Peluang Usaha di Masa Pandemi

Peluang Usaha Di Masa Pandemi Pernah mendengar berita mengenai keadaan ekonomi dunia termasuk Indonesia. Dikatakan bahwa perekonomian mengalami penurunan di masa pandemi? Jika iya, kamu keliru nih pasalnya, pengeluaran masyarakat di masa pandemi mengalami peningkatan dan otomatis menambah pengeluaran belanja. Dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS) hampir 53% dari total 90.967 responden diketahui bahwa mereka mengalami peningkatan pengeluaran biaya, hampir setengahnya. Malah kalau kamu jeli ini bisa menjadi peluang usaha di masa pandemi. 

Sejak awal maret 2020 pandemi masuk ke Indonesia dengan perjalanan selama 1 tahun lebih. Ketika pertama kali diketahui 2 orang Indonesia. Terkonfirmasi tertular dari seorang warga asal Jepang terkonfirmasi. Indonesia yang mengalami pasang surut dalam setiap sektor. Seperti sektor sosial, ditutupnya tempat yang berpotensi seperti pasar, tempat wisata menimbulkan kerumunan dan berdampak pada sektor terutama setiap negara yaitu ekonomi. 

Fakta bahwa pengeluaran masyarakat ditengah pandemi ini mengalami peningkatan belum banyak diketahui orang dan banyak yang sudah merasa putus harapan. Maka, kami disini akan memberi tahu peluang usahayang bisa sobat MEA dapatkan dari situasi ini. Bagi yang sudah memiliki bisnis sobat MEA bisa meluaskan pada platform online. Iya, karena pada kenyataannya, sektor yang mengalami peningkatan terletak pada jual-beli online. Momen yang pas apabila sobat MEA juga barus aja kehilangan pekerjaan tetap. Karena kita tidak bisa memungkiri banyak kepala keluarga yang menjadi korban PHK. Artinya banyak kepala keluarga yang terpaksa dikeluarkan dari perusahaan ntah karena perusahaan tersebut mengalami kerugian.

“Terus kalo mau jualan online dan belum punya bisnis, harus jualan apa?”

Sebenarnya, keputusan untuk menjual produk dalam bidang apa, sepenuhnya terletak pada keputusan sobat MEA. Bisa dimulai dengan produk yang sobat MEA gunakan sehari-hari atau melihat ke lapangan produk jenis apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mari kita lihat grafik dibawah ini, peningkatan pengeluaran rumah tangga 50% dikeluarkan untuk bahan makanan. Sobat MEa bisa tentukan sendiri pada bidang apa akan memulai usaha dan memanfaatkan kesempatan ini. 

peluang usaha di masa pandemi

Bisnis yang sudah dikembangkan dan dimulai bisa merambat pada dunia online dan perkenalkan pada dunia e-commerce atatu marketplace, sebagau media pengganti pasa offline, penghasilan yang didapatkan tentu saja akan bertambah, karena sobat MEA sama dengan membuka dua toko. Wah, keren bukan?

Proses  jual  beli   yang   dilakukan  melalui   internet  dikenal  dengan Ecommerce atau electronic  commerce (Khasanah  &  Rofiah,  2019). Banyaknya pengguna media sosial menjadikan suatu fenomena tersendiri di era digital saat ini baik  melalui  perangkat mobile.  Hal ini  dibuktikan  dengan  adanya  data  yang  menunjukkan bahwa 80% pengguna internet melalui perangkat mobile digunakan untuk mengakses sosial Media (Ramadhan,  2020).

saat ini proses jual-beli kurang maksimal apabila hanya memanfaatkan situasi offline, apalagi di masa pandemi seperti ini, aktifitas mayoritas dilakukan secara online, apalagi untuk masyarakat yang peluang terkena virus juga besar, mereka lebih memilih untuk membeli melalui online baik menggunakan marketplace atau media lainnya dan bisa di jadikan sebagai peluang usaha di masa pandemi.

Manfaatin Sosmed Buat Raih Jutaan Rupiah

Ikut Kelas Komunitas MEA Agar Akun Sosmed Kamu Bisa Hasilin Uang

Peluang usaha di masa pandemi – Kedua topik yang bersinggungan antara pengeluaran rumah tangga di masa pandemi dengan e-commerce. Banyak orang yang merasa segan dan takut untuk keluar rumah, sehingga memutuskan untuk belanja secara online dan meminimalisir terserang virus covid-19. Secara tidak langsung covid-19 mendorong peningkatan proses jual-beli di e-commerce. Misalnya di Tokopedia, Shopee, bukalapak atau platform lainnya. Melihat fakta yang berada dilapangan dari data yang di rangkum dalam jurnal  “ANALISA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-1” karya Alvin Edgar Permana, Arvy Muhammad Reyhan, dkk. Yang membahas mengenai peningkatan total pengunjung di e-commerce yang bisa di katakan sebagai peluang usaha di masa pandemi. Berikut ini kami paparkan mengenai faktanya.

