5 Cara Jual Barang Bekas Secara Online atau Offline. Mudah!

by Fanny
cara jual barang bekas

Punya banyak barang bekas dan sayang kalau dibuang? Mending dijual aja biar banyak cuan! Apalagi banyak orang saat ini yang tidak malu untuk membeli barang bekas. Istilahnya pun beragam mulai dari membeli barang secondhand, preloved, hingga thrifting. Untuk itu, Sobat MEA wajib banget mengetahui cara jual barang bekas yang benar agar cepat terjual.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa tips dan cara jual barang bekas yang bisa Sobat MEA lakukan agar cepat laris dan mendapatkan banyak keuntungan. Yuk simak!

Table of Contents

5 Cara Jual Barang Bekas

Ingin rintis bisnis online tapi bingung mulai dari mana?
Yuk belajar bisnis online langsung dari ahlinya dengan gabung ke komunitas. Gratis!

Cara jual barang bekas perlu Sobat MEA ketahui apalagi jika Sobat MEA ingin menjalankan bisnis ini dalam jangka waktu yang lama. Tentunya cara jual barang bekas akan berbeda dengan menjual barang yang masih baru mengingat kondisinya juga sudah berbeda. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Sobat MEA lakukan agar barang bekas yang dijual cepat laku dan memuaskan konsumen:

1. Bersihkan Barang

Barang bekas apalagi yang sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama tentunya tidak akan memiliki tampilan seperti barang baru. Dengan warna yang lebih pudar, mungkin ada perubahan bentuk di sana-sini, atau sudah dipenuhi debu karena sudah lama tidak digunakan.

2. Perhatikan Kondisi Barang

Selain membersihkan barang, cara jual barang bekas selanjutnya adalah Sobat MEA bisa memperhatikan kondisi barang yang ingin dijual. Lihat apakan ada kerusakan yang bisa diperbaiki.

Seperti misalnya Sobat MEA menjual pakaian lalu ada bagian yang jahitannya terbuka. Sobat MEA bisa menjahitnya terlebih dahulu agar kondisi baju tetap baik dan tidak mudah rusak ketika dipakai. Hal ini juga akan meningkatkan minat beli konsumen ketika melihat baju bekas yang Sobat MEA jual.

3. Jelaskan Kondisi Barang dengan Jujur

cara jual barang bekas

Cara jual barang bekas berikutnya adalah jangan lupa untuk mencantumkan detail barang. Jika Sobat MEA menjual barang bekas secara offline, konsumen bisa melihat kondisi produk dan lebih leluasa untuk menanyakannya secara langsung. Sedangkan ketika Sobat MEA bisnis thrifting di marketplace atau sosial media, Sobat MEA harus menyediakan informasi mengenai kondisi produk dengan detail.

Jelaskan kekurangan produk seperti kerusakan, kondisi warna, fitur yang sudah tidak berfungsi, atau detail lainnya. Dengan informasi lengkap ini, maka konsumen akan mengetahui kondisi seperti apa yang akan mereka dapatkan jika membeli produk yang Sobat MEA tawarkan.

4. Tentukan Harga Jual yang Masuk Akal

Agar cara jual barang bekas bisa berhasil, Sobat MEA juga harus bisa mematok harga yang tepat. Meskipun Sobat MEA membeli barang tersebut dengan harga yang mahal, belum tentu barang tersebut akan memiliki nilai jual yang sama ketika akan dijual kembali dalam kondisi bekas.

5. Promosikan di Sosial Media

Mau bisnis online makin lancar dan cuan?
Tenang aja, kami menyediakan berbagai jenis jasa mulai dari kelola toko online hingga sosial media untuk meningkatkan bisnismu!

Sosial media menjadi platform yang tepat untuk memasarkan produk sebagai salah satu cara jual barang bekas. Dengan mempromosikannya di sosial media, Sobat MEA bisa meraih audiens dengan lebih luas dan meningkatkan kemungkinan agar produk lebih cepat terjual.

Sekian pembahasan tentang cara jual barang bekas yang bisa Sobat MEA lakukan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment