Apa Itu Mass Upload Shopee? Ini Penjelasan dan Cara Pakainya!

mass upload shopee

Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Setelah menjadi salah satu tempat belanja favorit banyak orang, Shopee terus mengembangkan fitur-fitur mereka. Salah satu fitur mass upload untuk para seller Shopee.

Seperti kita tahu, ada banyak bisnis UMKM yang berkembang di Shopee. Dalam satu toko, bisa ada puluhan bahkan ratusan produk. Mengunggah produk secara manual ke toko Shopee tentu merupakan pekerjaan yang berat. Karena itu, muncul fitur mass upload yang Shopee peruntukan bagi para seller yang ingin berjualan banyak jenis produk pada tokonya.

Apa Itu Mass Upload Di Shopee?

Mau toko Shopee kamu optimal?

Pakai Jasa Komunitas MEA aja!

Sebelum jauh membahas cara menggunakan fitur ini, Sobat MEA tentu harus mengetahui apa sebenarnya mass upload itu. Secara singkat, mass upload adalah fitur yang memungkinkan Sobat MEA mengunggah produk secara massal.

Mengunggah produk ini hanya bisa Sobat MEA lakukan lewat Shopee Seller Centre saja. Menariknya, Sobat MEA bisa mengupload ratusan produk sekaligus loh. Tentu ada langkah-langkah yang harus Sobat MEA lewati untuk bisa menggunakan fitur ini.

Cara Mass Upload

Siap banjir orderan

Gabung Kelas Shopee Komunitas MEA!

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, ada beberapa langkah yang harus Sobat MEA lewati untuk melakukan mass upload. Berikut ini adalah caranya. Yuk simak di bawah!

  1. Pertama, Login ke Shopee Seller Centre
  2. Setelah masuk pilih menu Produk Saya
  3. Pilih Edit Secara Massal > Mass Upload
  4. Pilih tab Download Template
  5. Setelah itu pilih Template Dasar untuk mengunduh semua informasi produk tanpa mengisi kategori spesifik
  6. Klik Download
  7. Selanjutnya pilih Template Kategori untuk mengunduh semua informasi produk berdasarkan kategori spesifik
  8. Klik Download
  9. Selanjutnya pilih Enable Editing
  10. Masukan rincian produk yang akan Sobat MEA upload

Hal yang Wajib Diisi Saat Melakukan Mass Upload

Setelah tahu cara menggunakan fitur ini, Sobat MEA juga mesti mengetahui hal-hal yang wajib Sobat MEA isi saat melakukan mass upload. Pasalnya, fitur ini mengharuskan Sobat MEA mengisi dokumen excell mass upload.

Beberapa hal yang harus diisi antara lain seperti kategori, nama produk, deskripsi produk, SKU induk, kode integrasi variasi, nama variasi, varian untuk variasi, foto produk per varian, harga, stok, foto produk, berat dan masih banyak yang lainnya.

Untuk Sobat MEA yang ingin mengetahui lebih lengkap cara mengisi dokumen mass upload, klik di sini. Gimana? Nggak susah kan? Semoga artikel ini membantu Sobat MEA yang ingin meng-upload produk dengan cepat.

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.