 

Nilai   pasar E-commerce di   Indonesia diperkirakan akan tumbuh pada kisaran USD $ 55 -$ 65 miliar  pada  tahun  2022.  Prakiraan  ini  bermula  dari laporan  baru  berjudul The  Digital  Archipelago:  How Online  Commerce  is  Driving  Indonesia’s  Economic Development, yang dirilis  oleh  perusahaan  konsultan manajemen McKinsey. 

 

Ada   beberapa   faktor   yang   mendukung pertumbuhan  pesat  sektor E-commerce di  Indonesia. Pertama,  penetrasi smartphone dan internet terus meningkat.  Kedua,  jumlah  penduduk  Indonesia  yang besar dan daya belinya meningkat di tengah pertumbuhan makroekonomi  yang  kuat.  Ketiga,  Indonesia  memiliki populasi yang muda dan melek teknologi, artinya mereka dengan cepat menyesuaikan diri dengan teknologi baru. Ditambah  lagi  saat  ini  dunia  sedang  dilanda pandemi Covid-19, yang  berdampak salah  satunya terhadap pemenuhan  kebutuhan.  Hal  ini menyebabkan respon positif masyarakat.

Grafik hasil penelitian menunjukan sebanyak 80% dari responden yang berusia 1–20 tahun melakukan transaksi di E-commerce setidaknya 1 kali dalam sebulan, dan dalam rentang usia 20-29 tahun. Juga sebanyak 57% responden mengalami hal yang sama, terlihat jelas pada data bahwa semakin tinggi usia responden maka semakin rendah intensitas penggunaan e-commerce. Kemudian setelah dilakukan analisis ulang dengan data tingkat pembelian responden di masa pandemi covid-19, yang terjadi di akhir kuartal tahun 2020.

Melihat data hasil penelitian diatas, mungkin bagi sebagian orang masih mengejutkan. Karena tidak lama lagi, penurunan proses jual-beli secara offline akan tergantikan, maka jika sebagai penjual yang tidak handal dalam memaksimalkan promosi, sebagus apapun produk yang ditawarkan, sobat MEA akan tertinggal dan kemungkinan besar penghasilan menurun.

Lalu solusinya apa dong?

Pernah dengar shopee, tokopedia, bukalapak, blibli, JD.ID dan lainnya? 

Yups, mereka semua menjadi wadah bagi para pengusaha UMKM. Memanfaatkan situasi dans ecara tidak langsung sudah difasilitasi dengan keberadaan marketplace sebelum sobat MEA berhasil melaunching webiste pribadi, bisa memanfaatkan patform tersebut.

Bagi sobat MEA yang baru saja mengenal marketplace, kami sudah membuat artikel yang akan memandu dan mengarahkan sobat MEA untuk membuka toko. 

  1. Cara Berjualan di Tokopedia
  2. Cara Berjualan di Shopee

Untuk tutorial selanjutnya, akan kami update secara berkala ya, ajdi sobat MEA bisa memanfaatkan semua market place untuk berjualan atau membuka toko diberbagai cabang. Keren!

Emang cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari?

jangan kira, dengan berjualan online sebagai mata pencaharian sampingan atau penghasilan tambahan. Hm, tau ga ternyata sebuah fakta yang terjadi oleh para penjual online shop, mereka merupakan tulang punggung keluarga dan mereka membiayai keluarga dengan berjualan online shop.

Mereka berhasil menemukan dan mengembangkan bisnis yang merupakan sebuah skill dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang, karena tidak selamanya kita bisa hidup mengandalkan gaji atau penghasilan dari perusahaan, dengan adanya kasus PHK yang banyak dialami mungkin saja suatu saat akan terjadi kepada kita, namun tentunya kita selalu mengharapkan yang terbaik.

Akan tetapi jika kamu memiliki penghasilan tetap, perlu juga penghasilan sampingan untuk tambahan membiayai kehidupan keluarga. Bayangin jika sobat MEA memiliki penghasilan tetap dan juga penghasilan tambahan. Saldo ATM sobat MEA tentunya akan menggendut dong?

peluang usaha di masa pandemi
Scale up Bisnis kamu menggunakan jasa Team Kami

Tapi aku ga bisa cara jualan, gatau mengembangkan bisnis pake marketplace.

Tenang aja, karena semua masalah pasti ada solusi. Dan solusi yang kami tawarkan untuk sobat MEA adalah dengan mengikuti kelas jago jualan online di Tokopedia dan shopee, bisa meraih omset jutaan hingga ratusan juta. Hanya dengan modal hp atau pc.

Aku udah punya bisnisnya tapi gatau cara memasarkannya gimana?

