Jangan Asal-Asalan, Ini 5 Cara Menentukan Produk Untuk Dijual dengan Tepat!

cara menentukan produk untuk dijual

Dalam memulai bisnis, salah satu langkah yang paling penting adalah mengetahui bagaimana cara menentukan produk untuk dijual. Pilihan produk yang tepat akan menjadi dasar kesuksesan bisnis yang Sobat MEA jalankan.

Perlu diingat bahwa cara menentukan produk yang akan dijual dan sesuai dengan pasar pasti memiliki tantangannya tersendiri. Untuk itu, artikel ini akan memberikan panduan praktis mengenai cara menentukan produk untuk dijual yang membantu Sobat MEA meraih kesuksesan dalam bisnis.

Table of Contents

Cara Menentukan Produk Untuk Dijual

Sebagai pebisnis, Sobat MEA tentu telah memahami bahwa hal pertama yang harus dimiliki untuk menjalankan bisnis adalah produk yang akan dijual. Tapi menjual produk juga tidak bisa sembarangan. Pastikan produk tersebut sesuai dengan target market dan relevan dengan tren terkini agar lebih mudah dijual. Itulah mengapa Sobat MEA perlu mengetahui cara menentukan produk untuk dijual.

Sebenarnya ada banyak cara menentukan produk yang bisa dilakukan untuk menemukan produk apa yang tepat sebelum memulai jualan. Menurut beberapa sumber yang telah MiMe rangkum, ada 7 cara menentukan produk untuk dijual. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Sobat MEA lakukan:

Mau Tahu Lebih Banyak Produk dan Strategi Bisnis yang Tepat Untuk Tokomu?
Yuk, gabung komunitas bisnis online MEA dan bongkar semuanya beserta bimbingan mudahnya. GRATIS!!!

1. Meneliti Pasar

Langkah pertama dalam cara menentukan produk adalah melakukan riset pasar. Sobat MEA perlu memahami kebutuhan dan preferensi konsumen potensial. Pastikan produk yang ingin Sobat MEA jual bisa menjawab pertanyaan di bawah ini:

  • Apa masalah yang ingin diselesaikan? Identifikasi masalah yang dihadapi oleh konsumen dan cari solusi yang dapat ditawarkan melalui produk yang Sobat MEA jual. 
  • Siapa target pelanggan Sobat MEA? Tentukan segmentasi pelanggan secara spesifik berdasarkan usia, gender, lokasi geografis, gaya hidup, dan karakteristik lainnya.
  • Apa tren saat ini? Amati tren yang sedang berkembang dan identifikasi peluang bisnis yang terkait dengan tren tersebut sebagai salah satu cara menentukan produk untuk dijual.
  • Apa keunikan produk Sobat MEA? Cari tahu produk serupa yang sudah ada di pasar dan temukan cara untuk membuat produk SObat MEA berbeda dan lebih menarik bagi pelanggan.

2. Evaluasi Keunggulan dan Kekurangan Produk

Setelah memilih produk yang akan dijual, lakukan evaluasi mendalam terhadap setiap produk tersebut. Pertimbangkan keunggulan dan kelemahan masing-masing produk. Sobat MEA bisa mengevaluasinya dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Apakah produk ini memenuhi kebutuhan pasar? Pastikan bahwa produk yang Sobat MEA pilih memiliki permintaan yang cukup di pasar agar bisa melakukan penjualan.
  • Bagaimana tingkat persaingan produk ini? Perhatikan persaingan produk yang akan Sobat MEA jual. Jika pasar sudah penuh dengan produk serupa, pertimbangkan untuk menemukan keunikan baru dalam produk Sobat MEA.
  • Apakah produk ini memiliki keuntungan yang cukup besar? Hitung potensi keuntungan yang bisa dihasilkan oleh produk. Pertimbangkan biaya produksi, harga jual yang wajar, dan margin keuntungan yang dapat Sobat MEA capai.
  • Apakah produk ini sesuai dengan nilai dan visi perusahaan? Pastikan produk yang Sobat MEA pilih sejalan dengan nilai dan visi perusahaan, sehingga Sobat MEA bisa lebih mudah untuk memasarkannya.

3. Uji Coba dan Penyesuaian Produk

Kesulitan Melakukan Branding?
Yuk pakai Jasa MEA aja dan kelola bisnis Sobat MEA yang dibantu oleh tim berpengalaman dengan klik di sini!

