Mau Tau Cara Daftar TikTok Shop? Gampang Banget Kok!

Cara daftar tiktok shop – Bukan hal baru kalau semua orang bisa main TikTok. Tidak sedikit konten kreator yang kita lihat di TikTok berasal dari berbagai macam usia, daerah, hingga latar belakang profesi yang beraneka ragamnya. Dan dengan semakin banyaknya pengguna, maka semakin berkembang juga nih aplikasinya.

Tidak hanya untuk lucu-lucuan atau bikin konten edukatif saja, sekarang TikTok bisa banget sobat MEA gunakan sebagai salah satu sarana untuk berjualan. Tidak sedikit pebisnis online yang berjualan di TikTok dengan membuat konten jualan. Isi kontennya juga macam-macam, mulai dari unboxing, langsung menggunakan produknya, hingga konten soft selling yang penuh cerita.

Membuat konten untuk berjualan membutuhkan kreativitas yang tinggi. Selain itu juga memerlukan riset untuk niche market dan hashtag kalau mau jualan kamu mudah ditemukan oleh target market. Dan tentunya, sobat MEA harus siap-siap bersaing dengan penjual lain sekaligus konten kreator yang terima endorse.

Untungnya, sekarang TikTok ada tempat khusus untuk berjualan nih. Namanya adalah TikTok Shop. Untuk sobat MEA yang masih asing dengan TikTok Shop, kami jelaskan sedikit ya. Jadi, TikTok Shop adalah halaman khusus yang bisa sobat MEA gunakan untuk berjualan, mulai dari upload produk hingga proses pembayaran konsumen. Konsepnya mirip sekali dengan marketplace, jadi kalau sobat MEA sudah berjualan di marketplace, nggak bakal kebingungan lagi.

 

cara jadi influencer tiktok

Cara Daftar TikTok Shop

Cara daftar TikTok Shop tidak membutuhkan banyak tahapan dan persyaratan kok. Sobat MEA hanya perlu terhubung dengan internet dan menyiapkan kartu identitas, yaitu KTP untuk melakukan verifikasi akun. Sobat MEA tidak perlu takut soal data yang tidak aman karena mengunggah foto KTP, karena jika sobat MEA berjualan di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia pun pasti akan diminta untuk melakukan verifikasi KTP. jadi, sobat MEA tidak perlu takut ya.

Tanpa berlama-lama lagi, langsung kami bahas cara daftar di TikTok Shop di bawah ini:

  • Cari TikTok Shop Seller Center di alat pencarian sobat MEA atau cukup klik https://seller-id.tiktok.com/account/welcome
  • Jika sobat MEA sudah memiliki akun TikTok, klik Use your TikTok account to register a TikTok Shop. Namun jika sobat MEA belum memiliki akun TikTok, sobat MEA harus membuat akunnya dulu ya. Sobat MEA bisa mengklik tombol bertuliskan Create a new TikTok account kemudian kembali lagi ke halaman TikTok Shop Seller Center untuk mendaftar.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan untuk login. Sobat MEA hanya perlu mengisikan nomor telepon atau alamat email yang sobat MEA gunakan di akun Tiktok sobat MEA.

  • Sobat MEA bisa login dengan mengklik Send code yang akan dikirimkan ke nomor telepon atau email. Atau sobat MEA juga bisa login dengan menggunakan password dengan mengklik Log in with password.

  • Kemudian, klik Log in

Verifikasi Informasi Kontak

Setelah itu, akan muncul halaman baru yaitu Verify Contact Information dimana sobat MEA hanya perlu memasukkan alamat email. Kemudian klik Send code dan sobat MEA akan mendapatkan kode verifikasi melalui email. Copy verifikasi kode dan masukkan ke halaman Verifikasi Informasi Kontak. Setelah itu klik Next.

Mau Jualan di Tiktok Shop ?
Yuk belajar cara jualan di tiktok shop yang skrg lagi ramai, dan yang pasti bakal buat kamu semakin untung terus dalam jualan

Sudah Jadi Deh!

Iya, segitu aja cara daftar TikTok Shop. Gampang banget, kan?

Loh, terus KTP-nya buat apa? Tenang, akan kami bahas juga, kok.

Setelah mengklik button Next tadi, sobat MEA akan masuk ke halaman TikTok Shop dimana sobat MEA harus mengisikan beberapa informasi terkait akun bisnis TikTok milik sobat MEA. Informasi ini diantaranya adalah alamat rumah atau alamat lokasi pengiriman agar sistem dari TikTok Shop bisa menentukan titik penjemputan dan proses pengiriman yang dilakukan oleh akun sobat MEA.

Kemudian, sobat MEA juga diminta untuk menuliskan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk proses pemesanan dan pengiriman. Klik juga Set as return address agar konsumen bisa mengirimkan kembali produk ke sobat MEA apabila ada kerusakan atau kesalahan pesanan. Setelah itu, klik juga checkbox di bawahnya yang bertuliskan bahwa sobat MEA sudah memahami dan akan mengikuti ketentuan dari TikTok Shop. Kemudian klik Start Your Business.

Kemudian akan terlihat tampilan TikTok Shop sobat MEA seperti tampilan marketplace gitu deh! Nah dalam tahapan ini, sobat MEA belum bisa mengunggah foto produk karena harus melakukan verifikasi KTP terlebih dahulu. Berikut caranya:

  • Klik Verify Documents di halaman Homepage
  • Kemudian sobat MEA akan dibawa ke halaman Upload Produk
  • Pilih Tipe Bisnis sobat MEA, apakah korporasi atau bisnis pribadi. Masukkan Nama Toko sobat MEA
  • Kemudian di bagian Verify Personal Information, sobat MEA bisa memilih akan menggunakan paspor atau KTP
  • Klik Add File, kemudian unggah foto KTP sobat MEA, lalu klik Submit
  • Selesai!

Sudah daftar TikTok Shop, dan akun sudah jadi, saatnya menunggu karena sistem TikTok Shop membutuhkan waktu kurang lebih 1×24 jam untuk memproses informasi bisnis sobat MEA. Jadi, sobat MEA harus menunggu sehari sebelum bisa mengunggah foto produk.

Ikuti terus artikel dari kami seputar cara jualan di TikTok dan tips soal bisnis digital marketing lainnya! Atau mau gabung ke kelas kami aja biar bisa konsultasi langsung? Boleh banget!

You May Also Like

About the Author: Febram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *