Oh, Ini Perbedaan WA Biasa dan WA Bisnis. Ada WA Blaster Terbaik Juga. Intip!

perbedaan wa biasa dan wa bisnis

Siapa sih yang tidak tahu Whatsapp? Aplikasi messenger yang telah digunakan banyak orang. Kemudian terus berinovasi dan menghadirkan fitur terbaru yakni WA bisnis. Lantas, apa sih perbedaan WA biasa dan WA bisnis?

WhatsApp bisnis sendiri dirilis pada tahun 2018 dan menjadi aplikasi obrolan OTT (Over The Top) yang mampu menghadirkan fungsionalitas dan kenyamanan pesan kepada pelanggan.

Tujuannya tentu untuk memfasilitasi pebisnis yang ingin mempromosikan produk atau brand, sehingga mereka pakai untuk WhatsApp Marketing.

Pelajari Lebih Lanjut Kesuksesan Bisnis Lewat WA di Sini!

Bukan sembarang aplikasi chatting, WA juga bisa bantu kamu tingkatkan omzet, lho. Yuk, ketahui dulu resep dan rahasia sukses berbisnis di WA di kelas ini!

Baik yang biasa maupun untuk bisnis sama-sama bisa kita akses melalui web. Sehingga semakin memudahkan kita dalam menjalankan aktivitas perpesanan. Terutama WhatsApp bisnis, ia memiliki keuntungan yang penting untuk pebisnis dapatkan. 

Lantas, apa saja perbedaannya? Apa saja keuntungan yang WA bisnis miliki? Sobat MEA penasaran? Yuk, intip penjelasan di bawah ini.

Perbedaan WA Biasa dan WA Bisnis

Berdasarkan kemampuan operasionalnya, kedua platform ini memiliki fitur yang berbeda. WA biasa pengguna gunakan untuk komunikasi pribadi, sedangkan WA bisnis biasa digunakan oleh pebisnis atau pelaku usaha berkomunikasi dengan pelanggan. 

Menurut Verloop.io, kedua platform tersebut memiliki beberapa perbedaan lainnya di setiap sisi, di antaranya:

Logo Aplikasi

Pertama, sangat terlihat dari aplikasinya. WA biasa menampakkan logo telepon dengan latar belakang berwarna hijau, sedangkan WA bisnis menampakkan logo dengan huruf “B” berlatar belakang warna hijau. 

Profil Pengguna

Selanjutnya dapat Sobat MEA lihat di profil pengguna. WA biasa tidak bisa menampilkan banyak informasi, sedangkan untuk bisnis bisa menampilkan informasi terkait kategori bisnis hingga foto katalog, berikut uraiannya:

  • Nama Bisnis
  • Logo
  • Kategori Bisnis
  • URL Situs Web
  • Tampilan Katalog Produk
  • Deskripsi bisnis atau perusahaan
  • Lokasi dan jam kerja

Label Pada Kontak

Ketiga yaitu WhatsApp tidak memiliki label untuk menandai kontak, tapi yang untuk bisnis bisa memberi label dengan kode warna secara kategoris untuk menandai kontak atau grup.

Melalui fitur ini Sobat MEA bisa membuat 20 label khusus dan  bisa mengurutkan kontak sesuai nama dan label khusus.

Keamanan

Sebenarnya kedua platform ini sama-sama menerapkan keamanan secara end-to-end, di mana pesan diamankan oleh suatu protokol sehingga tidak bisa diakses oleh pengguna pihak ketiga serta menjamin pesan aman sampai ke penerima. 

Tapi bedanya WA bisnis bisa mengumpulkan informasi pelanggan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja melalui layanan yang WA bisnis miliki. 

Otomatisasi Pesan

Untuk perbedaan kali ini, Whatsapp tidak bisa melakukan pesan otomatis, sedangkan yang untuk bisnis bisa melakukannya.

Sehingga WhatsApp bisnis cocok untuk pengguna yang sangat sibuk ataupun pebisnis yang sering keteteran melayani pesan pelanggan. Dengan begitu, Sobat MEA tetap terkesan ramah dan fast respon. 

Statistik Pesan

Jika WhatsApp hanya memberikan laporan terbatas, maka yang untuk bisnis mampu membuat laporan statitik yang rinci untuk menganalisis melalui metrik aplikasi. 

Statistik ini berisi pesan yang terkirim, dibaca, dan diterima. Hal ini sangat penting bagi pebisnis karena mampu mengetahui kinerja akun melalui dasbor yang tersedia.

Konektivitas Profil

Baik yang biasa maupun untuk bisnis, bisa membuat tautan link berupa QR untuk terhubung dan berinteraksi satu sama lain. Biasanya pengguna perlu scan kode QR lalu memulai obrolan.

Bedanya, WhatsApp bisnis bisa membuat shortlink langsung dari pengaturan untuk pengguna bagikan kepada konsumen untuk memulai percakapan antara konsumen dan pengguna.

Setelah mengetahui perbedaan tersebut, jika Sobat MEA merupakan seorang pebisnis, Sobat MEA juga perlu mengetahui keuntungan menggunakan WhatsApp bisnis. Adapun keuntungannya akan MiMe lanjut jelaskan di bawah ini.

