Apa Itu Customer Service? Ini Penjelasan, Tugas dan 6 Tips Menjadi CS yang Baik!

apa itu customer service

Sobat MEA pasti sudah nggak asing dengan sebutan customer service atau yang sering disebut dengan CS. Tapi, Sobat MEA udah tahu belum sih lebih jelasnya tentang apa itu customer service? Terus, seberapa besar sih pengaruh customer service terhadap sebuah perkembangan bisnis?

Terkadang, customer service ini dianggap sebagai pekerjaan sepele karena dianggap hanya bekerja untuk membalas pertanyaan atau komplain dari para customer. Padahal, ada banyak sekali tugas seorang customer service serta pentingnya pekerjaan ini dalam sebuah bisnis.

Lantas, apa itu customer service? Seberapa penting pekerjaa customer service, apa tugas customer service? Nah untuk menjawab pertanyaan di atas, yuk langsung aja kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Customer Service?

Ngobrolin bisnis sama Coach profesional secara langsung

Dengan gabung komunitas di sini sekarang juga!

Customer service merupakan salah satu layanan yang difasilitasi oleh sebuah perusahaan untuk customer atau pelanggan sebelum atau sesudah membeli produk atau jasa. Tujuan adanya customer service adalah memberikan pelayanan kepada pelanggan agar lebih nyaman selama proses transaksi dan memberikan pengalaman terbaik saat menggunakan suatu produk.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa customer service memiliki peran penting bagi perusahaan karena merupakan jembatan antara produsen dan konsumen. Customer service sendiri menjadi representasi suatu perusahaan karena mereka yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Hari ini, bentuk customer service semakin beragam. Jika dulu customer service hanya berhubungan dengan pelanggan melalui panggilan telepon, saat ini customer service dapat berupa layanan chat langsung melalui website perusahaan, media sosial, email sampai pesan singkat (SMS).

8 Tugas Utama Customer Service

Mau punya cs yang jago closingan?

Yuk belajar di Kelas CS MEA dan turunkan ilmunya!

Setelah mengetahui apa itu customer service, Sobat MEA juga harus mengetahui tentang tugas serta job description dari CS itu sendiri. Sebenarnya, tugas CS sendiri bisa berbeda tergantung dari perusahaanya. Namun secara umum, berikut adalah beberapa tugas utama dari CS:

  1. Merekrut pelanggan potensial dengan merekomendasikan barang atau jasa sesuai kebutuhan pelanggan
  2. Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Membantu pelanggan membuat akun dan menyimpan informasi akun secara tertulis maupun digital.
  4. Mendengarkan keluhan pelanggan untuk mengidentifikasi masalah.
  5. Memberikan tanggapan yang tepat akan masalah yang dihadapi oleh pelanggan.
  6. Menyampaikan masalah ke pihak manajemen jika membutuhkan penyelesaian lebih lanjut.
  7. Memperbarui dan mengelola informasi akun keuangan secara rutin dengan software tertentu.
  8. Mengantisipasi kebutuhan pelanggan untuk menawarkan pelayanan tambahan, pemesanan ulang, atau solusi lainnya.

4 Alasan Pentingnya Customer Service Bagi Perusahaan

Bikin produk semakin bersaing

Dengan pakai jasa digital marketing MEA

Setelah mengetahui apa itu customer service serta tugas dan job descriptionnya, Sobat MEA juga harus mengetahui alasan kenapa customer service ini penting bagi sebuah perusahaan. Oke daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Customer Service Sebagai Brand Image

Brand image nggak hanya digambarkan melalui kemasan produk dan konten sosial media. Brand image juga bisa tergambar melalui customer service yang berinteraksi secara langsung dengan pelanggan.

Karenanya, seorang customer service wajib untuk mengetahui serta memahami produk dengan baik. Seorang CS juga harus memiliki cara dan pola komunikasi yang jelas dan baik agar mampu menawarkan produk maupun jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Selain itu juga, dengan adanya customer service, perusahaan mengetahui apa saja sih hal yang dibutuhkan dan diingkan oleh para pelanggan secara keseluruhan.

2. Membuat Customer Senang

Sobat MEA tahu nggak kalau Tim CS yang bahagia mampu membuat customer senang? Kalau customer senang dan puas, maka perusahaan akan mendapatkan pelanggan tetap. Untuk itu, Sobat MEA harus mampu menciptakan suasana kerja yang menyenangkan agar tim customer service dapat menjaga kepercayaan customer juga.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan pelatihan customer service profesional kepada tim customer service agar mereka mendapatkan pengetahuan dan dapat bekerja dengan baik serta optimal.

3. Mendapatkan Pelanggan Tetap

Memiliki pelanggan tetap adalah salah satu hal yang diinginkan oleh setiap perusahaan. Untuk menjaga agar pelanggan nggak lari ke produk atau pelayanan dari perusahaan lain, Sobat MEA bisa mulai memperkuat tim CS. Pelanggan nggak akan lari ke perusahaan kompetitor jika mereka mendapatkan pelayanan yang baik dari tim CS.

4. Masukan Untuk Perusahaan

Karena tim customer service adalah pihak yang berhubungan langsung dengan konsumen, maka para customer service juga yang mengetahui apa yang paling dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan.

Dengan begitu, tim CS mampu memberikan masukan dan saran ke perusahaan untuk mengembangkan produk atau layanan yang sesuai perkembangan kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, produk atau jasa yang Sobat MEA tawarkan bisa sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan pelanggan.

6 Tips Menjadi Customer Service Terbaik

apa itu customer service

Sudah memahami tentang apa itu customer service, tugas customer service, hingga pentingnya posisi customer service untuk perusahaan, sekarang saatnya Sobat MEA mengetahui apa saja sih tips menjadi customer service yang baik agar mampu memuaskan konsumen.

Perlu Sobat MEA catat, customer service bukanlah pekerjaan individu, namun pekerjaan dalam tim. Karena itu, salah satu hal yang penting dengan bekerja dalam tim adalah kemampuan untuk membagi tugas dan lingkungan kerja yang positif.

Sebab, semakin besar suatu perusahaan akan semakin banyak pula komplain yang datang. Untuk itu, bekerja dalam lingkungan yang sehat menjadi salah satu syarat utama agar tim customer service nggak stress dan tetap bisa bekerja dengan baik. Selain hal yang sudah dibahas di atas berikut ini ada 6 tips yang bisa Sobat MEA terapkan untuk menjadi customer service yang baik. Yuk simak!

  1. Mampu bekerja sama dalam tim.
  2. Mau mendengarkan dan saling berbagi.
  3. Ramah dan saling mendukung untuk menciptakan empati.
  4. Jujur terhadap pelanggan dan rekan setim.
  5. Mendalami produk dan pelayanan yang ditawarkan agar dapat mempromosikan dan menjawab pertanyaan dengan baik.
  6. Tepat waktu dan efisien, sehingga nggak membuang-buang waktu pelanggan karena terlalu menjelaskan.

Nah itulah penjelasan lengkap mulai dari apa itu customer service sampai tips untuk menjadi customer service terbaik versi MEA. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang ingin belajar menjadi seorang CS yang baik ya!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.