Mau Kedai Makin Eksis? Gini Cara Jual Makanan di ShopeeFood yang Dijamin Yahuuud!

by Viki
cara jual makanan di shopeefood

Seiring dengan perkembangannya yang semakin pesat, e commerce Shopee terus berinovasi melalui fitur dan fasilitas yang sangat memanjakan penggunanya. Bahkan kini Shopee memperluas inovasinya ke bidang F&B. Nah, jika Sobat MEA suka jualan makanan, yuk mulai ketahui cara jual makanan di ShopeeFood untuk menambah penghasilan. 

ShopeeFood sendiri merupakan inovasi yang dilakukan Shopee untuk penjual F&B. Hal ini ia ciptakan mengingat peningkatan tren pesan makanan melalui ojek online yang semakin pesat. Lantas Shopee bekerjasama dengan banyak restoran dari berbagai daerah dan merekrut para driver ojek untuk pengantaran makanan.

Ingin Jadi Seller Master di Shopee?

Ketahui resep untuk jadi seller master sekaligus rahasia dapat ribuan orderan dari Shopee di sini. Join sekarang!

Tidak lama setelah fitur tersebut launching, banyak sekali pengguna yang suka menggunakan Shopee untuk memesan makanan dan minuman. Hal ini karena kemudahannya yang hanya dengan klik-klik restoran dan makanan yang diinginkan. Tidak hanya itu, Shopee juga sering menyediakan voucher yang sangat menguntungkan seperti gratis ongkir hingga diskon makanan. 

Hal ini tentu saja membuat ShopeeFood mendapatkan traffic yang sangat tinggi. Cocok untuk menjadi media bisnis F&B yang menjanjikan. Tapi sebelum memulainya, simak dulu nih cara jual makanan di ShopeeFood, syarat, sekaligus cara mendapatkan akses formulirnya!

Apa itu ShopeeFood?

Mungkin selama ini masih banyak yang menganggap Shopee hanyalah platform jual beli barang online. Tapi nyatanya kini Shopee telah memperluas sektor bisnisnya hingga ke bidang F&B melalui ShopeeFood. Lantas apa itu ShopeeFood?

ShopeeFood adalah salah satu fitur dari Shopee khusus untuk layanan pesan antar makanan dan minuman. Fitur terbaru ini memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menjadi partner untuk jualan makanan atau minuman di Shopee.

Nah, fitur yang satu ini bisa Sobat MEA manfaatkan nih untuk memperluas jangkauan bisnis F&B. Mengingat pengguna Shopee yang sangat banyak. Cara jualan di Shopee Food untuk menambah penghasilan pun sangat mudah.

Artikel Terkait  Panduan Cara Berjualan di Shopee Food, Mulai Daftar Sampai Syarat

Sama seperti platform layanan pesan antar makanan lainnya, Sobat MEA hanya perlu menyiapkan makanan yang konsumen pesan melalui aplikasi Shopee lalu berikan kepada driver yang mengantarkan makanannya ke konsumen. Selain itu, Sobat MEA juga akan dikenakan potongan komisi sebsesar 20% dari setiap makanan yang terjual. 

Tapi jual makanan di ShopeeFood hanya berlaku di pulau jawa, ya. Dan sudah banyak yang memanfaatkan fitur Shopee Food dengan menjadi merchant partner (Restoran). ShopeeFood juga sudah memiliki banyak driver yang siap mengantarkan pesanan. 

Nah, mulai tertarik untuk jual makanan di ShopeeFood? Simak dulu syarat-syarat menjadi merchant partner di bawah ini.

Syarat Jual Makanan di ShopeeFood

Sebelum mulai berjualan di Shopee Food, ada baiknya Sobat MEA untuk siapkan terlebih dahulu syarat-syarat yang dibutuhkan. Karena ini menjadi hal penting untuk bisa jual makanan di ShopeeFood. Adapun syarat-syarat jual makanan di ShopeeFood, di antaranya:

Syarat Jual Makanan di ShopeeFood untuk Bisnis Kecil/Individu

  • Kartu identitas, seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KITAS (Kartu Izin Menetap Sementara)
  • NPWPD (Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah)
  • SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)
  • Foto buku tabungan pribadi

Syarat Jual Makanan di ShopeeFood untuk Bisnis Besar (non-UKM)

  • Kartu identitas, seperti KTP atau KITAS (Kartu Izin Menetap Sementara)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • SIUP (Surat Izin Usaha Perusahaan) atau TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata)
  • TDP (Tanda Daftar Perusahaan) atau NB (Nota Bene)
  • Akta pendirian usaha
  • Surat keterangan domisili
  • Foto buku tabungan aktif
  • Foto bukti restoran atau outlet