Keuntungan WA Bisnis

Yup, Sobat MEA harus mengetahui keuntungan-keuntungan WhatsApp bisnis di bawah ini agar semakin yakin untuk menggunakan WhatsApp bisnis untuk membantu mengembangkan bisnismu. Berikut beberapa keuntungannya:

Mampu Meningkakan Layanan

Dengan WhatsApp bisnis, kita bisa mengirimkan informasi terkait bisnis secara real-time. Jika pelanggan cepat mengetahui informasi yang mereka butuhkan,tentunya dapat menumbuhkan loyalitas dan kepercayaan.

Upgrade Skill Jualanmu Untuk Omzet yang Semakin Melesat!

Kalau pinter jualan, jangan disia-siakan, yuk upgrade bersama Mentor MEA untuk omzet semakin dahsyat!

Percakapan Terverifikasi

Karena WA bisnis harus menampilkan “Profil Bisnis” di WhatsApp, maka bisa menjadi elemen branding ke dalam percakapan WhatsApp milikmu.

Mampu Menjangkau Pasar Global

WA bisnis telah digunakan oleh lebih dari 100 negara. Hal ini tentu saja menjadi kesempatan yang bagus bagi Sobat MEA untuk menjangkau pasar global lebih luas lagi. 

Adanya Pesan Otomatis

Seperti yang sudah MiMe singgung di atas, WhatsApp bisnis mampu mengirimkan pesan otomatis kepada setiap pelanggan. Bahkan WhatsApp bisnis memiliki pesan template untuk menginformasikan pelanggan. 

WA bisnis memiliki kebijakan ketat mengenai kualitas pesan dan waktu respon, memastikan pengguna tidak akan menerima pesan tidak relevan, juga mewajibkan pengguna untuk merespon pesan dari pelanggan maksimal 24 jam untuk pesan non-template.

Mampu Memberikan Leads Lebih Mudah

Tidak hanya sampai di situ, WhatsApp bisnis juga memudahkan pengguna mendapatkan leads sebanyak-banyaknya. Hal ini karena pesan otomatis dan template ia miliki serta mampu menyebarkan pesan informasi ke banyak kontak sekaligus dengan cepat dan otomatis. 

Nah, untuk menyebarkannya, Sobat MEA bisa menggunakan tools WA Blaster khusus agar lebih mudah mengirim pesan informasi secara massal. Sudah banyak perusahaan yang menawarkan fitur WA Blaster khususnya untuk pebisnis online. 

Setiap WA Blaster pasti memliki keunggulannya masing-masing. Tapi pasti juga memberikan kenyamanan yang berbeda. Nah dalam hal ini, MiMe akan bagikan rekomendasi WA Blaster terbaik yang cocok untuk Sobat MEA gunakan dalam berbisnis. 

Rekomendasi WA Blaster Terbaik

wa blaster sebari

Ya, benar, WA Blaster akan memudahkan pebisnis memberikan pesan informasi dengan cepat. Itulah mengapa Sobat MEA pun perlu mempertimbangkan WA Blaster sebagai tools memaksimalkan kegiatan promosimu. 

Memang sudah ada pesan template di WA bisnis. Tapi WA Blaster mampu memodifikasi informasi apa yang ingin Sobat MEA sampaikan. Sedangkan template pada WA Bisnis masih terbatas. 

Mungkin Sobat MEA masih baru mengetahui hal ini dan mungkin masih bingung harus menggunakan WA Blaster apa, mengingat banyaknya WA Blaster yang tersebar di pasaran.

Tenang, MiMe punya rekomendasi WA Blaster terbaik yang patut Sobat MEA coba, yaitu SEBARI. Salah satu WA Blaster Pro terbaik untuk para pebisnis online. 

Sebari adalah WhatsApp API terintegrasi yang memudahkan pebisnis mengirim pesan tertarget ke banyak nomor sekaligus bahkan yang tidak masuk kontak sekalipun. Alhasil, pemasaran online pun menjadi lebih optimal.

Selain itu, Sebari juga memiliki manfaat lainnya seperti menghemat biaya promosi, waktu lebih efisien, meningkakan penjualan, menjangkau pasar lebih luas, mengoptimalkan semua fitur WhatsApp. Untuk mengetahui lebih lengkap, silakan klik di sini

Gimana? Asyik kan berbisnis dengan WA bisnis khususnya WA Blaster Sebari? Nah, Sobat MEA bisa langsung dapatkan manfaatnya sekarang juga. 

Dan demikian penjelasan mengenai WhatsApp biasa dan WhatsApp bisnis sebagai pengetahuan barumu, juga sebagai pertimbanganmu untuk mulai memanfaatkan WA bisnis dan WA Blast untuk memaksimalkan penjualanmu. 

Jika Sobat MEA tertarik untuk menggunakan Sebari, silakan Sobat MEA bisa klik tombol di bawah ini! 

Cobain WA Blaster Terbaik Selama 14 Hari

Rasakan semua manfaat dan keuntungannya yang penting bagi bisnismu.

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.