Tips Tentuin Harga Jual Online / Offline

harga jual online

Harga Jual Online – Cara menentukan harga yang pas sesuai dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan? Kalo kamu mau memulai bisnis jangan sampai salah langkah ya, karena kamu akan terjebak dalam kerugian yang tiada akhir, makanya jangan sampai merasa sulit memberikan harga buat kamu para pebisnis untuk memulai bisnis, jangan memberikan harga yang terlalu tinggi juga, yang ada para pelanggan kamu nanti pada kabur, karena menurut mereka harganya ga masuk akal. Mau tau cara agar pelanggan yakin tanpa banyak mikir dengan barang yang kamu jual?

Daftar Disini

Cara Tentukan Harga Jual Online

Sebenarnya ada rahasia untuk tingkatkan produk menjadi mahal walaupun produknya ya banyak juga yang buat, yakni kualitas dan popularitas. 

 

Bukan tidak mungkin lho buat para pebisnis membuat barang dengan kualitas terbaik untuk meningkatkan kualitas barang yang dijualnya. Jadi meskipun dengan harga selangit, kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan.

 

Akan tetapi sobat MEA dihadapkan dengan sebuah realita dimana seorang pengusaha yang baru dan bukanlah orang yang terkena. Maka sobat MEA belum bisa memberikan produk berkualitas jika menggunakan bahan apa adanya, dan otomatis tidak bisa dijual dengan harga tinggi.

 

Lalu, bagaimana ya caranya agar sebuah harga jual tetap bisa ramai pembeli dan penjual ga rugi.

 

Apakah sobat MEA penjual baju? Penjual sepatu? Penjual tas?

 

Ingin menentukan harga jual yang lengkap?

 

Mari kita gunakan perhitungan markup price dengan menambahkan beberapa persen harga dari bahan bau. Dengan kata lain sobat MEA harus bisa mengkalkulasikan terlebih dahulu berapa modal yang dibutuhkan sebelum mendapatkan markup pricing-nya. Persentase yang bisa digunakan akan menjadi keuntungan yang bisa didapatkan dari sebuah produk.

harga jual online

Sebagai contoh kami akan memberikan contoh harga jual untuk barang seharga 50.000.

 

Bisa diumpamakan jika sobat MEA ingin menjual barang seharga 50.000, maka tentukan beberapa hal yang harus dicantumkan dalam proses penghitungan.

 

Jika modal seharga 50.000, maka:

  1. Tentukan promosi (administrasi, iklan) sebesar 20%= 10.000
  2. Tentukan harga untuk hitungan gaji, listrik, kuota sebesar 5% – 10% =  2.500 -5000
  3. Tentukan harga Packing 5% = 2.500
  4. Tentukan harga untuk lain-Lain retur, 5%, rusak barang = 2.500
  5. Tentukan harga Profit 30% – 50% =15.000-25.000
  6. Tentukan harga Jual = 70% – 100% = 82.000 – 50.000

Jual baju online bisa kamu lakukan jika markup price menggunakan persentase untuk mendapatkan keuntungan, margin piercing merupakan metode yang dilakukan. Kamu bisa menentukan terlebih dahulu beser produk yang akan sobat MEA jual. Setelah itu bisa diaplikasikan dengan menggunakan rumus diatas. 

Cara tersebut sangat menguntungkan para penjual, karena rata-rata tidak ada yang menjelaskan secara rinci bagaimana pola perhitungan keuntungan saat memulai bisnis. Nah jika sobat MEA ingin mendapatkan arahan secara detail, maka bisa ikuti kelas bisnis online bersama komunitas MEA.

Daftar Disini

Cara Untung Harga Jual Online Tentukan Value Base Piercing

VPB adalah cara menentukan harga jual produk yang unik. Mengapa demikian? Karena dengan memberikan harga yang sesuai dengan nilai yang didapatkan oleh klien sobat MEA dengan kata lain berhak untuk menentukan berapa harga barang yang dijual, atau Willing to pay (WTP). sayangnya nih, masalah terletak pada setiap pelanggan pasti memiliki WTP yang berbeda-beda. Lantas, apa yang harus dilakukan?

 

Sayangnya metode ini sangat sulit dilakukan karena tidak semua produk memiliki harga atau kualitas yang memiliki dan harga yang pas untuk melakukan metode itu. Biasanya, ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama melakukan riset terhadap beberapa responden. Dan pastinya setiap responden akan memebrkan penilaian dan juga harga terhadap produk yang akan di launching. Cara kedua yang bisa dilakukan dengan memberikan harga tinggi secara langsung.