Cara Daftar ShopeeFood

Setelah semua persyaratan sudah lengkap, selanjutnya adalah mendaftarkan diri sebagai merchant di Shopee Food terlebih dahulu dengan cara-cara di berikut:

  • Pertama, isi formulir pendaftaran ShopeeFood di situs resmi Shopee.
  • Lengkapi semua data diri di kolom yang sudah tersedia.
  • Pastikan sudah mencantumkan alamat email dan nomor hp yang aktif dan bisa dihubungi.
  • Kemudian isi detail lokasi dan alamat bisnis yang sesuai dan benar.
  • Isi juga kolom informasi pribadi dan jenis bisnis dengan nama lengkap usaha kuliner.
  • Lalu, pilih kategori bisnis dengan jenis bisnis yang sesuai.
  • Isi kolom bentuk bisnis yang sesuai dengan usaha Sobat MEA seperti restoran atau katering.
  • Kemudian upload foto outlet sesuai dengan permintaan di formulir pendaftaran merchant Shopee Food, seperti tampak depan dan dapur tempat produksi.
  • Setelah itu, lakukan konfirmasi pendaftaran dan jawab pertanyaan mengenai dari mana Sobat MEA memperoleh informasi adanya ShopeFood.
  • Lalu klik YA dan klik KIRIM untuk menyelesaikan pengisian formulir pendaftaran ShopeeFood.

Jasa Manajemen Shopee Ala MEA

Yuk gabung bersama tim hebat MEA biar daganganmu makin laris di Shopee!

Jika sudah, berikut ini cara mulai berjualan di ShopeeFood melalui HP yang bisa Sobat MEA lakukan.

  • Pertama, download aplikasi Shopee Partner di Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasinya, dan jika belum pernah mendaftar, klik DAFTAR SEKARANG.
  • Kemudian otomatis beralih ke formulir pendaftaran Shopee Food.
  • Isi semua kolom yang tersedia dengan data yang valid dan sejumlah persyaratan cara jualan di Shopee Food.
  • Terakhir, lakukan konfirmasi formulir pendaftaran di Shopee Food dengan mencentang kotak YA dan pilih opsi KIRIM untuk menyelesaikan cara jualan di Shopee Food.
  • Selesai! Pihak Shopee akan meninjau pendaftaranmu terlebih dahulu. Kamu hanya tinggal menunggu proses verifikasi.
Artikel Terkait  Cara Berjualan di Shopee Food Untuk Pemula yang Sedang Viral

Jika sudah disetujui, maka selamat! kini kamu sudah bisa jual makanan di ShopeeFood. Tambahan, MiMe ingin memberikan beberapa tips nih untuk Sobat MEA menjual makanan di ShopeeFood yang laris manis. 

3 Tips Menjual Makanan di ShopeeFood Laris Manis

Mau bisnis di ShopeeFood langsung laris manis? kini saatnya Anda menerapkan tips-tips untuk memaksimalkan promosi usaha kuliner. Berikut 3 tips yang bisa Sobat MEA terapkan:

Patuhi Aturan yang Berlaku

Eits, jangan sampai asal-asalan ya, ShopeeFood juga memiliki beberapa kebijakan dan peraturan yang berlaku. Jika tidak, maka akun usaha kuliner bisa terblokir dan pihak manajemen akan memberikan penilaian yang buruk.

Update Informasi

Tips selanjutnya adalah selalu update informasi, mulai dari info pendaftaran partner sampai event-event khusus Shopee. Dengan begitu, Sobat MEA bisa selalu berpartisipasi dengan program Shopee yang menunjang peningkatan omzet.

Selain itu, lakukan update informasi juga di dalam toko F&B mu untuk meningkatkan daya tarik konsumen, seperti kategori menu, foto yang menarik, hingga paket hemat bila perlu. 

Pakai Shopeasy Tools!

Dan rasakan dahsyatnya penjualan yang meningkat lebih praktis!

Gunakan Kemasan yang Berkualitas

Salah satu daya tarik pembeli untuk menikmati makanan adalah kemasan yang bagus. Gunakan kemasan makanan yang Food Grade agar mereka lebih percaya untuk menikmatinya. Sobat MEA juga bisa kreasikan kemasan untuk tampilan yang lebih eye-catching. Hal ini dinilai ampuh untuk menarik perhatian pelanggan.

Demikian cara jual makanan di ShopeeFood mulai dari syarat, cara daftar, hingga tips-tips yang bisa Sobat MEA lakukan. Jadi, mulai tertarik untuk jual makanan di ShopeeFood? Segera lakukan pendaftaran ya dan terapkan tips-tips di atas agar jualan lebih laris manis. Semoga sukses!

You may also like

Leave a Comment