Tutorial Cara Membuat Script Video TikTok yang Menarik!

by Bimboi
cara membuat script video tiktok yang menarik

Menjadi seorang content creator di TikTok merupakan hal yang mengasyikkan. Dapat membuat konten tentang hal yang disukai dan dibayar. Apakah Sobat MEA tertarik untuk membuat konten di TikTok? Jika memang memiliki minat, Sobat MEA wajib untuk mengetahui bagaimana cara membuat script video TikTok yang menarik.

Karena, dengan video yang menarik mampu menarik perhatian audiens dan menaikkan traffic account yang besar kemungkinan menaikkan jumlah followers dan interaksi. Jika akun semakin besar karena konten organik, maka Sobat MEA berpotensi untuk mendapatkan gaji di TikTok.

Terlepas dari itu, banyak yang merasa sudah membuat konten banyak namun tidak kunjung viral. Membuat konten yang menarik itu mudah. Asalkan, tahu cara membuat script video TikTok yang menarik. Penasaran bagaimana caranya? Simak terus tulisan ini, karena kita akan membahas langkah-langkah dari awal sampai akhir!

Table of Contents

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Script Video

buku tiktok shop

Sebelum masuk pada cara membuat script, penting bagi Sobat MEA untuk memperhatikan beberapa hal. Yup, dalam membuat script video yang menarik, ada hal-hal yang harus Sobat MEA perhatikan dan ikuti. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Tentukan target audiens sesuai dengan konteks atau topik yang ingin diangkat. 
  • Pilih kata-kata dan kalimat yang mudah dipahami sesuai dengan target audiens.
  • Sematkan data untuk meningkatkan kredibilitas dan validitas konten. Hal ini juga meningkatkan kepercayaan terhadap suatu konten atau produk yang dipromosikan.
  • Gunakan sapaan khusus seperti “Sobat MEA” atau “Kamu”. Karena mampu meningkatkan ikatan dengan audiens. 
  • Gunakan bahasa yang tidak berbelit.
  • Jangan melakukan promosi pada bagian awal video.
  • Pastikan diakhir video berikan CTA (Call to Action) atau ajakan. Bisa berupa berdiskusi, ajakan untuk membeli sebuah produk, atau ajakan untuk follow dan share postingan
Artikel Terkait  Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop. Ternyata Nggak Susah~

Cara Membuat Script Video TikTok yang Menarik

Mau dapat komisi extra dari TikTok Affiliate?
Yuk gabung ke MCN TikTok MEA sekarang juga. Dapatkan komisi extra sampai sampel gratis!

Jika sudah mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat script vdeo, berarti Sobat MEA sudah siap untuk cara membuat script video TikTok yang menarik. Yuk kita mulai! 

1. Tentukan Tujuan Pembuatan Konten

Cara membuat script video TikTok yang menarik yang pertama adalah dengan mengetahui tujuan pembuatan konten, Sobat MEA mampu membuat brief script video dengan mudah dan tidak melenceng dari tujuan. Apakah tujuan pembuatan script tersebut untuk menaikkan awareness? Penjualan? Tujuan lain? Silakan Sobat MEA tentukan. 

2. Membuat Brief

Setelah menentukan tujuan, buatlah brief atau rancangan kasar tentang topik apa yang ingin Sobat MEA bahas. Dengan adanya brief, memudahkan Sobat MEA dalam pembuatan script. Bisa dimulai dari bagian pembuka, topik permasalahan, solusi, konklusi, hingga penutup. 

3. Menulis Script

Dalam penulisan script, Sobat MEA bisa awali dengan hook atau pancingan berupa judul video yang sesuai dengan brief yang telah dibuat. Setelah itu, Sobat MEA dapat menyapa audiens atau langsung menjelaskan topik yang ingin disampaikan. Lalu, berikan tanggapan terhadap topik tersebut. Di akhir video berikan CTA (Call to Action) atau ajakan penonton untuk berpendapat melalui kolom komentar. 

 Jika bingung dalam membuat script promosi, Sobat MEA bisa contek cara membuat script di sini. Atau, jika ingin lebih mudah, website resmi CapCut memberikan kemudahan dalam membuat script video TikTok. Cukup kunjungi laman resmi CapCut, lalu klik opsi Tambah Baru pada bagian kiri atas, kemudian pilih Alat Ajaib, dan klik Naskah Video.

Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan. Semoga bermanfaat dan ilmunya bisa diterapkan dalam membuat script video TikTok. Salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment