mau melakukan transaksi di toko. Pelayanan yang baik juga bisa menjaga performa chat toko Shopee loh!

Kepuasan Pembeli

Terakhir adalah matriks kepuasan pembeli. Sobat MEA harus menjaga kepuasan pembeli saat berbelanja di toko. Kepuasan pembeli diukur lewat pemberian rating dan juga ulasan setelah berbelanja. Kepuasan pembeli akan meningkatkan atau menjaga kesehatan toko.

Nah itu dia beberapa cara untuk memperbaiki kesehatan toko Shopee. Gimana Sobat MEA? Nggak susah kan? Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA untuk mengembangkan bisnisnya ya. Aminn!

Bisnis di Shopee nggak perlu ribet lagi

Pakai jasa Komunitas MEA aja!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.