Cara Live TikTok Dapat Uang dan Strategi Tingkatkan Penjualan. Wajib Simak!

cara live tiktok dapat uang

TikTok memiliki beragam fitur yang bisa menghasilkan uang. Salah satunya adalah Live TikTok yang memungkinkan Sobat MEA dapat uang. Baik itu dari gift, monetisasi maupun dari berjualan produk. Tapi pertanyaannya, bagaimana cara live TikTok dapat uang ini?

Seperti yang kita ketahui, TikTok menjadi salah satu fitur menarik yang dapat membantu kita mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, termasuk penghasilan yang tidak terbatas. Salah satunya TikTok for Business. Di dalamnya bahkan Sobat MEA bisa memanfaatkan TikTok Live Streaming. Dengan fitur live, banyak pengguna TikTok yang berhasil meraup cuan lebih mudah. 

Tapi sayangnya untuk mendapatkan uang dari TikTok live, tidak semudah itu. Diperlukan strategi yang efektif yang dapat mendatangkan banyak audiens dan mendorong mereka untuk memberikan gift hingga membeli produk yang dijual untuk mendapatkan keuntungan. Tapi tenang saja, artikel ini akan mengupas tuntas bagaimana cara live TikTok dapat uang tersebut.

Table of Contents

6 Tips Memulai Live TikTok yang Menguntungkan

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Sebelum memulai live streaming, ada beberapa tips yang harus Sobat MEA pahami. Ini penting untuk Sobat MEA ikuti agar siaran dapat dilirik dan menghasilkan banyak uang. Lantas apa saja tips memulai live TikTok untuk kita lakukan? Check this out~

Sebelum memulai live streaming, ada beberapa tips yang harus Sobat MEA pahami. Ini penting untuk Sobat MEA ikuti agar siaran dapat dilirik dan menghasilkan banyak uang. Lantas apa saja tips memulai live TikTok untuk kita lakukan? Check this out~

1. Buat Judul Dan Cover Line

Sobat MEA harus menarik perhatian penonton dengan menggunakan judul dan cover menarik. Misalnya, menjadikan promosi, topik atau highlight produk sebagai judul live. Tentu saja judul live ini harus relevan dengan penawaran yang diberikan.

2. Tambahkan List Produk

Selanjutnya, Sobat MEA perlu menambahkan daftar produk saat live streaming dimulai. Pastikan, daftar produk yang ditampilkan sudah diupload di halaman TikTok Seller Center alias etalase toko milik Sobat MEA dan sesuai ketentuan TikTok Shop.

Pastikan juga konten video, foto produk, maupun harga sudah sesuai dengan yang akan ditampilkan selama live streaming. Adapun cara menambahkan produk ini cukup sederhana, meliputi:

  1. Pertama, lakukan live streaming terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, klik tombol Product
  3. Pilih bagian Add From Shop
  4. Selesai. Nantinya penonton akan bisa melihat showcase atau etalase TikTok Shop saat live streaming.

3. Atur Promosi Selama Live TikTok

Selanjutnya Sobat MEA bisa membuat dan mengatur promosi spesial selama live streaming melalui TikTok Seller Center. Ini bertujuan menarik minat orang untuk menonton. Promosi ini juga bisa Sobat MEA sesuaikan dengan jadwal live streaming.

Adapun langkah-langkah untuk mengatur promosi ini juga cukup mudah. Berikut ini adalah tutorialnya:

  1. Pertama buka TikTok Shop Seller Center dan login ke akun TikTok Shop. 
  2. Kemudian pilih menu Promotions.
  3. Di halaman Promotions, pilih Flash Deal. Fitur ini memungkinkanmu untuk mengatur promosi dan waktunya, serta membantumu dalam memasukkan judul live streaming.
  4. Jika sudah, klik Selesai dan kini promo toko Sobat MEA akan muncul sesuai jadwal.

4. Promosikan Live TikTok

Tingkatkan jangkauan LIVE melalui fitur Promote LIVE. Tujuan fitur ini adalah meningkatkan penonton live streaming Sobat MEA. cara menggunakan fitur untuk promosi live juga cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi TikTok di HP.
  2. Pada set up live streaming, pilih Promote atau ikon api.
  3. Selanjutnya pilih Automatic (TikTok Choose For You).
  4. Setelah itu, Sobat MEA bisa menentukan budget dan durasi promo.. 
  5. Jika sudah mengatur, klik Recharge
  6. Selesai! Kini fitur promote live akan mempromosikan live streaming kepada para penonton yang sesuai dengan pasarmu. 

5. Sesuaikan Pengaturan Kamera dan Pencahayaan

Kualitas gambar menjadi faktor banyak atau tidaknya penonton live streaming. Oleh karena itu, Pastikan Sobat MEA terhubung dengan jaringan internet aman dan tampilan kamera yang jernih.

Untuk live TikTok yang menarik, Sobat MEA juga perlu mengatur konsep ruangan yang bersih dengan posisi kamera yang pas. Selain itu, siapkan pencahayaan yang baik di dekat produk dan menunjukkan display stok dengan rak yang tertata rapi. 

6. Membuat Script Live Streaming

Jika perlu, buatlah konsep live streaming yang akan dibawakan. Meskipun bisa secara spontan, hanya saja, akan lebih baik jika Sobat MEA membawakan live streaming dengan script yang terkonsep.

Live streaming bisa menjadi acara yang menentukan, lho! Terutama untuk jualan. Sobat MEA akan tahu apa saja yang harus dikatakan dan mencapai target akan lebih mudah. Itulah mengapa script juga sangat penting dalam siaran langsung. Jika masih bingung, berikut langkah-langkah untuk membuat script live TikTok yang terkonsep:

  1. Pembukaan (durasi 2 menit).
  2. Pengenalan Produk 1 (3-5 produk) (durasi 20-30 menit. Sobat MEA bisa siapkan skrip dengan membahas keunggulan produk, review customer sebelumnya, membahas promosi agar penonton tertarik.
  3. Promosi produk keseluruhan (durasi 5 menit)
  4. Pengenalan Produk 2 (3-5 produk) (durasi 20-30 menit)
  5. Promosi produk kembali (durasi 5 menit)
  6. Penutupan dan Call to Action (CTA) (durasi 2-5 menit). Pada bagian ini, rangkum seluruh produk yang ditawarkan dan pastikan ajak penonton yang sudah memasukkan produk di keranjang kuning untuk langsung melakukan checkout.

Cara Live TikTok Dapat Uang yang Efektif

Yuk Gabung MCN TikTok MEA Untuk Hasilkan Live TikTok Lebih Cuan!
Dengan bekerjasama dengan partner MCN MEA, kamu bakal lebih gampang promosinya termasuk pada live streaming. Yuk, gabung sekarang juga, full bimbingan!

Apakah live di TikTok dapat uang? Dan bagaimana cara live TikTok dapat uang dengan efektif? Hal ini sebenarnya merupakan tips dasar yang harus dilakukan oleh kreator maupun seller TikTok yang ingin memaksimalkan live streaming. Untuk itu, tentu ada beberapa cara live TikTok dapat uang yang diperlukan, antara lain:

1. Membangun Basis Pengikut yang Kuat

Sebelum melakukan Live TikTok dapat uang, Sobat MEA perlu basis pengikut yang kuat terlebih dahulu. Semakin banyak pengikut yang dimiliki, semakin besar potensi penonton yang akan didapatkan saat melakukan live streaming. 

Untuk membangun pengikut, Sobat MEA perlu membagikan konten yang kreatif, konsisten, dan menarik. Gunakan tren yang sedang berlangsung dan memanfaatkan hashtag yang relevan untuk meningkatkan visibilitas kontenmu di TikTok. 

2. Lakukan Interaksi yang Aktif

Selama siaran berlangsung, Sobat MEA perlu membangun interaksi yang aktif dengan penonton. Pastikan Sobat MEA berbicara dengan energi, menanggapi komentar, hingga membuat sesi tanya jawab untuk menjalin interaksi yang lebih dalam secara real time.

Semakin menarik interaksi yang dibawakan, semakin betah mereka untuk menonton siaranmu. Maka semakin besar juga peluang untuk mendapatkan hadiah virtual seperti koin TikTok yang dapat ditukarkan menjadi uang. 

3. Mengikuti Program Kemitraan TikTok

TikTok memiliki program kemitraan yang dapat membantumu dalam menghasilkan uang melalui live streaming. Untuk mengikutinya, pastikan Sobat MEA telah memenuhi syarat dan ketentuan seperti memiliki jumlah pengikut tertentu, berusia 16 tahun, dan sering melakukan live di platform TikTok. 

Jika Sobat MEA diterima dalam program kemitraan TikTok, Sobat MEA perlu memenuhi tugas tertentu selama siaran langsung dan mendapatkan uang berdasarkan performa dan interaksimu.

4. Jalin Kolaborasi dan Sponsorship

Sama seperti media sosial lainnya, menjalin kolaborasi dan sponsorship dalam live TikTok bersama influencer atau brand ternama juga dapat membantumu menghasilkan uang. Bahkan Sobat MEA juga dapat meningkatkan jangkauan audiens. 

Tapi sebelumnya, pastikan Sobat MEA memilih brand atau influencer dengan basis pengikut yang besar dan relevan dengan niche akun untuk dapat mencapai tujuan bisnis yang lebih mudah.

5. Melakukan Penjualan Langsung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, live TikTok juga biasa digunakan untuk menjual produk selama siaran langsung. Bahkan Sobat MEA bisa memasang daftar produk di dalamnya hingga penonton bisa bertransaksi langsung selama siaran. Hal ini tentunya dapat dijadikan peluang cuan di luar hadiah virtual. 

Cara Memaksimalkan Live TikTok

Perlu diketahui, live streaming TikTok memiliki ketentuan dan algoritmanya tersendiri. Karena itu, ada beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan live TikTok agar dapat penonton hingga cuan dengan optimal. Apa saja?

  1. Lakukan LIVE minimal 3-5x per minggu (dengan durasi minimal 2 jam setiap sesi)
  2. Lakukan LIVE secara konsisten, toko kamu akan merasakan peningkatan dalam penjualan dan pengikut.
  3. Atur LIVE Event di Halaman Profil kamu. Dengan menetapkan acara LIVE, audiens akan diinformasikan kapan toko kamu akan melakukan LIVE di TikTok.
  4. Promosi Spesial selama LIVE. Tentukan flash deals dan promosi produk yang akan ditampilkan selama LIVE.

Nah itulah beberapa hal yang harus Sobat MEA perhatikan mengenai cara live TikTok dapat uang hingga strategi sukses menjual produk. Semoga saja artikel ini membantu Sobat MEA yang ingin sukses melalui live streaming TikTok. Aminn!

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.