Manufacturer Suggested Retail Price

Manufacturer Suggested Retail Price  adalah harga yang digunakan baik saat sobat MEA mau menjual baju secara online karena merupakan harga produk yang disarankan oleh sang pemilik kepada pelanggan. Di indonesia, bisa mengenal harga eceran yang disetarakan. Nah biasanya, MSRP ini digunakan pada perusahaan manufakturing aja nih, salah satunya adalah otomotif atau kendaraan bermotor. Apakah MSRP dapat berubah walaupun harganya sudah ditentukan?

Dalam beberapa kasus bisa saja retail yang dengan sengaja menaikan harga. Terlebih jika permintaan pasar yang sedang meninggi namun produknya terbatas sudah hampir habis. Nah, ini bisa dimanfaatkan saat ada event atau ada barang yang booming, misalnya ajad viral di tiktok, atau momen-momen bulanan tanggal kembar yang gencarnya promo yang diberikan, maka sobat MEA bisa memanfaatkan teknik ini, lalu bagaimana agar saat tanggal tersebut sudah banyak pelanggan yang beli? caranya adalah sobat MEA bisa lakukan promosi menggunakan sosial media, seperti instagram atau tiktok yang saat ini sedang naik dan gencar digunakan banyak orang untuk menjaring pelanggan lebih luas lagi. Mau tau caranya menjangkau audiens melalui sosial media TikTok?

Daftar Disini

Keystone Pricing

Keystone Pricing bisa dikatakan sebagai metode yang mana digunakan oleh seorang retail dan melipatgandakan dari produk akan dijual kepada pelanggan. Misalnya nih, sobat MEA membeli baju seharga Rp. 50.000 tetapi mereka menjualnya dengan margin untung 100%. Jadi, pelanggan sobat MEA harus membayar seharga Rp. 100.000. Hmm cara ini bisa dilakuin ga sih?

 

Ternyata, Keystone Pricing merupakan sebuah cara kuno yang digunakan toko-toko retail ternama di dunia. Dan sampai saat ini metode tersebut bisa digunakan karena akan memberikan profit yang besar lho bahkan bisa 2 kali lipat dari harga normal.

 

Namun ada beberapa hal yang bisa digunakan dan diperhatikan Keystone Pricing, salah satunya adalah sobat MEA bisa pastikan dulu apakah produk yang ditawarkan apakah sudah memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Kenapa? Kalo engga, ya siapa yang membeli produk nih, bisa saja pelanggan membandingkan harga yang dijual dan menemukan dengan yang lebih murah.

harga jual online

Paket Bundling atau Grosir

Strategi terakhir yang bisa digunakan terakhir adalah bisa tingkatkan untuk volume penjualan dan kamu jadi makin untung lho. Caranya sobat MEA bisa menggabungkan produk dengan harga jual lebih tinggi, tapi sobat MEA jiak di breakdown biaya satuannya akan terasa lebih rendah.

 

Misalnya saja sbat MEA jual baju online seharga Rp40.000, tapi sobat MEA membuat barang seharga Rp75.000, untuk dua barang atau paket bundling.

 

Di Satu sisi sobat MEA , total profit tidak sebesar penjualan satuan. Namun, kuantitas produk juga sangat meningkat. Nyatanya sistem ini bisa menggiurkan bagi konsumen. Jika konsumen merasa puas mereka tentunya akan menjadi loyal dengan produk yang ditawarkan, maka total keuntungan yang didapatkan tidak memiliki selisih jauh dengan penjualan satuan. 

 

Selain itu, bisa digabungkan lho , paket bundling yang best seller dengan produk yang sepi peminat, jadi sobat MEA bisa menghabiskan stok lama yang kurang laku deh, daripada dibiarkan menjadi stok yang akan termakan waktu menjadi lebih tutun nilai jualnya.

 

Bagaimana? Apakah sobat MEA sudah mengetahui bagaimana cara menentukan harga jual? Atau masih merasa pusing? Jangan khawatir karena sebuah solusi bisa sobat MEA bisa dapatkan untuk mengatur keuntungan ketika memulai bisnis, yuk jangan biarkan bisnis kamu boncos terus, gimana mau cepet kaya kalo gitu?

Mau Jago Jualan Online?

Rahasia ini biar kamu ga lagi rugi ketika jualan karena gatau cara itung harga jual, bahkan buat kamu yang suka diminta harga teman

You May Also Like

About the Author: fiqhi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *