Cara Membuat Toko Online di WhatsApp dan Promosinya. Langsung Praktek!

cara membuat toko online di whatsapp

WhatsApp terkenal sebagai aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi. Nah sebenarnya, WhatsApp sendiri menjadi sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk untuk berjualan online. Emang ada ya cara membuat toko online di WhatsApp?

Wajar kalau Sobat MEA belum mengetahui cara untuk berjualan di WhatsApp. Memang WhatsApp sendiri membuat WhatsApp berbeda untuk digunakan oleh orang-orang yang mau berbisnis. META sebagai developer WhatsApp sudah lama menghadirkan WhatsApp For Business yang bisa Sobat MEA gunakan untuk membuat toko online dan juga jualan di WhatsApp.

Fitur Katalog Toko Online WhatsApp

Mau belajar jualan di WhatsApp GRATIS?

Yuk gabung Komunitas Bisnis MEA sekarang juga!

Nah banyak yang belum tahu kalau sebenarnya WhatsApp Business ini punya fitur bernama Katalog. Dengan fitur ini, Sobat MEA bisa membuat katalog produk yang berfungsi layaknya toko online.

Menariknya lagi, Sobat MEA bisa membangun toko online lewat WA Bisnis ini dengan gratis tanpa dipungut biaya sekali. Nah dengan adanya Katalog ini, Sobat MEA jadi bisa berjualan dari berbagai toko. Mulai dari toko Shopee, TikTok, Tokopedia dan terakhir ada toko WhatsApp. Pertanyaannya, emang gimana sih cara kita membuat toko online di WA Bisnis?

Cara Membuat Toko Online di WhatsApp Business

WA Marketing bikin bisnis kamu makin gacor!

Yuk belajar WA Marketing langsung dari ahlinya

Setelah mengerti mengenai Katalog alias toko online WA, sekarang Sobat MEA harus mengetahui bagaimana sih caranya untuk membuat toko online di WA. Cara membuatnya juga mudah loh. Berikut ini adalah tutorialnya. Simak!

  1. Pertama buka aplikasi WhatsApp Business
  2. Setelah masuk ke aplikasi buka Settings atau Pengaturan
  3. Selanjutnya masuk ke menu Setelan Bisnis
  4. Masuk ke menu Katalog
  5. Jika sudah, klik tanda Plus (+) yang ada pada bagian sudut kanan bawah untuk menambahkan produk baru dalam katalog
  6. Setelah form penambahan produk terbuka, Sobat MEA bisa isi dengan data produk sejelas mungkin.
  7. Masukan data dan informasi mulai dari nama produk, foto produk, deskripsi, harga sampai dengan tautan atau link produk. Kalau belum punya toko di marketplace, Sobat MEA bisa mengosongkan bagian ini.
  8. Jika sudah mengisi semua produk, klik tombol Simpan. Sobat MEA bisa mengulangi cara di atas untuk menambahkan produk-produk lainnya.

Cara Mempromosikan Produk di WhatsApp

Mau ngeblast promosi pakai WA tapi nggak tahu caranya?

Pakai Sebari aja!

Berjualan tanpa promosi itu kurang afdol. Agar produk bisa menjangkau calon pembeli, maka melakukan promosi adalah hal yang sangat penting. Nah setekah tahu cara membuat toko di WhatsApp Bisnis, sekarang Sobat MEA harus mengetahui mempromosikan produk di WhatsApp. Simak tutorialnya di bawah ini yuk!

  1. Pertama buka aplikasi WA Bisnis
  2. Selanjutnya pilih tujuan promosi. Sobat MEA bisa promosi ke nomor pribadi maupun grup.
  3. Jika sudah, klik ikon Lampirkan File selanjutnya klik ikon Katalog
  4. Selanjutnya pilih produk yang ingin Sobat MEA promosikan
  5. Klik ikon Kirim
  6. Selesai. Sekarang produk Sobat MEA sudah terkirim dan terpromosikan ke nomor tujuan

Nah kalau ingin melakukan promosi produk dengan lebih cepat di WhatsApp, Sobat MEA bisa coba pakai Sebari, tools WhatsApp Blaster Pro dari MEA Digital Marketing!

Nah itulah cara membuat toko online di WhatsApp dan mempromosikan produknya. Gimana menurut Sobat MEA? Gampang kan? Semoga saja artikel ini membantu Sobat MEA yang pengin mulai jualan di WA ya. Aminn!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.