Cara Jualan di TikTok Shop Tanpa Followers dan Tips Promosi Sukses Banjir Orderan

cara jualan di tiktok shop tanpa followers

Banyak orang yang salah kaprah soal TikTok Shop. Banyak yang ngira kalau jualan di TikTok Shop itu perlu followers yang gede biar bisa laris manis. Padahal, TikTok punya tingkat organik reach paling tinggi di antara sosial media lainnya. Karena itu, ada loh cara jualan di TikTok Shop tanpa followers sama sekali.

MEA Digital Marketing ini ssudah banyak menghandle akun TikTok Shop milik client. Toko-toko ini punya target yang cukup tinggi. Misalnya banyak toko-toko yang mengincar momen-momen besar seperti hari raya, tahun baru dan lain sebagainya.

Cara Jualan di TikTok Shop Tanpa Followers

Bongkar mitos dan fakta jualan di TikTok Shop

Bedah semua materi dari 0 sampai bisa cuman di Kelas TikTok MEA!

Nggak sedikit MEA menghandle akun TikTok Shop baru. Dan faktanya, ada loh cara jualan di TikTok Shop tanpa followers dan bisa laris manis dalam jangka 2 minggu doang. Nah langkah pertama yang bisa Sobat MEA lakukan adalah mendaftar di TikTok Shop Seller Center. Berikut ini tutorial cara mengaktifkan TikTok Shop;

  1. Pertama buka halaman TikTok Shop Seller Center atau klik link ini
  2. Daftarkan akun jualan Sobat MEA dengan klik tombol Sign Up. Sobat MEA bisa mendaftar dan masuk akun TikTok dengan nomor telepon atau email
  3. Selanjutnya ikuti instruksi dan arahan yang ada pada halaman Seller Center
  4. Isi formulir yang berkaitan dengan bisnis atau toko yang Sobat MEA miliki
  5. Isi alamat dan kontak yang bisa Sobat MEA hubungi. Mulai dari alamat toko, telepon dan email yang masih aktif
  6. Tambahkan produk lalu isi informasi produk dan toko. Mulai dari nama, jenis barang, sampai keterangan atau deskripsi produk
  7. Isi registrasi bisnis untuk mendapatkan verifikasi TikTok
  8. Selanjutnya tunggu konfirmasi dari pihak TikTok Shop
  9. Selesai. Jika pihak TikTok sudah verifikasi soal rekening bank dan lain sebagainya maka Sobat MEA sudah mulai bisa menggunakan setiap fitur TikTok Shop untuk mulai berjualan.

Produk yang Matching

Mau punya tim yang ngurus toko TikTok Shop kamu?

Yuk kerja sama bareng tim manajemen sosial media MEA!

Kalau sudah mendaftar dan punya akun TikTok Shop, terus gimana sih caranya biar cepat laris? Nah sebelum bahas caranya, pertanyaan yang harus kita jawab adalah, apa sih yang bikin jualan nggak laku? Nah salah satu faktor utama adalah produk yang nggak matching sama permintaan pasar.

Gampangnya gini, bayangkan sebuah kota sudah 4 bulan punya cuaca yang panas. Apa yang orang-orang butuhkan? Salah satunya itu ice cream. Mereka yang jualan ice cream saat musim panas pasti laku keras. Tapi kalau lagi musim hujan, ice cream jadi kurang laku.

Nah hal ini yang kadang seller lewatkan. Jadi sebelum jualan, jawab dulu pertanyaan tentang matching atau nggaknya produk kamu di bawah ini

  • Apakah harga produknya udah cocok sama pasarnya atau belum
  • Apakah produknya udah orang kenali?
  • Sampai mana pengalaman konsumen pakai produk tersebut?
  • Apakah konsumen mau promosiin atau ngasih rating bagus? 

Nah kalau semua pertanyaan itu sudah terjawab, Sobat MEA untuk menambahkan promosi agar penjualan semakin menggila.

Memaksimalkan Jalur Promosi yang Ada

Berjualan secara online lewat marketplace maupun TikTok itu sebenarnya cukup sederhana. Sobat MEA hanya perlu mencari produk yang punya potensi menang di pasaran. Selanjutnya Sobat MEA tinggal promosikan produk-produk itu orang tepat sebanyak mungkin.

Di era digital seperti hari ini, ada banyak sekali medium promosi yang bisa Sobat MEA manfaatkan. Ada medium yang gratis maupun yang membutuhkan budget. Mau apapun medianya, inti dari promosi adalah harus tepat menyasar banyak orang dan efektif secara budget.

4 Promosi TikTok yang Bikin Produk Laris Dalam 2 Minggu

Kalau viral katanya harus optimasi FLKS

Sekarang kamu bisa optimasi FLKS secara otomatis loh!

Buat Sobat MEA yang masih berjualan dan belum melakukan promosi, nah berikut ini adalah beberapa promosi yang sering tim MEA gunakan dan bisa Sobat MEA contek. Apa aja? Dariapada penasaran, simak selengkapnya cara 4 cara promosi TikTok di bawah ini yuk!

Konten Marketing

Pertama kamu bisa bikin konten marketing. Meski sudah masuk sebagai marketplace, Aplikasi TikTok pada dasarnya merupakan tempat sebuah konten video dibagikan. Karena itu, membuat konten marketing adalah sebuah kewajiban.

Sedikit tips, Sobat MEA bisa membuat konten yang relevan dengan produk. Kunci membuat konten marketing yang sangat efektif adalah “Perlihatkan, jangan menjual”. Maksudnya buat konten yang soft selling agar penonton merasa tertarik.

Live Streaming

Selanjutnya ada live stream. Sekarang, live streaming jadi sebuah bentuk hiburan baru buat banyak orang. Nggak cuman cari hiburan, sekarang banyak orang yang masuk ke halaman live streaming untuk belanja. 

Nggak sedikit seller yang bisa dapat ribuan order hanya dengan 1x live streaming. Live streaming ini sebenarnya punya efek urgensi dan relevan yang menghipnotis agar penonton rebutan membeli produk dari toko Sobat MEA.

Affiliator TikTok Shop

Selanjutnya ada Affiliator TikTok Shop. Ini bagian yang paling menguntungkan. Sobat MEA bisa mencari seorang content creator yang bisa mempromosikan produk dengan relevan dan punya target market yang seragam. Affiliate adalah program yang memungkinkan Sobat MEA untuk membayar content creator dengan presentasi komisi jika produk laku terjual.

Oiya, kalau Sobat MEA yang mungkin pengen tahu cara daftar TikTok Shop Affiliate tanpa minimal followers, klik link ini ya!

TikTok Ads

Terakhir ada TikTok Ads. Sama seperti Google Ads, FB/IG Ads dan iklan lainnya, iklan TikTok juga sangat bermanfaat untuk scale up omzet toko Sobat MEA. 

Menggunakan TikTok Ads akan sangat menguntungkan dan punya beragam manfaat. Pasalnya, di Indonesia, TikTok merupakan salah satu aplikasi dengan jumlah pengguna yang tinggi. Bayangkan jika Sobat MEA bisa menyasar banyak orang dan banyak pengguna yang akhirnya membeli produk.

Nah itulah cara jualan di TikTok tanpa followers dan 4 cara terbaik melakukan promosi di TikTok yang bisa Sobat MEA contek. Gimana? Apakah Sobat MEA tertarik untuk berjualan di TikTok dan punya penghasilan tambahan? Tunggu apalagi, yuk mulai sekarang!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.