Cara Menambahkan Produk di TikTok Shop

TikTok Shop telah menjadi alternatif marketplace yang menggiurkan oleh pelaku online shop dan juga costumer. Pelaku Online Shop bisa mendapatkan ratusan order di momen pecah telor apabila mampu membuat konten yang menarik. Di sisi costumer, diskon dan gratis ongkos kirim sedang menghiasi TikTok Shop yang membuatnya menjadi platform yang menguntungkan dalam belanja online.

Namun ratusan order tidak datang dari langit. Seller harus mampu mengomptimalkan setiap proses mulai dari menambahkan produk. Menambahkan produk di TikTok Shop mungkin hanya tinggal memasukan informasi yang dibutuhkan, tapi perlu diketahui bahwa setiap kolom yang hendak diisi harus diperhatikan secara cermat untuk meningkatkan ketertarikan pembeli.

Oleh karenanya yuk simak artikel ini sampai akhir agar mengetahui cara menambahkan produk yang benar supaya penjualan meningkat!

 

Informasi Dasar

Pada bagian ini kamu hanya perlu mengisi informasi yang ditanyakan oleh setiap marketplace. namun untuk mengoptimalkan penjualan, kamu perlu memperhatikan setiap detail yang akan kamu isi. berikut dua kolom yang perlu kamu isi serta  hal-hal yang harus diketahui:

Nama Produk

Mungkin terdengar sepele namun langkah ini sangat penting. Sekarang costumer dapat mencari produk TikTok Shop melalui kolom pencarian. Oleh karenanya kamu harus cermat memberikan nama produk. 

Pilih kata kunci yang memiliki kemungkinan besar dicari orang. Apabila kamu bingung antara dua pilihan, kamu bisa menggabungkannya sekaligus. Contoh: Basreng Enak. Baso Goreng Pedas Manis. produk kamu akan ditemukan apabila orang mencari basreng maupun baso goreng.

Kategori

TikTok Shop akan meminta kamu mengisi kategori sedetail mungkin. Misalkan kamu ingin menjual sepatu sneakers, maka kategori yang harus kamu pilih adalah Sepatu > Sepatu Pria > Sepatu Kasual. 

Setelah selesai memilih kategori, akan muncul beberapa kolom baru, salah satunya merk. Kamu dapat memilih merk produk yang kamu jual. Kamu juga dapat memverifikasi keresmian toko kamu menjual produk tersebut dengan mengklik ‘perizinan dagang merk’, lalu upload berkas yang kamu miliki untuk membuktikan bahwa toko kamu merupakan toko resmi.

Untuk bebapa kategori tertenu, akan muncul kolom spesifikasi yang bisa kamu isi sesuai produk yang hendak kamu jual.

Detail Produk

Pada laman ini kamu dapat menambahkan foto produk dengan maksimal sembilan gambar, deskripsi, dan video (opsional). Sama seperti langkah sebelumnya, setiap kolom harus diisi dengan cermat.

Untuknya kamu harus bisa melihat melalui sudut pandang pembeli. Kita akan tertarik membeli produk apabila produk tersebut memiliki gambar yang menarik dan deskripsi yang jelas. tanpa itu semua, sebagus apapun produk yang kamu miliki akan jadi percuma karena kamu tidak mampu menunjukkan itu kepada audience. 

Kami menyarankan gambar yang dipilih harus jelas dan membuat produk menjadi tambah bagus. Kamu boleh menambah pernak pernik namun alangkah baiknya apabila foto produk kamu adalah foto asli. Selain itu foto produk harus berbeda dengan toko lain.

Untuk deskripsi, sedetail mungkin semakin bagus. Sebutkan semua hal yang perlu diketahui customer. Apabila menjual sepatu, kamu bisa sebutkan merk, bahan, ukuran, warna dan lain-lain.

Jago Jualan di TikTok

Info Jualan

Pada langkah ini kamu diminta untuk menambahkan varian produk untuk judul yang sama. Apabila produk yang kamu jual adalah sepatu, variannya bisa jadi warna, atau mungkin ukuran. 

Apabila ditambahkan, kamu akan diminta informasi mengenai nilai varian, gambar, harga, kuantitas,  dan SKU Penjual.

Pengiriman dan Garansi

Ini adalah langkah terakhir yang perlu kamu isi dalam fitur tambah produk. Fitur ini disesuaikan dengan produk dan kebijakan pengiriman produk kamu. Kamu harus menambahkan dimensi produk muali dari panjang, lebar, dan tinggi, lalu tambahkan berat produk. Setelah diisi, hasil estimasi biaya pengiriman akan dimunculkan.

Kamu juga dapat menambahkan layanan yang ingin kamu berikan seperti garansi dengan kolom informasi yang harus diisi adalah kebijakan garansi dan masa garansi. 

Lalu kamu juga bisa mengaktifkan fitur COD untuk menarik lebih banyak pelanggan. Namun resikonya adalah produk bisa saja dikembalikkan apabila customer tidak membayar ketika barang sudah dikirimkan. 

Tadi adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk menambah produk di TikTok Shop. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk dapat menambah produk di TikTok Shop. 

You May Also Like

About the Author: farent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *