Daftar 11 Produk yang Tidak Boleh Dijual dan Diblokir TikTok Shop

by admin
produk yang diblokir tiktok shop

Hari ini, TikTok Shop menjadi salah satu marketplace primadona masyarakat Indonesia. Karena itu, berjualan lewat TikTok Shop menjadi sebuah peluang besar. Kendati demikian, ternyata ada beberapa produk yang diblokir TikTok Shop.

Yup, sama seperti marketpalce lainnya, TikTok Shop memiliki peraturan yang ketat terkait produk mana yang boleh dan nggak boleh dijual lewat platform mereka. Apa alasannya?

Table of Contents

Mengenal Peraturan dan Kebijakan TikTok

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Setiap peraturan tentu memiliki tujuan tertentu. Termasuk peraturan di TikTok Shop. Sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia, TikTok berkomitmen besar untuk melindungi data diri, keamanan dan privasi para pengguna yang ingin berbelanja lewat aplikasi TikTok.

Produk yang dilarang untuk diperjualbelikan di TikTok Shop dianggap berbahaya, melanggar hukum, menjijikan, bahkan berpotensi merugikan pelanggan. Itulah mengapa pihak TikTok menindak tegas pengguna yang melanggar pedoman produk terlarang di TikTok Shop Seller University. 

Produk yang diblokir TikTok Shop juga dikhawatirkan dapat membawa atau memberikan dampak negatif bagi penjual, pembeli maupun pihak jasa kirim. Sehingga hal ini sudah sepatutnya diperhatikan oleh para pengguna yang ingin berjualan.

Daftar Produk yang Diblokir TikTok Shop

Oke sekarang kita akan masuk pada barang barang yang tidak boleh dijual di TikTok Shop. Setidaknya ada 11 jenis produk terlarang. Apa saja? Nah untuk lebih lengkapnya, yuk langsung aja simak penjelasannya. Check this out~

1. Produk Penurun Berat Badan

Pertama, semua jenis produk penurun berat badan dan suplemen pembentuk badan. Seller yang memaksa jualan produk ini biasanya akan terkena pelanggaran bahkan bisa terkena banned.

2. Obat Resep

Selanjutnya, ada obat yang memerlukan resep dokter dan obat obatan yang tidak dijual bebas di pasaran. Tentu saja produk ini berpotensi besar disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

3. Alat Kesehatan

setiap instrumen, peranti, perangkat lunak atau bahan atau barang lain yang dimaksudkan untuk tujuan diagnostik atau terapeutik tentunya sangat dilarang oleh TikTok. 

Singkatnya, semua jenis produk kesehatan baik berbentuk fisik maupun digital nggak boleh Sobat MEA jual sembarangan. Akan lebih baik jika Sobat MEA hindari produk ini dijual di TikTok Shop.

4. Produk Bekas

Pakaian dalam bekas, baju bekas, hingga produk kecantikan dan perawatan pribadi tangan kedua, nggak boleh Sobat MEA jual. Singkatnya, thrift shop belum bisa masuk secara terang-terangan di platform TikTok Shop. Pastikan menjual produk baru saja, ya!

5. Produk Seks Atau Produk Dewasa

6. Alkohol, Tembakau, Rokok Elektrik dan Produk Terkait

produk yang dilarang tiktok shop

Selanjutnya ada alkohol tembakau, rokok elektrik dan narkotika juga TikTok larang. Intinya semua produk apapun yang mengandung tembakau bahkan shisa, pila dan kertas linting juga nggak boleh Sobat MEA jual.

7. Otomotif dan Suku Cadang Otomotif

Otomotif juga termasuk produk terlarang TikTok. Nggak terbatas pada mobil saja, sepeda motor, suku cadang atau komponen kendaraan otomotif seperti rem,mesin, ban velg, lampu mobil, bahan bakar, alat meteran, jok, hingga filter oli kendaraan. 

8. Produk Media

Lalu ada produk digital atau produk media seperti naskah drama, manuskrip, script video, majalah, rekaman suara, rekaman video, musik, musik cetak, dan juga video game termasuk produk yang terlarang di TikTok Shop.

9. Produk Virtual

Selain produk media, produk virtual juga punya kategorinya sendiri. Produk yang meliputi kategori ini seperti layanan, jaminan, langganan, unduhan digital buku, majalah, surat kabar, musik, video, atau produk lain seperti kartu isi ulang.

10. Produk Politik

TikTok Shop melarang segala bentuk produk politik pada platformnya. Yup, TikTok nggak mendukung hal-hal berkaitan dengan politik apapun dan di negara manapun.

11. Mystery Box

Terakhir ada Mystery box. Produk ini meliputi segala jenis Mystery Box, lotere dan lain sebagainya. TikTok melarang ini karena berpotesi untuk merugikan pembeli karena produk yang nggak jelas dan cenderung seperti perjudian.

You may also like

Leave a Comment