Cara Membuat Giveaway di TikTok yang Aman, Anti Kena Shadowban!

by Viki
cara membuat giveaway di tiktok

Seiring perkembangan bisnis TikTok, setiap seller tentu memerlukan berbagai strategi baru yang dapat menarik perhatian. Terlebih persaingan yang terjadi semakin ketat saja. Sehingga strategi lama bisa tergerus oleh kompetitor. Salah satu strategi yang terbukti efektif adalah mengadakan Giveaway. tapi bagaimana cara membuat Giveaway di TikTok yang aman?

Table of Contents

Emang Bisa Membuat Giveaway di TikTok?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Giveaway merupakan salah satu strategi jitu yang bisa menarik perhatian banyak audiens di media sosial. Biasanya, Giveaway TikTok melibatkan pemilihan pemenang secara acak dari pengguna yang mengomentari, menyukai, membagikan konten, atau lainnya yang sesuai dengan kampanye yang dibuat

Oleh karena itu, Giveaway biasanya digunakan untuk mengenalkan brand atau produk baru, meningkatkan engagement, hingga meningkatkan penjualan bisnis. Dengan membuat Giveaway yang menarik, tentunya akan banyak audiens yang mengenali produkmu dan bukan tidak mungkin mereka akan tertarik dengan penawaran yang Sobat MEA berikan pada momen selanjutnya. 

Cara Membuat Giveaway di TikTok yang Aman

Sebenarnya mengadakan Giveaway di TikTok tidaklah rumit.  tapi ada beberapa cara membuat Giveaway di TikTok yang tidak membuatmu terkena Shadowban dari TikTok. Dan MiMe akan membagikan tips penting untuk Giveaway TikTok berikut ini:

1. Pilih Format dan Tujuan Giveaway

2. Pilih Barang Hadiah yang Ingin Dibagikan

Pastikan Sobat MEA telah menyediakan barang Giveaway yang akan dibagikan. Ini tergantung pada anggaran dan audiens. Jika Sobat MEA seorang seller, Sobat MEA bisa menghadiahkan produk yang dimiliki, misalnya produk yang best seller atau produk yang sedang viral. Hal ini bahkan bisa mengundang pembeli baru. 

Tapi masalahnya, Sobat MEA tidak bisa menyasar ke niche tertentu sehingga mungkin akan mendapatkan banyak peserta tapi sedikit prospek yang memenuhi syarat. Itulah mengapa Sobat MEA bisa mempertimbangkan untuk menghadiahkan produk dari bisnis atau bekerja sama dengan kreator dan bisnis lainnya. 

3. Syarat Giveaway Harus Eksplisit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, meskipun banyak yang tertarik dengan Giveaway-mu, bisa jadi sedikit orang yang memenuhi syarat. Untuk itu, Sobat MEA bisa memberikan syarat dan ketentuan yang eksplisit. 

Misalnya, peserta harus memberikan like, comment, dan share ke sekian orang. Jangan sampai Sobat MEA membuat Giveaway tanpa syarat. Hal ini berpotensi mengakibatkan fraud bahkan terkena pelanggaran TikTok hingga akun di banned oleh pihak TikTok. 

4. Umumkan dan Promosikan Giveaway

Sebagaimana Giveaway bertujuan untuk mendapatkan perhatian dan mendatangkan audiens baru, Sobat MEA perlu mengumumkannya yang membuat banyak orang ‘ngeh’ jika Sobat MEA mengadakan Giveaway. Sobat MEA bisa mempromosikan Giveaway ke situs web, email, dan saluran media sosial lainnya. 

Dengan mempromosikan Giveaway, orang-orang yang bukan audiens TikTokmu bisa menemukanmu dan tertarik untuk mengikutinya. Sehingga Sobat MEA bisa mendapatkan lebih banyak followers, brand awareness yang tinggi, hingga meningkatkan penjualan di TikTok. 

5. Tentukan Pemenang dan Umumkan

Setelah menemukan pemenangnya, Sobat MEA harus mengumumukannya di TikTok. Jika tidak, Sobat MEA bisa dianggap scam atau penipuan yang mengakibatkan terkena pelanggaran TikTok hingga shadowban akun. 

Itulah mengapa Sobat MEA harus langsung membuat konten pengumuman pemenang Giveaway agar akun bisnis tetap aman dan eksis di TikTok. 

Demikian panduan mengenai cara membuat Giveaway di TikTok yang aman. Dengan hal ini, meskipun Giveaway merupakan strategi yang membuat bisnis eksis, akun TikTok akan tetap aman selama dibuat dengan baik. Itulah mengapa perlu kebijaksanaan dan kejujuran ketika mengadakannya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment