Banyak yang Nggak Tahu, Ini 7 Keuntungan WhatsApp Bisnis dan Berbagai Fiturnya!

keuntungan whatsapp bisnis

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Nggak hanya sebagai alat komunikasi, WhatsApp juga tersedia dalam aplikasi khusus Bisnis untuk memudahkan kamu berinteraksi dengan pelanggan. Tentu ada banyak sekali keuntungan WhatsApp Bisnis daripada WhatsApp biasa.

Seperti sudah dibahas sedikit, WhatsApp bisnis sendiri merupakan fitur WhatsApp yang dikhususkan untuk berbisnis. Sama seperti marketplace lain, Sobat MEA bisa membuka toko dan membuat katalog produk di WhatsApp. Yup, ada banyak keuntungan WhatsApp bisnis yang bisa Sobat MEA dapatkan. Emang apa aja sih keuntungannya?

Apa itu WhatsApp Bisnis?

Yuk belajar bareng bisnis online bareng sesama pebisnis

Yuk gabung Komunitas Bisnis Online MEA GRATIS!

Sebelum membahas keuntungan WhatsApp Bisnis dan fiturnya, Sobat MEA harus mengetahui apa itu WhatsApp Bisnis. Pada dasarnya, WhatsApp Bisnis memiliki cara pemakaian yang sama dengan WhatsApp biasa, namun dilengkapi dengan fitur yang memudahkan Sobat MEA untuk mempromosikan bisnis.

Aplikasi inipun memang dirancang khusus oleh Facebook untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah. Jadi Sobat MEA yang memiliki usaha UMKM wajib memanfaatkan aplikasi ini.

Apakah keuntungan WhatsApp Bisnis hanya bisa didapatkan oleh pelaku UMKM? Tentu saja nggak. Banyak yang memanfaatkan aplikasi ini seperti tokoh profesional yang memanfaatkannya untuk contact person. Misalnya sebagai narahubung jika ingin berkolaborasi dan atau bekerja sama untuk pembicara suatu kegiatan.

Dalam WhatsApp Bisnis, Sobat MEA bisa memasukkan banyak informasi ke dalam profil, seperti nama usaha, deskripsi bisnis, website, hingga alamat atau lokasi bisnis. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui detail bisnis Sobat MEA.

5 WhatsApp Bisnis dan Fiturnya

Mau beriklan secara digital tapi masih belum ngerti?

Serahin aja ke tim jasa iklan profesional MEA dan kamu tinggal terima laporan

Setelah mengetahui apa itu WhatsApp Bisnis, Sobat MEA pasti penasaran apa saja sih keuntungan WhatsApp Bisnis yang bisa didapatkan? Nah berikut ini adalah beberapa keuntungan dari WhatsApp Bisnis untuk pelaku UMKM.

1. Balas Pesan Otomatis

Coba posisikan diri Sobat MEA sebagai pelanggan yang menghubungi penjual. Pasti Sobat MEA ingin mendapatkan respon yang cepat, bukan? Kalau respon penjual lambat, keinginan untuk membeli produk menjadi berkurang. Sayang sekali jika harus kehilangan pelanggan karena terlalu lama saat membalas pertanyaan calon pembeli

Nah keuntungan WhatsApp Bisnis yang pertama ini bisa memudahkan Sobat MEA untuk membalas pesan dengan cepat secara otomatis. Sehingga Sobat MEA nggak perlu selalu stand by untuk membalas pesan secara manual.

WhatsApp marketing jadi lebih mudah dengan tools Sebari

Banyak fitur untuk maksimalkan penjualan di WhatApp!

Untuk pesan otomatisnya sendiri bisa Sobat MEA atur isinya. Bisa berupa salam yang dilanjutkan dengan informasi produk, ketersediaan stok, atau informasi layanan sedang tutup. WhatsApp auto reply ini juga memiliki 3 jenis fitur yang bisa Sobat MEA pilih, yaitu:

  • Away Message, fitur di mana Sobat MEA bisa membalas pesan pelanggan secara otomatis meskipun sedang sibuk.
  • Greeting Message, di mana Sobat MEA bisa menyambut dan menyapa pelanggan melalui pesan otomatis.
  • Quick Replies, adalah fitur di mana Sobat MEA bisa mengirimkan jawaban dengan pertanyaan yang sama dari pelanggan.

2. Lebih Aman

Keuntungan WhatsApp Bisnis yang kedua adalah tingkat keamanannya. Sobat MEA bisa melakukan verifikasi akun dengan memasukkan pin untuk masuk ke akun WhatsApp bisnis. Pin ini berupa 6 digit angka yang bisa Sobat MEA pilih sebagai kata kunci.

Pastikan hanya Sobat MEA atau orang terpercaya saja yang mengetahui pin ini. Jadi Sobat MEA nggak perlu takut informasi bisnis dan chat di akun WhatsApp bisnis diretas oleh orang nggak bertanggung jawab.

3. Pengelolaan Profil Bisnis

keuntungan whatsapp bisnis

Jika Sobat MEA adalah seorang pelanggan, pasti Sobat MEA ingin mengetahui informasi sedetail mungkin mengenai toko yang dituju. Dengan menggunakan WhatsApp Bisnis, Sobat MEA bisa mencantumkan detail bisnis pada bagian profil. Mulai dari informasi kontak, jam operasional, alamat, deskripsi bisnis secara singkat, dan informasi lainnya.

Dengan mencantumkan detail bisnis secara jelas dan lengkap akun WhatsApp Bisnis Sobat MEA semakin terlihat profesional dan terpercaya di mata calon pelanggan.

4. Katalog Produk

Ada berbagai macam jenis pelanggan, salah satunya adalah tipe pelanggan yang mager dan ingin mendapatkan sebanyak mungkin informasi dari satu sumber. Misalnya, Sobat MEA sudah memasukkan nama marketplace atau sosial media pada bagian profil, nggak semua orang bersedia untuk membukanya demi mendapatkan informasi produk lebih lanjut.

 Inilah keuntungan WhatsApp Bisnis yang selanjutnya, yaitu Sobat MEA bisa memasukkan katalog produk. Fitur satu ini bisa Sobat MEA manfaatkan untuk melakukan promosi produk lewat WhatsApp. Pasatikan katalog produk Sobat MEA diisi dengan informasi sejelas mungkin agar calon pembeli tertarik dan membeli produk atau jasa Sobat MEA

5. Fitur Broadcast

Mau tahu rahasia sukses jualan di WhatsApp?

Yuk gabung di Kelas WA Marketing MEA. Akses materi seumur hidup!

Sobat MEA tidak perlu mengirimkan pesan satu persatu ke pelanggan karena WhatsApp Bisnis menyediakan fitur broadcast. Jadi Sobat MEA bisa mengirimkan pesan ke sejumlah pelanggan sekaligus dalam satu waktu. Ini akan semakin memudahkan Sobat MEA untuk melakukan promosi produk atau layanan.

Perlu diingat bahwa tidak semua pelanggan bisa menerima pesan dari Sobat MEA. Hal ini terjadi jika pelanggan tidak menyimpan nomor bisnis Sobat MEA, sehingga mereka tidak akan bisa menerima pesan broadcast dari Sobat MEA.

6. Analitik pesan

Fitur WhatsApp Bisnis menyediakan data analitik pesan. Data ini menunjukkan seberapa banyak pesan yang dikirimkan dan bagaimana respon dari pelanggan. Apakah pesan hanya diterima, dibaca saja, dan berapa banyak pelanggan yang membalas pesan dari Sobat MEA. Nah fitur analitik ini nggak ada kalau Sobat MEA pakai akun WhatsApp biasa

7. Bisa Digunakan Lebih Dari 1 Perangkat

Keuntungan WhatsApp Bisnis yang terakhir adalah memungkinkan Sobat MEA untuk login di perangkat lain. Hal ini menguntungkan Sobat MEA yang nggak mengurus bisnis sendirian. Alhasil Sobat MEA nggak perlu menggunakan smartphone yang ssma untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Namun Sobat MEA harus mengubah WhatsApp bisnis ke beta mode agar bisa menggunakan WhatsApp bisnis di perangkat yang berbeda. Dengan begitu, pesan yang masuk maupun keluar bisa langsung disingkronkan di kedua perangkat yang berbeda.

Nah Itu dia keuntungan dari WhatsApp Bisnis yang akan Sobat MEA dapatkan. Semoga saja artikel ini bisa memberi informasi buat Sobat MEA yang ingin mulaimenggunaan WA Marketing.

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.