Mau Pindah Toko? Ini Cara Menghapus Alamat di Google Maps dengan Benar!

cara menghapus alamat di google maps

Seperti yang kita ketahui, Google Maps adalah salah satu aplikasi peta dan navigasi terpopuler di dunia. Google Maps sangat bermanfaat bagi banyak orang untuk mencari arah, menemukan toko, dan mengeksplorasi wilayah yang berbeda. Atas beberapa alasan, ada yang justru ingin mengetahui cara menghapus alamat di Google Maps.  

Ada berbagai alasan yang membuat orang ingin mengetahui cara menghapus alamat di Google Maps. Mulai dari alamat tidak relevan lagi atau orang-orang ingin menjaga privasi. Dalam artikel ini, MiMe akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghapus alamat di Google Maps jika Sobat MEA ingin menghapus alamat toko ataupun rumah. 

Fakta Unik Tentang Google Maps

Mau Tahu Cara Jualan Online yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller berpengalaman di Komunitas Bisnis Online MEA sekarang juga!

Google Maps memang telah dikenal sebagai penunjuk arah yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Fitur-fitur yang dimilikinya telah membantu mereka dalam mencari lokasi dan mengarahkan mereka sampai ke tujuan. 

Seiring perkembangannya, Google Maps terus berinovasi baik dari segi tampilan maupun segi fitur yang ada di dalamya. Menariknya, untuk menggunakan aplikasi ini, tidak dipungut biaya sama sekali. Bahkan kini Sobat MEA bisa menggunakannya secara offline ketika sedang tidak terhubung dengan koneksi internet. 

Beragam Manfaat Google Maps Untuk Pengguna

Jasa Kelola Toko Online Profesional

Punya bisnis online dan ingin tetap cuan meski sedang sibuk? Percayakan pada tim kelola toko online profesional MEA! Tinggal terima cuan, dan bergaransi!

Google Maps bisa dibilang memiliki data yang sangat lengkap dan ditampilkan secara real time sesuai apa yang ditangkap satelit. Tidak heran jika aplikasi ini diandalkan oleh banyak orang untuk menemukan suatu lokasi. 

Tidak hanya dapat menemukan rumahmu, Sobat MEA juga dapat dengan mudah menemukan gedung pemerintahan, perkantoran, tempat wisata, toko, restoran, pantai, gunung, dan lainnya. Biasanya pihak Google Maps akan langsung melakukan pemetaan. 

Meski demikian, aplikasi ini memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk menambahkan lokasi baru ataupun menghapus lokasi. Dalam hal ini, pihak Google Maps perlu melakukan peninjauan terlebih dahulu terhadap penambahan alamat baru maupun penghapusan alamat yang tertera. 

2 Cara Menghapus Alamat di Google Maps

Bisnis Lebih Cuan Pake Copywriting yang Nendang~

Yuk, kupas tuntas ilmu daging bikin copywriting yang bikin meriding dan ATM berdering di sini!

Ada beberapa alasan mengapa pengguna perlu menghapus lokasi di Google Maps. Salah satunya yaitu ketika menyadari ada yang salah pada penulisan alamat sehingga perlu direvisi. Google Maps sendiri membebaskan pengguna untuk mengedit dan menghapus alamat telah ditambahkan. 

Selain itu, bisa juga karena pindah tempat tinggal atau tidak lagi mengelola bisnis dengan alamat yang terdaftar. Dalam hal ini, cara menghapus alamat di Google Maps hanya bisa dilakukan melalui situs Google Bisnisku

Kira-kira ada 2 cara hapus alamat di Google Maps yang bisa Sobat MEA ikuti. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menghapus Satu Lokasi

  1. Buka situs Google Bisnisku di sini
  2. Pilih Info pada menu di sebelah kiri
  3. Lalu temukan bagian Close or remove this listing.
  4. Pilih opsi Remove listing, dan klik Remove.
  5. Selesai!

2. Menghapus Banyak Lokasi

  • Buka situs Google Bisnisku di sini
  • Lihat daftar lokasi, lalu pilih satu atau beberapa lokasi yang ingin dihapus.
  • Pilih opsi Actions > klik Remove locations > klik Remove.
  • Jika mengalami eror/kesalahan, sebaiknya hapus satu per satu

Perlu diingat, pastikan Sobat MEA sudah memikirkan hal ini secara matang sebelum melakukan cara menghapus alamat di Google Maps dan tidak akan berubah pikiran lagi. Ini dikarenakan lokasi yang dihapus tidak akan bisa Sobat MEA kelola lagi meskipun alamatnya terus muncul di Google. 

Cara Menghapus Alamat di Google Maps Secara Permanen

cara menghapus alamat di google maps

Selain kedua cara di atas, Sobat MEA juga bisa menghapus alamat di Google Maps secara permanen. Jika Sobat MEA ingin alamat tersebut tidak bisa ditemukan lagi di Google baik melalui halaman pencarian Google Search maupun Google Maps. 

Berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk cara menghapus alamat di Google Maps secara permanen:

  • Buka situs Google Bisnisku di sini
  • Pilih bagian menu di sebelah kiri.
  • Lalu temukan opsi Manage locations.
  • Jika sudah ketemu, pilik lokasi yang akan dihapus.
  • Selanjutnya, klik Actions di bagian kanan, klik Remove location.
  • Selesai!

Nah, itu dia beberapa cara menghapus alamat di Google Maps yang mungkin diperlukan untuk menjaga privasi atau memperbarui informasi yang tidak relevan. Setelah itu, Sobat MEA dapat mengirimkan laporan kepada Google untuk meminta penghapusan alamat atau lokasi tertentu. 

Tapi pastikan untuk memberikan informasi yang akurat dan jelas dalam laporanmu agar penghapusan dapat disetujui dengan sukses. Tapi proses ini mungkin memakan waktu, jadi bersabarlah saat menunggu tanggapan dari Google. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.