Sebelum memulai jualan, kami sarankan Sobat MEA untuk melakukan uji coba terhadap produk tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Sobat MEA lakukan:

  • Buat prototipe produk: Buat versi awal produk untuk diuji oleh target pasar atau konsumen potensial. Ambil umpan balik dari mereka dan lakukan perbaikan yang diperlukan.
  • Uji kelayakan produk: Pastikan produk Sobat MEA berfungsi dengan baik dan memenuhi kualitas yang diharapkan. Selidiki kemungkinan perbaikan dan peningkatan produk sebelum melakukan promosi massal.
  • Uji pasar: Lakukan uji pasar terhadap produk dengan memperkenalkannya dalam skala kecil. Distribusikan secara terbatas atau jalankan kampanye pemasaran terbatas untuk mengetahui respon konsumen potensial. Dengan demikian, Sobat MEA dapat mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan produk serta membuat penyesuaian yang diperlukan sebelum menjualnya secara luas.

4. Analisis Potensi Pasar dan Keuntungan

Sebelum mengambil keputusan akhir, lakukan analisis terperinci tentang potensi pasar dan keuntungan produk. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Sobat MEA lakukan:

  • Lakukan pengukuran pasar: Hitung ukuran pasar yang potensial untuk produk Sobat MEA. Carilah data tentang jumlah pelanggan potensial, pertumbuhan pasar, dan tren bisnis terkait.
  • Tinjau persaingan: Pelajari kompetitor utama yang sudah ada di pasar. Kenali keunggulan dan kelemahan mereka serta cari peluang unik yang dapat Sobat MEA manfaatkan.
  • Hitung biaya dan keuntungan: Tinjau biaya produksi, biaya pemasaran, dan margin keuntungan yang dapat Sobat MEA peroleh dari produk. Pastikan bahwa keuntungan yang diharapkan memadai untuk menjalankan bisnis dengan sukses.

5. Pertimbangkan Aspek Logistik dan Distribusi

cara menentukan produk untuk dijual

Bagaimana cara menentukan produk yang akan dijual berikutnya adalah Sobat MEA perlu memikirkan aspek logistik dan distribusi. Berikut adalah hal-hal yang perlu Sobat MEA pertimbangkan:

  • Ketersediaan bahan baku: Pastikan bahan baku yang diperlukan untuk produksi produk tersedia secara konsisten dan dapat diakses dengan harga yang wajar.
  • Proses produksi: Tinjau kemampuan dan kapasitas produksi. Pastikan Sobat MEA dapat memproduksi produk dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi permintaan pasar.
  • Saluran distribusi: Tentukan saluran distribusi yang paling sesuai untuk produk yang diproduksi. Apakah Sobat MEA akan menjual langsung kepada pelanggan melalui toko fisik, e-commerce, atau melalui mitra distribusi? Pertimbangkan juga keuntungan dan kerugian dari masing-masing opsi.

6. Meminta Saran Kepada Sesama Pelaku Bisnis

Menjalankan bisnis tidak bisa dilakukan sendirian. Sobat MEA membutuhkan bantuan dari berbagai macam pihak dalam memutuskan bagaimana cara menentukan produk yang akan dijual. Salah satu caranya adalah dengan meminta saran kepada pelaku bisnis yang sudah berjalan lebih dulu.

Sobat MEA bisa menanyakan pendapat mereka mengenai produk yang ingin dijual. Minta juga saran terbaik untuk memasarkan produk tersebut dan bagaimana cara untuk menentukan target pasarnya. Jangan lupa untuk meminta saran mengenai metode pemasaran yang bisa ditiru sebelum memulai jualan. Dengan segala masukan ini, Sobat MEA akan lebih siap untuk menentukan produk yang akan dijual dan menjalankan bisnis pribadi.

7. Membuat Inovasi Produk

cara menentukan produk untuk dijual

Seperti yang kita ketahui, sudah ada banyak produk yang ada di pasaran, namun tidak semua produk ini bisa menyelesaikan masalah konsumen dengan baik. Sebagai alternatifnya, Sobat MEA bisa melakukan cara menentukan produk untuk dijual dengan membuat produk yang inovatif.

Tentu ini akan membutuhkan banyak ide kreatif, namun Sobat MEA bisa memulainya dengan masalah apa yang Sobat MEA hadapi sehari-hari dan bagaimana Sobat MEA ingin masalah itu diselesaikan. Dengan begitu, Sobat MEA sudah melakukan salah satu cara menentukan produk untuk dijual yang kreatif dan inovatif.

Begitulah kira-kira 7 cara menentukan produk untuk dijual yang merupakan langkah penting dalam memulai bisnis. Tentunya dengan langkah-langkah tersebut, Sobat MEA dapat menemukan produk yang tepat untuk dijual dan membangun bisnis yang sukses. Selamat mencoba dan semoga sukses!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.