Jangan Panik, Ini Penyebab Produk Tidak Muncul di TikTok dan Solusinya!

by Viki
produk tidak muncul di tiktok

Sobat MEA tentu setuju bahwa TikTok tidak hanya memberikan kesempatan bagi pengguna untuk berbagi konten kreatif, tapi juga menjadi lahan subur untuk berbisnis. Tapi tidak jarang masalah muncul ketika produk tidak muncul di TikTok. Akibatnya, mereka tidak bisa berjualan secara maksimal. 

Hal ini biasanya berkaitan dengan perubahan dari situs atau aplikasi TikTok di mana TikTok akan mengaktifkan fungsi TikTok Shop bagi akun resmi yang sudah terhubung akun pemasaran. Artikel ini akan membahas penyebab mengapa produk tidak muncul di TikTok beserta cara mengatasi permasalahan tersebut, 

Penyebab Produk Tidak Muncul di TikTok

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu penyebab produk tidak muncul di TikTok Shop yaitu karena akun TikTokmu belum terhubung dengan akun pemasaran (TikTok Shop). TikTok Shop sendiri merupakan fitur TikTok for Business yang memungkinkan pengguna menjualkan produknya di TikTok. Jika Sobat MEA ingin menghubungkannya, silakan lihat di sini

Selain itu, ada 5 alasan lainnya yang bisa menjadi penyebab produk jualan tidak muncul di TikTok Shop. Berikut uraiannya:

Mau Jadi TikToker yang Kreatif dan Cuan?

Kupas tuntas ilmu daging dan rahasia sukses para kreator berpengalaman di komunitas kreator MEA!

Kesalahan Pengaturan Akun

Salah satu alasan utama produk tidak muncul di TikTok bisa jadi adalah kesalahan dalam pengaturan akun bisnis atau pribadi. Pastikan bahwa akunmu sudah beralih ke mode bisnis dan profilmu terverifikasi. Periksa juga apakah pengaturan privasi menghalangi tampilan produkmu kepada orang lain

Pembatasan Wilayah

TikTok memiliki pembatasan geografis untuk beberapa jenis konten dan iklan. Jika produk terkait dengan wilayah tertentu atau mungkin melanggar kebijakan tertentu, produk tersebut mungkin tidak muncul di beberapa wilayah atau sama sekali.

Konten yang Tidak Relevan

Konten yang tidak relevan atau kurang menarik mungkin tidak diberikan prioritas oleh algoritma TikTok. Pastikan bahwa konten yang dibagikan relevan, menarik, dan sesuai dengan minat target audiensmu.

Jasa Kelola TikTok Shop Bergaransi

Kwalahan urus TikTok Shop dan segala permasalahan yang ada? Percayakan saja pada tim kelola TikTok Shop MEA! Kamu tinggal terima beres dan bergaransi~

Penggunaan Tagar yang Salah

Tagar (hashtag) adalah cara penting untuk meningkatkan visibilitas konten di TikTok. Jika Sobat MEA menggunakan tagar yang tidak relevan atau jarang dicari, produkmu mungkin sulit ditemukan oleh pengguna lain. Selalu lakukan riset tagar sebelumnya dan gunakan tagar yang sesuai.

Kualitas Produksi yang Rendah

TikTok adalah platform visual yang mengedepankan kualitas konten. Jika video atau gambar produk buram, gelap, atau tidak menarik secara visual, kemungkinan besar pengguna akan melewatkannya. Pastikan kontenmu memiliki kualitas produksi yang baik.

Cara Mengatasi Produk Tidak Muncul di TikTok

Sebelum mengupload produk di TikTok, pastikan Sobat MEA sudah memahami kebijakan TikTok terkait dengan iklan dan konten. 

Pastikan produkmu juga tidak melanggar pedoman komunitas atau ketentuan yang telah ditetapkan oleh TikTok. Produk ilegal, kontroversial, atau tidak sesuai dengan nilai-nilai positif TikTok mungkin akan ditolak oleh platform.

JIka Sobat MEA mengalami produk tidak muncul di TikTok, berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi produk yang tidak muncul di etalase TikTok Shop, antara lain:

Pilih Kategori yang Tepat 

Ketika Sobat MEA mengunggah produk ke TikTok Shop, pastikan Sobat MEA memilih kategori yang paling sesuai dengan produkmu. Pemilihan kategori yang tepat akan membantu produkmu muncul di etalase yang relevan dan menjangkau audiens yang lebih besar.

Pastikan Kualitas Gambar dan Deskripsi

Gambar dan deskripsi produk harus berkualitas tinggi dan informatif. Pastikan gambar produk menampilkan produk dengan jelas dan menarik perhatian. 

Deskripsi produk seharusnya memberikan informasi yang jelas dan komprehensif mengenai produk, termasuk fitur, manfaat, harga, dan instruksi penggunaan jika diperlukan.

Jadi Seller Juara dengan Strategi yang Mudah

Tentunya cuma bisa kamu wujudkan di sini! Yuk, segera bongkar dan contek semua strategi suksesnya!

Gunakan Hashtag Relevan

Hashtag memainkan peran penting dalam memperluas jangkauan konten di TikTok. Pastikan Sobat MEA menggunakan hashtag yang relevan dengan produk agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari produk serupa. Namun, jangan berlebihan menggunakan hashtag, karena hal ini bisa dianggap spam dan merugikan visibilitas produkmu.

Tingkatkan Interaksi dan Engagement 

Interaksi dan engagement dengan pengguna TikTok sangat penting. Balaslah komentar dan pertanyaan pengguna dengan cepat dan sopan. Sobat MEA juga dapat mendorong interaksi dengan mengadakan kontes atau giveaway yang melibatkan pengguna TikTok. Semakin banyak interaksi yang dibangun, semakin tinggi kemungkinan produkmu muncul di etalase TikTok Shop.

Lakukan Promosi Melalui Video Kreatif

Buatlah video kreatif yang menampilkan produkmu dengan cara yang menarik dan unik. Video yang kreatif dan menghibur memiliki potensi lebih besar untuk mendapatkan perhatian pengguna dan berpotensi menjadi viral. Manfaatkan fitur musik, efek khusus, dan alat kreatif lainnya yang ditawarkan oleh TikTok untuk membuat video yang menarik.

Lakukan Kolaborasi dengan Influencer TikTok

Influencer TikTok memiliki pengikut yang besar dan dedikasi yang tinggi. Bekerjasama dengan influencer yang relevan dengan produkmu dapat membantu produkmu mendapatkan jangkauan yang lebih besar. Influencer dapat membantumu membuat konten kreatif yang menarik dan mempromosikan produkmu kepada audiens mereka.

Periksa Kembali Pengaturan Privasi dan Bisnis

Pastikan Sobat MEA telah mengatur pengaturan privasi dan bisnis dengan benar di akun TikTok. Pastikan bahwa akunmu berada dalam mode bisnis atau kreator yang memungkinkanmu untuk menjual produk. Juga, pastikan Sobat MEA memberikan izin yang diperlukan untuk mengakses data produkmu.  pulvinar dapibus leo.

Hubungi Dukungan TikTok

Jika Sobat MEA telah mencoba semua langkah di atas tapi produkmu tetap tidak muncul di etalase TikTok Shop, Sobat MEA dapat menghubungi tim dukungan TikTok. Mereka dapat memberikan panduan lebih lanjut mengenai langkah-langkah yang harus diambil untuk mengatasi masalah ini.

Demikian informasi mengenai produk yang tidak muncul di TikTok beserta solusinya. Penting untuk memiliki kesabaran dan konsistensi. Platform ini terus berkembang dan algoritmanya dapat berubah dari waktu ke waktu. Tapi dengan memahami penyebab dan solusi yang tepat, Sobat MEA dapat meningkatkan peluang produk untuk muncul dan dikenal oleh audiens yang lebih luas.

You may also like

Leave a Comment