Ingin Makin Eksis di TikTok? Ini 10 Tips Optimasi Akun TikTok, Auto Nge-Top!

tips optimasi akun tiktok

TikTok adalah platform yang sangat populer untuk berbagi konten pendek dan menarik. Inilah yang membuat banyaknya pengguna aktif di TikTok. Untuk itu penting bagi Sobat MEA untuk mengoptimalkan akun TikTok agar mudah ditemukan dan menjadi salah satu kreator yang menonjol di antara kreator lainnya. Itulah mengapa Sobat MEA perlu mengetahui tips optimasi akun TikTok agar bisa FYP dan mendapatkan banyak views serta pengikut baru.

Ingin Belajar Jualan di TikTok GRATIS?

Yuk, gabung komunitas seller TikTok MEA! Dapatkan segudang strategi, tips n trik, hingga bimbingan khusus GRATIS!!!

Untuk membuat sebuah akun menjadi besar dan dikenali oleh pengguna lainnya memanglah tidak mudah. Tak terkecuali akun TikTok. Mengingat penggunanya juga semakin banuak setiap harinya, maka tidak mengherankan jika persaingannya pun semakin ketat. Tapi Sobat MEA tidak perlu khawatir, sulit bukan berarti tidak bisa. Masih ada kok kiat untuk memaksimalkannya view TikTok dan cara banyak like di TikTok.

Dalam artikel ini, MiMe akan membagikan tips optimasi akun TikTok agar dapat menghasilkan konten yang menarik perhatian audiens dan meningkatkan jumlah pengikut. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah! 

Tips Optimasi Akun TikTok secara Efektif

Menurut Foundr, hampir setengah dari seluruh pengguna TikTok berusia di bawah 30 tahun, dan 25% berada di bawah usia 20 tahun. Sedangkan pengguna berusia 50 tahun ke atas hanya 11% dari keseluruhannya.

Hal ini menunjukkan bahwa TikTok digunakan oleh semua kalangan dan didominasi remaja. Maka tidak heran jika TikTok menjadi media yang sangat efektif untuk meningkatkan personal branding bahkan penjualan dalam bisnis online. Oleh karena itu, kami akan membagikan 6 tips optimasi akun TikTok yang bisa Sobat MEA coba:

1. Pahami Algoritma TikTok

Menurut Kominfo, Algoritma TikTok adalah sistem kompleks yang dirancang untuk menyajikan konten berdasarkan ketertarikan pengguna. Itulah mengapa setiap pengguna memiliki FYP yang berbeda. Dengan kata lain, FYP sangatlah personal bagi setiap pengguna.

Sebenarnya tidak ada yang tahu bagaimana algoritma TikTok bekerja. Tapi jika Sobat MEA perhatikan, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti user interaction (interaksi pengguna), informasi video, pengaturan akun, perangkat yang digunakan, dan sebagainya. 

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai algoritma TikTok, Sobat MEA bisa lihat di sini. Hal ini penting untuk dipelajari sebagai salah satu langkah awal untuk membuat view TikTok lebih optimal dan bisa menghasilkan uang.

Jasa TikTok Ads Profesional

Yuk jadikan akun dan videomu teroptimasi dengan mudah lewat iklan yang cuan bareng tim TikTok Ads MEA! dijamin anti boncos~

2. Sesuaikan Konten dengan Tren yang Berlangsung

Jika sudah menemukan tema konten TikTok yang tepat, tips optimasi akun TikTok berikutnya adalah mengembangkan ide konten sebagai sarana marketing di TikTok. Sebenarnya ide konten ini tidak jauh dari pemberian informasi seputar produk, cara pemakaian, hingga hashtag dan challenge. Tapi pastikan selalu pantau tren yang sedang ramai di TikTok dan update dengan perubahan untuk mendapatkan inspirasi konten yang segar dan baru. 

Jika perlu, Sobat MEA bisa membuat tren baru yang unik dan hanya digunakan oleh bisnis sendiri. Konten ini bisa berupa video challenge atau video tutorial yang lucu dan menghibur. Dengan begitu ketika video yang dibuat masuk FYP orang lain, banyak orang yang melirik konten Sobat MEA dan mulai tertarik untuk mengikuti serta mencoba produk yang Sobat MEA tawarkan.

3. Buatlah Video yang Berkualitas

Kualitas video yang baik akan meningkatkan kesan yang diberikan. Pakai kamera dengan resolusi tinggi dan pastikan cahaya yang memadai saat pembuatan video TikTok. Hal ini merupakan salah satu cara banyak like di TikTok yang bekerja secara efektif.

Mengingat persaingan yang ketat, tampilkan konten yang berbeda. Misalnya, Sobat MEA menjual produk kosmetik, cobalah membuat konten video yang mempromosikan produk dengan unik seperti memberikan tips kecantikan, beauty dance, hingga challenge yang menarik.

Agar hasil video lebih maksimal, Sobat MEA juga bisa memanfaatkan fitur efek dan filter dari TikTok yang akan membuat konten terlihat lebih menarik dan menjadi trending #1 di TikTok.

Pastikan juga Sobat MEA membuat video yang menghibur audiens meskipun berdurasi singkat. Jangan lupa gunakan kata kunci yang ringkas dan relevan agar konten Sobat MEA mudah ditemukan di kolom pencarian.

4. Gunakan Hashtags yang Relevan

Penggunaan hashtags yang tepat dapat membantu menjangkau audiens yang lebih luas di TikTok. Gunakan hashtag yang relevan dengan konten agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang tertarik pada topik yang serupa. Selain itu, pilih hashtag populer dan trending agar konten Sobat MEA dapat muncul di FYP lebih banyak pengguna

Hindari penggunaan hashtag yang terlalu banyak dan terlalu umum atau banyak digunakan. Karena hal ini akan membuat konten Sobat MEA bisa kalah saing dengan konten trending lainnya. Jadi sebaiknya, gunakan hashtag yang spesifik yang menonjolkan brand bisnis, ya.

Tips optimasi akun TikTok berikutnya adalah Sobat MEA bisa mengikuti hashtag challenge di TikTok seperti dance, tutorial, atau melakukan aktivitas tertentu untuk mempromosikan produk yang dijual. Sesuaikan video dengan beberapa hal seperti tema, jenis produk, dan ide challenge agar masuk ke dalam trending TikTok dan tidak bercampur dengan konten trending lainnya.

5. Interaksi dengan Pengguna Lain

Sebagai kreator di TikTok, Sobat MEA tidak hanya mengunggah konten saja. Namun  berinteraksi dengan pengguna lain juga merupakan salah satu cara banyak like di TikTok. Tonton dan komentarilah video-video pengguna untuk meningkatkan engagement akun. 

Sobat MEA juga perlu rajin berinteraksi dengan pengguna lain atau di video orang lain. Hal ini bertujuan untuk membantu Sobat MEA membangun jaringan dan memberi peluang yang tinggi agar orang lain melihat dan mengikuti akun Sobat MEA. Cara ini bisa meningkatkan view TikTok dan menjadi salah satu cara FYP di TikTok dengan cepat.

Jangan lupa juga untuk meninggalkan komentar pada video audiens yang membahas produk Sobat MEA secara spesifik atau produk yang sejenis. Hal ini sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis Sobat MEA. Namun jangan sampai Sobat MEA terlalu banyak meninggalkan komentar dan berakhir menjadi spam, ya.

6. Kolaborasi dengan Influencer

Tips optimasi akun TikTok berikutnya adalah berkolaborasi dengan influencer yang dapat memberikan manfaat ganda bagi kedua belah pihak. Carilah influencer yang memiliki minat yang serupa atau pengikut yang banyak, lalu Sobat MEA bisa mengajak mereka untuk melakukan kolaborasi. 

Dengan saling mempromosikan satu sama lain, Sobat MEA dapat memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan eksposur akun. Dengan begitu, cara FYP di TikTok dengan cepat akan lebih mudah untuk dilakukan.

Perlu diingat bahwa Sobat Mea tidak boleh memilih influencer denagn sembarangan. Sobat MEA perlu memeriksa pengikut yang dimiliki oleh influencer tersebut, apakah produk Sobat MEA akan cocok dengan kebutuhan mereka atau tidak. Jika iya, Sobat MEA akan lebih mudah untuk mendapatkan konsumen baru. Namun jika pengikut influencer tersebut sebagian besar tertarik pada hal lain, maka Sobat MEA bisa mencari influencer lainnya yang lebih cocok dengan branding produk.

Ketika bekerjasama dengan influencer, Sobat MEA dapat bisa mereka untuk memberikan ulasan produk Sobat MEA sesuai dengan gaya mereka sendiri. Apalagi jika influencer tersebut diminta untuk menggunakan produk, maka produk Sobat MEA akan lebih meyakinkan di mata calon pelanggan karena isi kontennya tidak terlihat dipaksakan atau dibuat-buat.

Yap, kira-kira itulah 6 tips optimasi akun TikTok secara efektif. Hal ini merupakan langkah penting untuk membuat konten yang menarik, meningkatkan view TikTok, dan menjadi salah satu cara banyak like di TikTok. Tidak hanya itu, beberapa tips di atas juga sangat efektif untuk menjadi cara FYP di TikTok dengan cepat yang merupakan salah satu hal yang paling diinginkan oleh pebisnis online. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Sobat MEA pun dapat meningkatkan visibilitas dan daya tarik akun TikTok . Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.