Ide Konten TikTok Tanpa Wajah. Dapat Cuan Tanpa Tampil Depan Kamera

ide konten tiktok tanpa wajah

Konten kreator adalah profesi yang cukup populer dan diincar oleh para pengguna TikTok. Namun, banyak orang yang sebenarnya belum sadar bahwa menjadi konten kreator nggak selalu tampil di depan kamera. Ada banyak sekali ide konten TikTok tanpa wajah yang bisa dilakukan untuk Sobat MEA yang kurang percaya diri. 

Sobat MEA pasti sering melihat konten-konten yang viral tanpa memperlihatkan seseorang di dalamnya. Saat melihat akun mereka, nggak ada satupun konten yang memperlihatkan wajah sang kreator. Hal ini sebenarnya wajar mengingat nggak ada aturan khusus yang menyebut kalau konten kreator harus tampil di depan kamera. Bahkan ini berlaku juga untuk live TikTok tanpa wajah.

Table of Contents

Ide Konten TikTok Tanpa Wajah yang Menarik

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Ada banyak mitos yang berkaitan dengan konten kreator. Contohnya, jika ingin sukses menjadi seorang konten kreator, Sobat MEA harus berani tampil di depan kamera dan harus terlihat menarik. 

Padahal, nggak ada peraturan khusus untuk menjadi seorang konten kreator. Sobat MEA masih bisa membuat konten tiktok tanpa wajah yang menarik di depan kamera. Bahkan konten ini cocok juga digunakan untuk keperluan TikTok Affiliate. Berikut 10 ide konten TikTok Affiliate tanpa wajah yang bisa diikuti, antara lain:

1. POV Daily (Kehidupan Sehari-Hari)

Pertama ada konten POV daily. POV adalah singkatan dari point of view. Jenis konten ini biasanya memperlihatkan kegiatan sehari-hari saja. Umumnya, konten ini dibuat menggunakan kamera kecil yang bisa menangkap sudut lebar.

Meskipun nggak memperlihatkan wajah, insiden-insiden keseharian yang terjadi dalam konten POV daily umumnya sangat menarik perhatian penonton, loh. Contohnya, kehidupan kampus, perjalanan, kegiatan di kafe, dan lain sebagainya. Sobat MEA hanya perlu merekam sambil melakukan aktivitas sehari-hari tanpa mengganggu kegiatan lainnya. 

2. Konten Eksperimen

Selanjutnya ada konten eksperimen. Konten yang satu ini merupakan konten yang cukup populer di luar negeri dan sangat disukai orang Indonesia. Namun, nggak banyak konten kreator yang fokus membuat konten ini.

Alasannya sederhana. Konten eksperimen membutuhkan pengetahuan, riset dan juga modal yang cukup besar. Sebagai gantinya, sang konten kreator bisa terkenal meski nggak memperlihatkan wajah sama sekali.

3. Tulisan Tangan dan Satisfying

Jenis-jenis konten satisfying juga bisa menjadi ide untuk konten ataupun live tanpa wajah. Misalnya konten-konten ASMR, sound effect, tulisan tangan atau konten-konten bermain slime dan lainnya. Sudah cukup banyak konten kreator yang membuat konten jenis ini. Nggak ada salahnya untuk mencobanya juga~

4. Kumpulan Quotes

Kemudian ada konten quotes. Maksudnya bagaimana? Di TikTok, konten-konten quotes dengan tulisan-tulisan dan background yang menarik biasanya sangat disukai banyak penonton. Sobat MEA hanya perlu mengambil footage-footage original, memikirkan kata-kata yang sesuai dengan footage dan peka terhadap musik.

Membuat konten quotes ini terdengar sepele dan tanpa usaha. Tapi, konten satu ini sebenarnya membutuhkan jam terbang yang tinggi dan kehebatan sang konten kreator dalam menulis dan mengambil gambar.

5. Review Film

Lalu ada konten review film. Sobat MEA yang hobi nonton film bisa coba untuk membuat konten satu ini. Sobat MEA hanya perlu mengambil beberapa Footage atau cuplikan film yang akan di-review dan Sobat MEA bisa mulai mengulasnya.

Jika memang Sobat MEA kurang bisa mengulas, memberikan kesan atau menceritakan ulang film tersebut pada penonton juga bukan hal yang jadi masalah. Satu hal yang sulit membuat konten ini adalah editing. Sobat MEA juga harus rajin nonton film.

6. Streaming Game Online

Jenis konten ini cocok sekali untuk Sobat MEA yang hobi bermain game yaitu konten gaming. TikTok terbuka bagi setiap jenis konten asal nggak melanggar peraturan. Kini, banyak sekali gamer yang mulai membuat konten mereka di TikTok. 

Sama seperti namanya, Sobat MEA hanya perlu memperlihatkan proses Sobat MEA dalam bermain game atau menamatkan sebuah video game. Selain untuk video TikTok, gaming juga cocok sebagai ide live TikTok tanpa wajah yang menyenangkan. 

Di dalamnya, jangan lupa untuk mengulas atau komentari video game yang sedang dimainkan untuk menarik perhatian audiens. 

7.Hiding Face Video

Seperti yang disinggung sebelumnya, Sobat MEA tentu sering menemukan beberapa YouTuber yang menyembunyikan wajah mereka. Nah, mereka biasanya membuat konten Hiding Face Video dengan tujuan untuk menjaga identitas pembuat konten. Jadi, Sobat MEA bisa menggunakan topeng untuk menutup wajah.

Sebenarnya konten ini cukup fleksibel dan cocok untuk semua kegiatan. Terlebih, jika Sobat MEA ingin menunjukkan tubuh dan pergerakan, namun tetap menyembunyikan wajah. Contohnya, konten memasak, rekomendasi pakaian, atau mengajarkan hal lainnya.

8. Video Memasak

Membuat konten memasak nggak akan pernah mati. Itulah mengapa jenis konten ini sangatlah populer lantaran banyak orang mencari rekomendasi resep baru atau belajar memasak melalui video. Di dalamnya, Sobat MEA bisa membuatnya tanpa menampilkan wajah, cukup tutorial dan penjelasan saja. 

Video memasak di TikTok sangat cocok untuk Sobat MEA yang hobi memasak dan bereksperimen dengan resep baru. Terlebih, bisa Sobat MEA iringi dengan bercerita. Contohnya konten dari akun DEBM yang membagikan video memasak yang unik dan menghibur meskipun menyebalkan. Konsepnya berhasil membuat konten yang dibuat viral dan selalu masuk halaman FYP. 

9. Video Travelling atau Eksplorasi

Jika Sobat MEA gemar jalan-jalan dan menjelajahi tempat-tempat menarik, Sobat MEA bisa membagikan dan mengabadikan pengalamanmu saat eksplorasi dalam video TikTok. Namun, jika Sobat MEA nggak suka menampilkan wajah, konten travelling bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Dalam proses pembuatan video ini, Sobat MEA bisa memperlihatkan penampakan alam atau mengarahkan kamera pada perjalanan. Video jenis ini akan memberikan penonton point of view terhadap pengalaman mereka. Jenis konten ini juga akan membuat penonton fokus pada keindahan yang belum pernah dirasakan. 

10. Unboxing dan Ulasan Produk

Jika Sobat MEA juga seorang TikTok Affiliate, konten ulasan produk yang dijual dapat menjadi pilihan terbaik. Sebagaimana banyak pembeli yang melihat ulasan di TikTok terlebih dahulu. Sobat MEA bisa membuat konten unboxing dengan voice over yang gampang dicerna untuk produk .yang ingin ditawarkan. Di dalamnya, Sobat MEA nggak perlu memperlihatkan wajah saat mereview.

Terlebih, jika Sobat MEA juga suka berbelanja. Sobat MEA dapat memiliki banyak konten tentang plus dan minus suatu barang dan mendapatkan keuntungan dari brand yang bekerja sama. 

Cara Live di TikTok Tanpa Wajah dengan Aman

buku tiktok shop

Selain konten, ternyata konten tanpa wajah juga bisa diterapkan dalam live TikTok. Tapi ingat, live TikTok ini sebenarnya diharuskan untuk menampilkan wajah. Tapi terkadang kita nggak percaya diri untuk berlama-lama di depan kamera. Melansir dari video TikTok Iyandri, ada 3 cara live TikTok Shop tanpa wajah yang bisa dilakukan:

1. Tetap Jelaskan Produk dengan Suara Asli

Sobat MEA sebenarnya bisa melakukan live streaming tanpa memperlihatkan wajah. Asalkan, Sobat MEA tetap menjelaskan atau mempresentasikan produk dengan suara aslimu sendiri. 

2. Arahkan Kamera ke Produk Saat Live Dimulai

Cara kedua, pastikan Sobat MEA langsung mengarahkan kamera ke produk yang dipromosikan saat live dimulai. Karena biasanya akan muncul peringatan jika wajahmu sudah terlihat di awal dan hanya produknya saja yang terlihat di pertengahan live yang berlangsung.

Nah, Sobat MEA bisa nggak menunjukkan wajah sama sekali saat live. Hanya saja, pengarahan kamera ke produk penting untuk mengelabuhi kebijakan TikTok untuk adanya objek pada video. 

3. Perlihatkan Benda yang Bergerak

Atau, Sobat MEA juga bisa menambahkan benda bergerak di dalam frame seperti lampu atau mainan yang bergerak. Hal ini juga penting agar video live nggak dianggap rekaman video orang lain oleh TikTok Shop dan menghindarimu dari pelanggaran. 

Itu dia beberapa jenis konten TikTok tanpa wajah yang bisa Sobat MEA adaptasi. Kata siapa sih dapat cuan dari TikTok harus berani tampil di depan kamera? Hehehe~

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.