Apa Itu Live Shopping Ads TikTok? Cara Membuat Iklan Belanja Langsung di TikTok Untuk Jualan Lebih Cuan

pilar TikTok selling

Jika sebelumnya kita sudah membahas Video Shopping Ads TikTok yang semakin mampu memaksimalkan promosi, kini TikTok pun menghadirkan layanan Live Shopping Ads TikTok yang bertujuan sama, membuat promosi lewat iklan yang lebih maksimal.

STOP!! Ada Strategi Hebat yang Bikin Omzet Melesat Nih..

Bingung jualan di TikTok dari mana? Harus beriklan dari mana? Yuk bongkar dulu strategi sukses jualan di TikTok hanya di kelas ini!

Apa lagi ini? Mungkin ini yang menjadi pertanyaan saat ini. Yup, Live Shopping Ads TikTok memang belum familiar di Indonesia, sehingga wajar apabila Sobat MEA pun bertanya-tanya saat menggunakan TikTok.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, MiMe bermaksud untuk menjelaskan secara lengkap mengenai layanan iklan terbaru yang ada di TikTok satu ini, layanan iklan yang patut Sobat MEA coba di kemudian hari. 

Apa Itu Live Shopping Ads

Sebagai TikTok users aktif, Sobat MEA tentu telah familiar dengan fitur Live Stream TikTok dan sering menemukan live jualan atau sekadar hiburan belaka. Tapi apa jadinya jika live tersebut ada pada iklan?

Nah inilah yang TikTok maksud dalam menciptakan Live Shopping Ads. TikTok ingin memberikan pengalaman beriklan dan belanja yang berbeda dan lebih menyenangkan.

Live Shopping Ads TikTok memungkinkan seller mengiklankan produk berupa live stream yang berlangsung. Adapun manfaatnya yaitu meningkatkan traffic, menemukan audiens yang tepat, serta mengoptimalkan aset (TikTok Shop dan Livestream).

Sederhananya, ketika seller melakukan live streaming dan menautkan produknya, Live Streaming tersebut bisa seller iklankan dan audiens bisa langsung membeli produk di iklan tersebut secara real time.

Ingin Pandai Live Hingga Menghasilkan Omzet Ratusan Juta?

Yuk pelajari ilmunya sekaligus bongkar semua rahasia suksesnya di kelas kreator MEA ini!

Sebenarnya belanja secara langsung di Live Streaming sudah lebih dulu menjadi budaya belanja di beberapa negara, salah satunya China. Diperkirakan lebih dari 320 orang melakukan setidaknya satu pembelian di tahun ini. 

Adapun fokus layanan ini yaitu selain untuk meningkatkan penjualan, juga meningkatkan engagement akun TikTok itu sendiri karena adanya interaksi dalam Live Streaming yang berlangsung. 

Lantas bagaimana cara membuat Live Shopping Ads di TikTok hingga berhasil tingkatkan penjualan? Simak kelanjutan penjelasannya di bawah ini!

Cara Membuat Live Shopping Ads

Perlu Sobat MEA ketahui, sebelum membuat Live Shopping Ads, tentu saja Sobat MEA harus mengaktifkan fitur TikTok Shops terlebih dahulu. Karena nantinya Sobat MEA akan menautkan produk dalam iklan live streaming. 

Selain itu, Sobat MEA juga harus memiliki akun TikTok untuk bisnis dengan mendaftar melalui TikTok Business Center dan TikTok Ads Manager terlebih dahulu. Jika belum memilikinya, maka silakan daftar di sini

Jasa Iklan Profesional Untuk Hasil Maksimal

Ngiklan di TikTok berasa repot? Konsultasikan pada tim profesional MEA aja. Pasang iklan tanpa repot, hasil pasti tanpa mentok!

Kemudian Sobat MEA baru bisa membuat Live Shopping Ads di TikTok melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Log in ke Tiktok Seller Center di sini, lalu pilih tab Iklan.
  2. Klik Mulai Penyiapan.
  3. Hubungkan TikTok Business Center, TikTok Ads Manager dengan Akun TikTok, isi informasi yang diperlukan, klik Hubungkan.
  4.  Lalu Sobat MEA akan otomatis beralih ke halaman Tiktok Ads Manager, Pilih Objective Shop Purchase, klik Continue
  5. Masukkan nama campaign dan atur budget iklan per hari yang Sobat MEA inginkan. Klik Continue.
  6. Kemudian, masukkan nama Ad group. Pilih Toko. Lalu pilih Ad type Live Shopping
  7.  Setelah itu, atur placement, baik itu comment atau video download (audiens bisa download video atau tidak).
  8. Atur targetting mulai dari Target Audience, Demographics, Interests & Behaviors, dan Device.
  9. Lalu atur budget dan schedule (jadwal tayang iklan), klik Next.
  10. Silakan atur juga tujuan optimasi (Optimization goal), juga Strategi Bidding.
  11. Masukkan nama Ads, pilih tipe produk: Single product atau Multi product, lalu di Products + Add, pilih produknya.
  12.  Pilih video Tiktok yang ingin diiklankan, pilih CTA (Call to Action), lalu klik Submit.
  13.  Selesai! Iklan akan direview terlebih dahulu sebelum tayang.

Sekian penjelasan mengenai Live Shopping Ads TikTok mulai dari pengertian hingga cara membuatnya. Jangan lupa untuk tetapkan strategi terlebih dahulu ya, baik untuk live, gambar produk, maupun cara berinterasi dalam live-nya. Semoga sukses!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.