Apa Itu Customer Service? Ini Penjelasan, Tugas dan 6 Tips Menjadi CS yang Baik!

apa itu customer service

Sobat MEA pasti sudah nggak asing dengan sebutan customer service atau yang sering disebut dengan CS. Tapi, Sobat MEA udah tahu belum sih lebih jelasnya tentang apa itu customer service dan apa tugas seorang customer service? Terus, seberapa besar sih pengaruh customer service terhadap sebuah perkembangan bisnis?

Terkadang, pekerjaan customer service ini dianggap sebagai hal sepele karena dianggap hanya bekerja untuk membalas pertanyaan atau komplain dari para customer. Padahal, ada banyak sekali tugas dan tanggung jawab customer service serta pentingnya pekerjaan ini dalam sebuah bisnis.

Lantas, apa itu customer service? Seberapa penting pekerjaan customer service, dan apa tugasnya? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk langsung aja kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Customer Service?

Jadi CS yang Handal, Perlu Strategi yang Maksimal

Yuk kupas tuntas strategi ala seller, CS, hingga mentor berpengalaman di komunitas bisnis online MEA!

Customer service adalah salah satu layanan yang difasilitasi oleh sebuah perusahaan untuk customer atau pelanggan sebelum atau sesudah membeli produk atau jasa. Tujuan adanya customer service adalah melayani pelanggan dengan baik agar lebih nyaman selama proses transaksi dan memberikan pengalaman terbaik saat menggunakan suatu produk.

Dari penjelasan customer service di atas, dapat disimpulkan bahwa customer service memiliki peran penting bagi perusahaan karena merupakan jembatan antara produsen dan konsumen. Customer service sendiri menjadi representasi suatu perusahaan karena mereka yang berhubungan langsung dengan konsumen.

8 Tugas Utama Customer Service

apa itu customer service

Setelah mengetahui apa itu customer service, Sobat MEA juga harus mengetahui tentang tugas seorang customer service itu sendiri. Sebenarnya, pekerjaan customer service bisa berbeda-beda tergantung setiap perusahaannya. Namun secara umum, CS bertanggungjawab untuk hal-hal berikut ini:

  1. Merekrut pelanggan potensial dengan merekomendasikan barang atau jasa sesuai kebutuhan pelanggan.
  2. Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Membantu pelanggan membuat akun dan menyimpan informasi akun secara tertulis maupun digital.
  4. Mendengarkan keluhan pelanggan untuk mengidentifikasi masalah.
  5. Memberikan informasi serta tanggapan yang tepat untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh pelanggan.
  6. Menyampaikan masalah ke pihak manajemen jika membutuhkan penyelesaian lebih lanjut.
  7. Memperbarui dan mengelola informasi akun keuangan secara rutin dengan software tertentu.
  8. Mengantisipasi kebutuhan pelanggan untuk memberikan solusi, memberikan pelayanan tambahan, pemesanan ulang, dan lain-lain. 

4 Alasan Pentingnya Customer Service Bagi Perusahaan

Setelah mengetahui apa itu customer service serta tugasnya, Sobat MEA juga harus mengetahui alasan kenapa seorang customer service ini penting bagi sebuah perusahaan. Oke daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini

1. Customer Service Sebagai Brand Image

Brand image nggak hanya digambarkan melalui kemasan produk dan konten sosial media. Brand image juga bisa digambarkan melalui customer service yang berinteraksi secara langsung dengan pelanggan.

Karenanya, seorang customer service perlu memiliki pengetahuan mengenai perusahaan dan produk dengan baik. Seorang CS juga harus memiliki cara dan pola komunikasi yang jelas dan baik agar mampu memberikan informasi dan menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

Selain itu, dengan adanya customer service, perusahaan jadi bisa mengetahui apa saja sih hal yang dibutuhkan dan diinginkan oleh para pelanggan secara keseluruhan.

2. Membuat Customer Senang

Sobat MEA tahu nggak kalau Tim CS yang bahagia mampu membuat customer senang? Kalau customer senang dan puas, maka perusahaan akan mendapatkan pelanggan tetap. Untuk itu, Sobat MEA harus mampu menciptakan suasana kerja yang menyenangkan agar tim customer service dapat memberikan kepuasan pelanggan serta menjaga kepercayaan. 

Salah satu caranya adalah dengan memberikan pelatihan customer service profesional kepada tim customer service agar mereka mendapatkan pengetahuan dan dapat bekerja dengan baik serta optimal. Dengan begitu, para customer service juga akan lebih handal dan menyukai pekerjaan mereka.

3. Mendapatkan Pelanggan Tetap

Memiliki pelanggan tetap adalah salah satu hal yang diinginkan oleh setiap perusahaan. Untuk menjaga agar pelanggan nggak lari ke produk atau pelayanan ke perusahaan lain, Sobat MEA bisa mulai memperkuat tim CS. Pelanggan nggak akan lari ke perusahaan kompetitor jika mereka mendapatkan pelayanan yang baik dari tim CS yang mumpuni pula.

4. Masukan Untuk Perusahaan

Karena tim customer service adalah pihak yang berhubungan langsung dengan konsumen, maka para customer service juga yang mengetahui apa yang paling dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan.

Dengan begitu, salah satu pekerjaan customer service adalah memberikan masukan dan saran ke perusahaan untuk mengembangkan produk atau layanan yang sesuai kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, produk yang Sobat MEA tawarkan bisa sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan pelanggan.

6 Tips Menjadi Customer Service Terbaik

apa itu customer service

Sudah memahami tentang apa itu customer service, tugas seorang customer service, hingga pentingnya posisi customer service untuk perusahaan, sekarang saatnya Sobat MEA mengetahui apa saja sih tips menjadi customer service yang baik agar mampu memuaskan konsumen.

Perlu Sobat MEA catat, customer service bukanlah pekerjaan individu, namun pekerjaan dalam tim. Karena itu, salah satu hal yang penting dengan bekerja dalam tim adalah kemampuan untuk membagi tugas dan lingkungan kerja yang positif.

Sebab, semakin besar suatu perusahaan akan semakin banyak pula komplain yang datang. Untuk itu, bekerja dalam lingkungan yang sehat menjadi salah satu syarat utama agar pekerjaan customer service nggak membuat stress dan tetap bisa bekerja dengan baik. Selain hal yang sudah dibahas di atas, berikut ini ada 6 tips yang bisa Sobat MEA terapkan untuk menjadi customer service yang baik. Yuk simak!

  1. Mampu bekerja sama dalam tim.
  2. Mau mendengarkan dan saling berbagi.
  3. Ramah dan saling mendukung untuk menciptakan empati.
  4. Jujur terhadap pelanggan dan rekan setim.
  5. Mendalami produk dan pelayanan yang ditawarkan agar dapat mempromosikan dan menjawab pertanyaan dengan baik.
  6. Tepat waktu dan efisien, sehingga nggak membuang-buang waktu pelanggan karena terlalu menjelaskan.

Nah itulah penjelasan lengkap mulai dari apa itu customer service sampai tips untuk menjadi customer service terbaik versi MEA. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang ingin belajar menjadi seorang CS yang baik dan membuat pekerjaan customer service menjadi lebih mudah dan menyenangkan, ya!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.