Cara Optimasi Konten dengan SEO TikTok Agar Promosi Lebih Cuan. Yuk, Cobain!

cara optimasi konten dengan seo tiktok

Sobat MEA tahu belum nih? Kini TikTok telah meluncurkan fitur terbaru yang dapat membuat videomu lebih eksis di platform tersebut. Yup, kini bisa berfungsi seperti mesin pencari. Tentunya khusus untuk video TikTok. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara optimasi konten dengan SEO TikTok.

Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi setiap pencari cuan di TikTok. Bagi yang berbisnis maupun berkreasi, akan sangat terbantu melalui fitur ini. Dengan SEO TikTok, videomu akan mudah ditemukan banyak orang saat mereka mengetikkan kata kunci yang relevan di kolom pencarian. 

Yuk, Gabung Komunitas Bisnis TikTok MEA!

Dapatkan berbagai insight hingga bimbingan khusus untuk mengembangkan bisnis di TikTok melalui berbagai strategi jitunya termasuk SEO yang tepat, GRATIS!!!

Tentunya hal ini merupakan peluang baru bagi pegiat konten maupun pebisnis yang aktif berpromosi di TikTok. Karena sangat memudahkan penggunanya untuk berkembang. Nah, jika Sobat MEA ingin cepat berkembang di TikTok, saatnya memperhatikan cara optimasi konten dengan SEO TikTok di bawah ini. 

Cara Optimasi Konten dengan SEO TikTok

Perlu diketahui, penggunakan SEO ini tidak bisa sembarangan. Sobat MEA perlu lakukan riset terlebih dahulu mengenai topik apa yang sedang trending, kata kunci apa yang banyak dicari audiens, dan yang penting pilih yang jarang digunakan pengguna lainnya. 

Cara mengetahuinya bagaimana? Sobat MEA bisa cek di Google Trends mengenai seberapa trending keyword tersebut. Sementara itu, Sobat MEA juga bisa memanfaatkan tools SEO agar lebih mudah menemukan hashtags yang sesuai dan jarang digunakan seperti keyword everywhere, semrush, ubbersuggest, dll.

Rahasia Konten Naik Drastis dalam Seminggu Pertama

Yup, tentunya termasuk SEO dan cara memaksimalkannya serta banyak strategi boost konten lainnya! Yuk, dapatkan hanya di sini~

Tapi untuk TikTok sendiri sebenarnya lebih simple. Sobat MEA bisa mencarinya melalui fitur discover yang ada di TikTok. Biasanya terlampir rekomendasi atau konten yang sedang ramai. Nah, Sobat MEA bisa ambil inspirasi topik dan SEO nya dari hal tersebut. 

Lalu lakukan optimasi pada video TikTok mu. Adapun cara optimasi konten dengan SEO TikTok adalah sebagai berikut:

Pahami Audiens dan Search Intent

Pertama-tama, tentu saja membuat kontennya. Tapi sebelumnya, Sobat MEA harus memahami target audiens dan search intent-nya. Karena jika asal membuat konten tanpa memahami target audiens, maka strategi bisnis yang di jalankan melalui TikTok berpotensi gagal

Selain itu, penting sekali untuk mempelajari search intent, untuk mengetahui bagaimana konteks dari konten yang akan Sobat MEA produksi untuk menunjang promosi nantinya.

Gunakan Keyword yang Relevan Untuk Caption

Kedua, silakan gunakan keyword yang sudah Sobat MEA temukan dengan tepat dan pastikan relevan sebagai caption postingan. Hal ini penting untuk dilakukan, karena  TikTok memiliki kemampuan untuk melakukan penelusuran berdasarkan keyword layaknya mesin pencari Google. 

Dengan demikian, saat pengguna mengetikkan sebuah keyword, mereka bisa langsung menemukan beberapa video yang relevan dengan keyword tersebut, termasuk videomu.

Seperti yang sudah MiMe sebut di atas, untuk menemukan beberapa kata kunci yang relevan dengan bisnis, lakukan riset keyword terlebih dahulu. Agar mempermudahkanmu dalam menjangkau audiens baru yang berminat terhadap produk atau jasa yang Sobat MEA jual. 

Boost Konten Lebih Tinggi Lagi dengan Robotok!

Setelah memaksimalkan SEO, kamu masih bisa kok boost konten lebih tinggi lagi. Caranya cukup dengan Robotok! Bisnismu Auto Viral~

Masukan Keyword ke Dalam Video

Sobat MEA juga perlu menggunakan kata kunci dalam video juga untuk mengoptimasi SEO TikTok. Karena hal ini mampu menunjukkan bahwa Sobat MEA sedang membuat sebuah konten yang relevan dengan keyword tersebut.

Semakin banyak Sobat MEA menyebutkan keyword, akan membuat TikTok mendeteksi bahwa konten yang Sobat MEA buat memang relevan dengan keyword tersebut. Tapi ingat, masukan keyword secukupnya saja sesuai keperluan agar tidak terjadi keyword stuffing. 

Sebaiknya, masukan keyword tersebut pada 3 detik pertama video. Jangan lupa sertakan thumbnail yang juga menyebutkan target keyword. Selain untuk menyebutkan topik videomu, hal tersebut juga memungkinkan videomu mudah dikenali pengguna yang mencari informasi dengan kata kunci tersebut.

Evaluasi Video Sebelumnya Untuk Mengoptimasikan Strategi SEO

Lalu lakukan evaluasi pada video sebelumnya. Hal ini mampu memperbaiki strategi penyusunan konten yang selanjutnya. Pelajari apa saja yang membuat video sebelumnya memiliki view yang tinggi, baik dari penggunaan keyword maupun hashtag. 

Selain itu, evaluasi video rendah juga untuk mengetahui penyebab mengapa hasilnya kurang memuaskan. 

Nah, hasil evaluasi ini nantinya Sobat MEA bisa menyimpulkan hal-hal apa saja yang perlu di lakukan untuk meningkatkan strategi SEO untuk bisnismu di TikTok.

Pastikan Konten Berkualitas Baik dan Menarik

Terakhir, tentu saja konten yang Sobat MEA sajikan sudah menarik. Tenang, Sobat MEA tidak perlu menggunakan kamera yang canggih atau microphone yang mahal untuk konten tersebut. 

Tuangkan saja ide yang Sobat MEA miliki dan sampaikan konsep tersebut dengan gambar dan audio yang jelas. Audiens pun akan dapat menerima informasi pada video dengan baik.

Yup, begitulah cara optimasi konten dengan SEO TikTok yang bisa Sobat MEA lakukan. Untuk memperlancar pembuatan video TikTok tersebut, Sobat MEA bisa gunakan jasa pembuatan TikTok MEA. Karena Tim kami siap menciptakan video berkualitas untuk berbagai keperluan bisnismu. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.