Sobat MEA bisa cari solusi disini, yaitu kami mengadakan kelas juga sehingga sobat MEA mampu memasarkan produknya lebih luas melalui sosial media. Gimana caranya? 

Bikin konten menarik dan juga aktif membuat personal branding. Apasih emang? Secara singkatnya konten yang menarik akan meningkatkan traffic sosial media milik sobat MEA, baik akun  personal maupun akun bisnis, namun apabila sobat MEA menjalankan bisnis, maka lebih baik buatlah akun bisnis dahulu dan cantumkan link yang mengarahkan kepada setiap website milik sobat MEA. konten yang menarik dan bermanfaat akan menjadi sebuah pemahaman baru bagi banyak orang dan menjadi nilai plus sebagai sebuah branding bisnis yang kita jalankan.

Apa aja konten yang bisa dibuat untuk memasarkan dan mengenalkan produk? menggunakan media sosial facebook, instagram, youtube dan tiktok!

  • Kunci utamanya, tentukan target audience, usia, jenis kelamin, hobi, kesukaan, jika ditentukan secara detail maka lebih baik.
  • Dimanapun sobat MEA berjualan dan berusaha mempromosikan bisnis, usahakan melakukan secara halus, jangan sampai seluruh konten yang dibuat hanya memasarkan barang, oke jika sobat MEA sudah memiliki engagement yang tinggi. Namun, jika baru saja membuka, sst! Hindari ya hal tersebut.
  • cari topik yang sedang hangat di bicarakan, namun jangan lupa melibatkan empati dan simpati, karena sobat MEA menjual untuk menarik perhatian pengguna, cari apa yang m,ereka butuhkan, bukan apa yang kita mau.
  • Buat konten menarik baik dari kisah hidup berjualan, informasi bermanfaat seputar barang yang dijual. Sebisa mungkin buat karya kamu secara original ya!
  • Tegas dan tepat sasaran, jangan bertele-tele.
  • Fokus Ciptakan Headline Yang Kuat.
  • Bisa Memberikan Jawaban kebutuhan netizen
  • Akurat Dalam Melaporkan dan Mengambil Informasi.
  • Aktif berkomunikasi dengan pengikut.

Dan… masih banyak lagi cara dan informasi, taktik menjual melalui sosial media, khususnya tiktok yang saat ini digandrungi banyak pengguna. Mau tau cara jualan dan membuat headline yang baik melalui tiktok? Bikin konten menghasilkan dan bonus bisnis sobat MEA akan dikenal banyak orang.

Testimoni Kelas TIkTok

Sebuah solusi tepat yang bisa sobat MEA dapatkan disini, yaitu kami mengadakan kelas juga sehingga sobat MEA mampu memasarkan produknya lebih luas melalui sosial media. Gimana caranya? 

 

Bikin konten menarik dan juga aktif membuat personal branding. Apasih emang? Secara singkatnya konten yang menarik akan meningkatkan traffic sosial media milik sobat MEA, baik akun  personal maupun akun bisnis, namun apabila sobat MEA menjalankan bisnis, maka lebih baik buatlah akun bisnis dahulu dan cantumkan link yang mengarahkan kepada setiap website milik sobat MEA. konten yang menarik dan bermanfaat akan menjadi sebuah pemahaman baru bagi banyak orang dan menjadi nilai plus sebagai sebuah branding bisnis yang kita jalankan.

 

Tidak usah merasa pesimis jika berjualan dan tidak ada yang memebelinya, jika proses marketing yang tepat juga produk yang dijual menarik secara visual, toko online sobat MEA akan selalu kedatangan pembeli.

Daripada terus meratapi nasib, sobat MEA bisa memutar balik keadaan saat ini menjadi seorang pembisnis sukses, tentunya tidak ada kesuksesan yang diraih secara instant ya, semua membutuhkan proses dan pengorbanan, maka lakukan secara sungguh-sungguh sehingga hasil yang didapatkan pun sesuai dengan pengorbanan yang dilakukan.

 

Tanpa adanya pemahaman marketing, cara branding usaha, mengenali supplier yang tepat jika ingin menjual barang oranglain, sobat MEA akan terseok-seok ditengah jalan ketika memulai. Namun dengan adanya coach sebagai pengarah dan pemandu jalan, sobat MEA memiliki pegangan sebelum berjalan sendiri.

 

Tinggal klik tombol dibawah ini, sobat MEA akan mendapatkan kesempatan belajar seumur hidup, konsultasi dan mengetahui hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis online. Jangan tunggu lama dan sebelum kehabisan kelas, daftarkan dirimu sekarang!

Kelas Jago Jualan Online

Dapatkan penghasilan jutaan hingga ratusan juta hanya sekali klik disini!

You May Also Like

About the Author: fiqhi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *