Cara Mengubah PIN Shopeepay Untuk Hindari Peretasan Lebih Mudah!

by Viki
cara mengubah pin shopeepay

Tak hanya akun Shopee, akun Shopeepay juga rentan terkena modus penipuan. Banyak juga modus penipuan yang penting untuk mengamankan akun agar tidak sampai digunakan oleh orang lain. Sama seperti E-wallet lainnya, ShopeePay juga berisi uang tunai yang dapat digunakan untuk berbelanja. Oleh karenanya, pahami cara mengubah pin ShopeePay ini!

Sobat MEA tentu menyadari bahwa semua dompet digital memiliki PIN untuk melanjutkan proses pembayaran. Begitupun Shopeepay, memiliki PIN untuk verifikasi pembayaran yang akan di lakukan. Itulah mengapa Sobat MEA harus mengutamakan keamanan pin dengan melakukan perubahan PIN demi keamanan. 

PIN Shopeepay terdiri dari 6 digit angka dan bisa Sobat MEA buat sesuai keinginan. PIN ini berfungsi sebagai kode dalam melakukan penarikan atau pembayaran. Dalam artikel ini, MiMe akan menginformasikan cara mengubah PIN Shopeepay yang lengkap dengan berbagai permasalahan yang mungkin terjadi. 

Ya, setiap pengguna Shopeepay berhak melakukan ubah PIN maupun reset PIN Shopeepay. Pastikan nomor handphone dan email yang terdaftar masih aktif. Karena nantinya akan ada kode verifikasi masuk melalui pesan SMS berupa kode verifikasi. 

Table of Contents

Cara Mengubah PIN Shopeepay dengan Benar

Ingin Saldo Shopee Cepat Meningkat?
Cobalah berbisnis di Shopee. Eits, jangan lupa mulai dengan strategi dari seller Shopee di komunitas MEA ini. Full bimbingan, GRATIS!!!

Adapun beberapa hal yang menjadi alasan mengapa Sobat MEA harus mengubah PIN Shopeepay, pertama tentu demi keamanan agar tidak ada orang yang tahu dengan PIN mu. Lalu untuk mencegah terjadinya lupa PIN dan lain sebagainya. Berikut langkah-langkah untuk mengganti PIN Shopeepay, antara lain: 

Cara Ganti PIN ShopeePay yang Nomornya Tidak Aktif

Lalu bagaimana jika nomor handphone yang terdaftar sudah tidak aktif? Sebenarnya Sobat MEA bisa memanfaatkan WhatsApp. Pastikan nomor handphone tersebut telah terhubung dengan WhatsApp sebelumnya. Karena kode verifikasi akan dikirimkan ke WhatsApp tersebut. Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

  1. Buka aplikasi Shopee di HP.
  2. Pilih menu Shopeepay.
  3. Di halaman Shopeepay, klik Pengaturan di pojok kanan atas.
  4. lalu klik Ubah PIN Shopeepay.
  5.  Nantinya akan muncul form pilihan kirim SMS atau WhatsApp, Pilih WhatsApp dan klik Konfirmasi
  6. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui WhatsApp.
  7. Kemudian masukkan PIN baru yang diinginkan.
  8. Setelah itu, harap lakukan konfirmasi perubahan PIN.
  9. Selesai! Sobat MEA sudah berhasil mengganti PIN ShopeePay.

Cara Reset PIN Shopeepay yang Lupa

Lalu bagaimana jika Sobat MEA kemudian lupa dengan PIN Shopeepay yang sudah di buat? Tenang, MiMe juga akan bagikan cara mengatasinya jika pengguna Shopeepay lupa dengan PIN-nya.

Caranya sangat mudah, sebenarnya hampir sama dengan tutorial sebelumnya. Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

  1. Buka aplikasi Shopee di HP.
  2. Pilih menu Shopeepay.
  3. Di halaman ShopeePay, pilih Pengaturan di pojok kanan atas.
  4. Lalu klik Ubah PIN Shopeepay.
  5. Pilih pengiriman kode OTP melalui WhatsApp atau Kirim SMS jika nomormu masih aktif. 
  6. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan.
  7. Kemudian buat PIN baru yang diinginkan dan lakukan konfirmasi untuk PIN barumu di pojok kanan bawah. 
  8. Selesai! Pengubahan PIN yang telah lupa telah berhasil. 

Cara Aktifkan Sidik Jari Untuk PIN ShopeePay

  1. Pada Android: Pilih menu Pengaturan atau ikon Gerigi pada halaman ShopeePay dan masukkan PIN ShopeePay untuk mengaktifkan sidik jari. 
  2. Pada iOS: Aktifkan Face ID dengan cara yang sama, pilih menu Pengaturan atau ikon Gerigi pada halaman ShopeePay dan masukkan PIN ShopeePay.

Tapi Sobat MEA juga bisa menonaktifkan fitur fingerprint atau face ID pada halaman yang sama. Dalam hal ini, pastikan Sobat MEA menjaga kode PIN, fingerprint, atau face ID agar akun ShopeePay tetap aman. Jika mengalami masalah atau kendala saat mengubah PIN atau mengaktifkan fitur keamanan, harap hubungi Customer Service Shopee melalui Live Chat di Aplikasi Shopee. 

Tips Mengganti Pin ShopeePay dengan Aman

Saatnya Saldo ShopeePay Bertambah Lewat MCN Shopee MEA!
Gampang banget! Karena kamu berpeluang dapat berbagai kolaborasi yang cuan dari seller potensial dan bimbingan yang daging dari ahlinya~

Jangan salah, ketika Sobat MEA ingin mengganti PIN ShopeePay, tidak bisa sembarangan. Ternyata ada beberapa tips penting yang perlu dilakukan untuk penggantian PIN ShopeePay, di antaranya:

1. Jangan Menggunakan Tanggal Lahir

Tanggal lahir memang bisa digunakan sebagai PIN yang paling mudah diingat. Tapi hal ini justru merupakan kebiasaan yang sebaiknya dihindari. Informasi ini juga bisaditebak oleh orang lain dengan mudah, apalagi jika tanggal lahirmu tertera di halaman media sosial atau informasi publik lainnya.

2. Hindari angka yang berulang

Usahakan pilih kombinasi angka yang tidak repetitif. Dan sebaiknya hindari angka berulang seperti 111111 atau 123123. Angka yang berulang tersebut juga mudah ditebak dan rentan terjadi peretasan. 

3. Jangan gunakan angka berurutan atau pola keyboard

4. Bedakan PIN ShopeePay dengan aplikasi lain

Pastikan PIN ShopeePay dibuat secara berbeda dari PIN yang digunakan pada aplikasi atau akun lainnya. Jangan gunakan PIN yang sama untuk beberapa layanan. Hal ini dapat mengancam keamanan akun ShopeePay atau bahkan akun lainnya. Bisa dibilang, akunmu yang terancam bisa lebih dari satu. 

Ya, begitulah informasi mengenai cara mengubah PIN Shopeepay beserta tips penting untuk menggantinya dengan aman. Bagaimana? Sangat mudah, bukan? Lantas bukan alasan lagi bagi Sobat MEA untuk tidak mengamankan akun melalui perubahan PIN ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment